Tips Pulihkan Nafsu Makan Ayam Bangkok

Tips Pulihkan Nafsu Makan Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, pakan ayam bangkok merupakan salah satu kunci utama yang harus disiapkan dalam menjalankan usaha budidaya ayam bangkok aduan. Selain itu, pemberian pakan yang tepat merupakan faktor dalam mendapatkan ayam jawara dalam arena sabung ayam.

Tips Pulihkan Nafsu Makan Ayam Bangkok

Pulihkan Nafsu Makan Ayam Bangkok

Selain itu, pemilihan pakan yang tepat juga dapat dijadikan bagian penunjang dalam proses pertumbuhan serta kesehatan pada ayam bangkok. Namun apa jadinya jika jenis ayam bangkok aduan mengalami khasus penurunan nafsu makan. Tentunya hal ini akan berdampak buruk dengan kondisi kesehatan serta pertumbuhan ayam bangkok aduan.

Maka dari itu sebagai bobotoh sabung ayam, anda harus selalu memperhatikan jenis pakan yang diberikan serta mencari tahu alasan mengenai mengapa sang ayam mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu para bobotoh sabung ayam juga harus mencari jalan keluar kala mengalami kasus seperti ini.

Pasalnya apabila dibiarkan begitu saja dapat berdampak buruk kepada anakan atau keturunan yang dihasilkan. Serta juga akan menimpa jenis ayam bangkok dewasa dan produktivitas ayam betina. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja hal yang dapat dilakukan guna pulihkan nafsu makan ayam bangkok aduan.

Berikut Tips Pulihkan Nafsu Makan Ayam Bangkok Aduan

1. Mengetahui Gejala Pada Ayam Bangkok Aduan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenali akar permasalahan dari kasus satu ini. Untuk para bobotoh sabung ayam sebaiknya mencari tahu lebih dulu penyebab serta gejala yang ditimbulkan. Dimana dapat membuat nafsu makan pada ayam bangkok aduan menurun. Dan berikut beberapa penyebab yang biasanya membuat ayam bangkok tidak nafsu makan :

  • Jenis pakan yang diberikan tidak sesuai
  • Ayam bangkok aduan terserang penyakit
  • Penyakit cacingan menyerang jenis ayam bangkok
  • Tidak sengaja memakan makanan yang keras seperti kerikil, pecahan kaca, genting, paku,plastik dan lainnya
  • Ayam bangkok mengalami penurunan mental usai ditarungkan
  • Luka yang tidak diobati pasca ditarungkan
  • Pembuatan kandang ayam bangkok yang tidak nyaman

2. Tips Pulihkan Nafsu Nafsu Makan Ayam Bangkok Aduan Dengan Cara Alami

Usai mengetahui gejala apa saja yang menyebabkan ayam aduan tidak nafsu makan, langkah selanjutnya adalah dengan menyembuhkan penyakit tersebut. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Hal inipun merupakan cara pertama yang paling dianjurkan. Dan berikut sejumlah bahan-bahan alami yang dapat digunakan kepada ayam yang tidak nafsu makan.

  • Pemberian Kencur dipercaya mampu membantu menyehatkan sistem penceranaan pada ayam bangkok dikarenakan kandungan minyak atsiri yang terkandung didalamnya.
  • Temulawak sendiri memang sudah terbukti dalam meningkatkan nafsu makan pada jenis ayam bangkok aduan
  • Kandungan rebon dan udang dalam terasi juga dapat digunakan untuk menambah asupan protein pada ayam bangkok
  • Khasiat pada daun pepaya juga dapat digunakan dalam membasmi cacingan dalam saluran pencernaan. Selain itu daun pepaya juga dapat dijadikan sebagai jamu peningkat nafsu makan ayam bangkok aduan.
  • Buah pinang juga termasuk ke dalam salah satu ramuan alami dalam mengatasi cacingan pada ayam bangkok

Pulihkan Nafsu Makan Ayam Bangkok Aduan

3. Tips Pulihkan Nafsu Nafsu Makan Ayam Bangkok Aduan Dengan Obat Kimia

Selain menggunakan bahan-bahan tradisional di atas. Anda juga dapat meningkatkan nafsu makan sang ayam dengan menggunakan obat-obatan kimia. Hal ini dilakukan apabila anda tidak ingin repot. Obat ini juga dapat anda dapatkan di toko maupun apotik. Dan berikut daftar obat yang dapat diberikan :

  • Obat cacing
  • Kapsul minyak ikan
  • Vitaplex atau vitamin B komplek
  • Amoxicilin
  • Dan beberapa obat lainnya

4. Pemberian Pakan Berkualitas

Umunya pakan ayam bangkok berupa pakan jagung dan beras merah merupakan jenis makanan yang biasa dijadikan sebagai pakan utama. Namun pada dasarnya, anda dapat melakukan sejumlah kombinasi guna menjaga asupan gizi pada sang ayam. Kombinasi pada pakan ayam bangkok sendiri sangat diperlukan. Maka dari itu ketahui bahan apa saja yang dapat digunakan dalam membuat racikan pakan ayam bangkok :

  • Umbi-umbian seperti singkong dan talas
  • Sayur-sayuran yakni sawi, kubis, kangkung dan lain-lain
  • Jenis daun-daunan seperti daun singkong, daun pepaya dan bayam

5. Kondisi Lingkungan

Salah satu faktor yang biasanya dapat menyebabkan ayam bangkok mengalami penurunan nafsu makan antara lain adalah karena kondisi lingkungan yang tidak sesuai. Selain itu, penempatan kandang yang tidak tepat juga menjadi kendala lainnya. Tentu saja hal ini dapat membuat kondisi ayam bangkok aduan menjadi stress dan tidak produktif. Maka dari itu, untuk ayam bangkok yang mengalami nafsu makan ada baik dipisahkan lebih dulu dari ayam lainnya. Pasalnya, bisa saja ayam tidak mau makan dikarenakan sedang mengalami turun mental.