Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok

Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, menjaga kualitas pada jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas utama para bobotoh sabung ayam dalam pemeliharaanya. Tentu kualitas serta kondisi yang prima akan membantu sang ayam dalam memenangkan setiap laga.

Maka dari itu, pemberian perawatan serta latihan yang tepat merupakan kunci utama dalam proses menjadikan ayam jawara. Selain itu, hal ini tentu akan menjaga sang ayam agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit terutama di musim pancaroba seperti ini.

Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok

Mencegah Penyakit Ayam Bangkok

Adapun sejumlah penyakit mudah menyerang kondisi tubuh ayam dikarenakan daya tahan tubuh yang lemah. Maka dari itu, agar tidak kejadian tentu ada baiknya para bobotoh melakukan tindakan pencegahan.

Pada artikel kali ini sendiri, kami akan menjelaskan sejumlah cara yang dapat bobotoh terapkan dalam perawatannya. Yakni dalam Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok Aduan Agar Tidak Mudah Muncul.

Pada dasarnya jenis penyakit pada ayam bervariasi yakni ada yang biasa saja bahkan hingga mematikan. Dimana apabila tidak ditangani tentu dapat berakibat fatal bahkan hingga kematian pada sang ayam.

Maka dari itu tindakan pencegahan ini sendiri dapat dilakukan sejak ayam masih berusia dini. Pasalnya kondisi anak ayam terbilang masih lemah dan cukup rentan sehingga tidak sulit untuk terserang berbagai jenis bakteri dan virus. Dan berikut sejumlah tindakan yang dapat diberikan :

1. Penempatan Lokasi Kandang
Penempatan kandang yang benar dan baik dapat menjadi langkah utama dalam mencegah serangan bakteri jahat. Adapun sebaiknya selalu memilih lokasi kandang yang jauh dari daerah kawasan ayam potong. Hal ini tak lain dikarenakan kawasana ayam potong merupakan tempat favorit bagi sejumlah virus untuk berkembang biak. Kemudian pilih juga lokasi yang berada di bawah pohon namun tetap dapat menerima cahaya matahari ketika pagi hari. Dan juga keadaan tanah yang kering dan tidak lembab.

2. Pemisahan Ayam Aduan
Selanjutnya tips mencegah penyakit ayam aduan adalah dengan tidak memasukan ayam aduan dalam satu kandang dalam jumlah yang besar. Sebaliknya buatlah kandang yang minimalis namun tetap nyaman untuk satu ekor ayam aduan. Dan juga jangan lupa untuk menambahkan sekat pada setiap kandang guna mencegah penularan penyakit.

3. Menjaga Kebersihan Kandang
Menjaga kondisi kandang agar tetap kering dan tidak lembab menjadi cara selanjutnya dalam mencegah pertumbuhan penyakit. Pasalnya, perkembangan bakteri sangat mudah terjadi pada daerah yang lembab maupun basah. Maka dari itu, menjaga kondisi kandang agar tetap bersih menjadi cara utama bagi bobotoh sabung ayam dalam menjaga daya tahan tubuh sang ayam. Umumnya, lakukan pembersihan kandang secara rutin minimal seminggu tiga kali dan tambahkan juga saluran air agar kondiri tanah yang basah dapat cepat kering.

4. Keadaan Kandang Yang Steril
Pada dasarnya penyebaran berbagai penyakit yang menyerang sang ayam dapat muncul dikarenakan sejumlah penyebab. Salah satunya adalah terkontaminasi dari hewan lain yang melintas di daerah kandang lawan. Untuk pencegahannya sendiri, para bobotoh sabung ayam dapat membuat pagar yang mengelilingi sekitar kandang.

5. Aksi Karantina
Apabila terdapat ayam aduan yang sudah terserang penyakit, maka para bobotoh harus segera melakukan tindakan karantina. Dimana hal ini untuk mencegah penularan penyakit agar tidak menyerang ayam aduan sehat lainnya. Lakukan tindakan karantina pada sang ayam hingga pulih kembali dan untuk jenis ayam aduan yang baru lakukan karantina dalam kurun waktu hingga 1 minggu.

6. Menjaga Kondisi Ayam Ketika Tidur
Faktanya penularan penyakit pada malam hari menjadi cara termudah yang sering kali ditemukan oleh sejumlah bobotoh sabung ayam. Meski pada awalnya sang ayam terlihat sehat pada sore hari namun tak jarang ketika keesokan harinya sang ayam akan ditemukan lemas bahkan mati kaku.

Maka dari itu perawatan pada malam hari merupakan tugas penting bagi bobotoh. Yakni dengan menjaga kondisi kandang ayam agar selalu terlindungi. Untuk penerapannya, kalian dapat melakukan penyelubungan kandang ayam menggunakan kain bekas. Tujuannya agar suhu dalam kandang tetap hangat dan terbebas dari gigitan serangga serta mencegah penyebaran penyakit melalui udara.

7. Tempat Pakan Yang Selalu Bersih
Tempat pakan pada sang ayam sering kali menjadi tempat kesukaan bakteri untuk berkembang biak. Terlebih apabila pakan sang ayam dalam keadaan lembab dikarenakan pemberian pakan basah seperti dedak dan voor. Maka tak heran, bakteri sangat menyukai tempat seperti ini untuk berkembang biak dikarenakan kandungan karbohidrat guna pertumbuhan. Maka dari itu, membersihkan tempat serta sisa pakan ayam secara rutin merupakan tugas penting para bobotoh.

8. Tindakan Desinfektasi
Selanjutnya adalah dengan melakukan penyemprotan pada kandang ayam dengan menggunakan air desinfektan guna membunuh kuman yang hinggap di kandang ayam. Untuk melakukannya para bobotoh dapat memanfaatkan air sabun dalam penggunaannya yang sudah terbukti ampuh.

9. Pemberian Jamu dan Suplemen Tambahan
Terkahir dan tentunya sudah tidak asing lagi bagi para bobotoh sabung ayam adalah pemberian tambahan jamu atau suplemen yang sesuai. Selain utnuk meningkatkan stamina bertarung yang dimiliki, namun cara ini juga akan membantu sang ayam agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga tidak mudah terserang penyakit. Namun dalam pemberiannya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam, dimana kalian dapat menyimaknya dalam