Tips Pemeliharaan Ayam Bangkok

Tips Pemeliharaan Ayam Bangkok

Bagi para peternak yang baru saja berkecimpung dalam dunia sabung ayam, tentunya sering kali dilanda kesulitan dalam merawat ayam bangkok aduan. Umunya, kasus kesulitan yang paling banyak ditemui adalah mengenai proses pemeliharaan pada sang ayam yang benar agar dapat tumbuh menjadi ayam jawara.

Tips Pemeliharaan Ayam Bangkok

Pemeliharaan Ayam Bangkok

Faktanya, dalam melakukan pemeliharaan pada ayam bangkok pada dasarnya merupakan suatu tugas yang tidak terlalu sulit. Pasalnya hal yang perlu diperhatikan hanyalah seperti masalah pakan, kandang, memandikan, suplemen dan jamu, serta pengendalian penyakit.

Perlu diingat bahwa dalam pemeliharaan ayam bangkok dengan ayam kampung tidak dapat disamakan. Jika ayam kampung hanya cukup diberikan pakan biasa serta kandang, berbeda lagi dengan ayam bangkok. Ayam bangkok sendiri sebenarnya memerlukan perawatan yang lebih intensif. Hal ini dilakukan agar mendapatkan ayam-ayam yang jago bertarung.

Tips Pemeliharaan Ayam Bangkok Guna Cetak Juara Tarung

1. Pakan

Pakan pada ayam bangkok merupakan salah satu modal utama dalam mendapatkan ayam jawara. Selain itu, pakan ayam bangkok juga merupakan salah satu variabel yang dimana paling mengeluarkan banyak uang. Oleh karena itu memerhatikan jenis serta pola makan pada sang ayam juga harus dilakukan. Agar nantinya tidak mengalami kerugian besar-besaran.

Pemberian pakan pada ayam bangkok juga harus disesuaikan dengan umur pada sang ayam. Sedangkan untuk ayam dewasa, pemberian pakan harus disesuaikan dengan jenis gaya bertarungnya.

Untuk ayam tipe pukul pemberian pakan jagung merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, kandungan jagung yang kaya akan karbohidrat sangat membantu dalam menciptakan pukulan kuat dan akurat pada sang ayam.

Sedangkan untuk ayam tipe jalu, jenis pakan yang baik diberikan adalah pakan yang kaya akan kandungan tinggi protein namun rendah lemak. Pakan seperti voor 592, voor 594, beras merah, gabah, dan konsentrat dapat dijadikan sebagai pilihan utama bagi ayam tipe jalu.

Untuk pola pemberiannya cukup dilakukan sekali sehari dengan jumlah tercukupi yakni pada saat sore hari. Hal ini dilakukan guna menjaga nafsu makan, stamina, serta kekuatan ayam bangkok dalam jangka panjang.

2. Mandi

Jika biasanya ayam kampung hanya membersihkan tubuhnya dengan cara bergumul debu. Berbeda lagi dengan ayam bangkok, dimana dalam proses pembersihannya harus menggunakan air bersih yang dilakukan setiap pagi.

Pada dasarnya, pemandian ayam bangkok dilakukan untuk menjaga kebersihannya, meningkatkan kesegaran, serta melindunginya dari serangan penyakit. Untuk proses pemandiannya, anda dapat melakukan Tips Memandikan Ayam Bangkok Yang Benar

3. Kandang

Dalam melakukan usahan budidaya ayam bangkok, mempersiapkan kandang yang baik merupakan langkah utama dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, kondisi kandang yang jorok dan lembab merupakan salah satu sumber timbulnya berbagai jenis penyakit. Dan salah satu jenis virus yang paling ditakuti adalah penyakit flu burung. Maka dari itu, memperhatikan kebersihan kandang merupakan tugas utama bagi para bobotoh.

Usahakan untuk membuat kandang ayam bangkok yang berpagar tinggi. Dimana hal ini agar ayam aduan tidak mudah terserang berbagai virus dan bakteri yang ada diluar. Selain itu, jangan pernah menempatkan kandang ayam bangkok dengan lokasi kandang ayam potong. Pasalnya, lokasi kandang ayam potong merupakan salah satu tempat yang memiliki tingkat penularan virus yang tinggi.

Pembersihan kandang secara rutin juga perlu dilakukan. Terutama ketika memasuki musim hujan seperti ini. Usahakan untuk selalu memperhatikan kelembapan pada tanah disekitar kandang ayam bangkok.

4. Vitamin, Suplemen dan Jamu

Pemberian Vitamin, Suplemen dan Jamu perlu dilakukan guna membantu memaksimalkan pertumbuhan, kesehatan, dan stamina ayam bangkok calon jawara tarung. Dalam pemberian vitamin dan suplemen dapat diberikan secara rutin dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Sedangkan untuk pemberian jamu dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada sang ayam. Maka dari itu, anda juga harus mengenali jenis-jenis jamu berdasarkan kegunaannya masing-masing.

5. Obat-obatan

Menjaga kondisi sang ayam agar selalu sehat merupakan tugas utama para bobotoh sabung ayam. Sebaliknya, apabila ayam aduan terkena penyakit maka sebagai pemiliknya, anda harus melakukan tindakan yang tepat dan cepat dalam penanganannya.

Dalam musim pancaroba seperti ini, ayam bangkok kesayangan anda akan mudah sekali terkena berbagai serangan penyakit. Yakni seperti penyakit pilek snot, ngorok, infeksi saluran napas, berak kapur, flu burung, cacingan, tetelo, dan masih banyak lagi.