Tips Memilih Jenis Ayam Bangkok Aduan

Tips Memilih Jenis Ayam Bangkok Aduan

Dalam dunia sabung ayam, memiliki jenis ayam bangkok aduan dengan kualitas yang bagus tentu merupakan impian para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini tentu akan mempengaruhi penampilan sang ayam selama menjalani laga tarung di arena laga.

Tips Memilih Jenis Ayam Bangkok Aduan

Jenis Ayam Bangkok Aduan

Maka dari itu, jeli dalam memilih jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas penting yang harus dilakukan para bobotoh sabung ayam. Terutama kepada para bobotoh sabung ayam yang baru saja menjajaki hobi baru satu ini. Tak jarang banyak bobotoh sabung ayam yang masih kebingungan dalam memilih jenis ayam bangkok aduan yang berkualitas.

Umumnya, terdapat sejumlah cara dalam menentukan kualitas bertarung yang dimiliki oleh sang ayam. Baik itu dari ciri fisik maupun kekuatan pukulan yang dimiliki.

Tips Memilih Jenis Ayam Bangkok Aduan Super Melalui Jenis Pukulan

Untuk cara satu ini sendiri dapat dilakukan dengan melakukan jajal tarung dengan ayam aduan lainnya. Dimana sebelum memilih sang ayam untuk dibeli, para bobotoh dapat melakukan jajal tarung dengan ayam lain guna menilai kualitas pukulan yang dimiliki.

Pasalnya hal ini penting untuk dilakukan dikarenakan merupakan modal utama sang ayam dalam memenangkan sebuah pertarungan. Cara ini juga dapat dilakukan ketika sang ayam tengah ditarungkan di arena sebenarnya, jadi para bobotoh dapat menilai sendiri kekuatan yang dimiliki oleh sang ayam.

1. Target Pukulan

Memilih ayam aduan dengan memiliki pukulan yang konsisten yakni pada bagian kepala dan leher lawan. Pasalnya kebanyakan jenis ayam aduan lebih sering melayangkan sasaran tanpa memperhatikan target yang akan dikenai. Sebut saja seperti memukul bagian sayap, dada, punggung, pinggang ataupun perut lawan.

2. Arah Pukulan

Umumnya terdapat berbagai jenis arah pukulan yang biasanya dilakukan sang ayam yakni seperti arah depan, menyerong, menyamping kiri / kanan dan dari belakang. Biasanya ayam aduan akan sering melakukan serangan dari arah depan dan sedikit menyerong pada awal laga. Yang kemudian dilanjutkan dengan memukul ke sampin dan belakang. Untuk jenis ayam aduan unggulan sendiri haruslah yang mampu memberikan serangan dari semua arah.

3. Tepat Sasaran

Tentunya hal ini merupakan tujuan utama dari memiliki jenis ayam bangkok aduan. Ya yakni memiliki pukulan yang selalu tepat sasaran ke bagian tubuh lawan yang vital meski sulit dikarenakan lawan yang terus bergerak. Namun sang ayam tetap mampu mengatasi hal tersebut dan dapat memberikan pukulan yang akurat.

Tips Memilih Jenis Ayam Bangkok Aduan Super

4. Jarak Pukul

Tak jarang terdapat jenis ayam aduan yang menjaga jarak ketika bertemu dengan lawannya di arena laga dan ada juga yang selalu menempel. Dimana cara ini sendiri dilakukan demi melancarkan pukulan yang tepat sasaran. Maka dari itu perlu adanya pemahaman gaya serta teknik bertarung pada masing-masing ayam aduan.

5. Jumlah Pukulan

Umumnya pukulan ayam diarena adalah satu kali pukulan dan dibarengi satu gebrakan. Terlebih apabila sang ayam sedang berada dalam kondisi yang prima, maka dirinya akan mampu memberikan pukulan beruntun diiringi gebrakannya juga.

Untuk jenis ayam aduan berkualitas haruslah yang langsung memukul saat mematuk. Dimana hal ini membuat peluang terciptanya pukulan semakin banyak.

6. Pukulan Mematikan

Menemukan ayam aduan dengan pukulan mematikan memang termasuk sulit. Namun memilik ayam dengan pukulan yang keras dan bagus saja sudah cukup. Pukulan mematikan pada sang ayam tentu dapat menjadi senjata paling ampuh dalam melumpuhkan atau menghentikan lawan dalam waktu yang cepat. Kebanyakan para bobotoh sabung ayam selalu mengandalkan katuranggan pada sisik ayam aduan sebagai tonjolannya.

7. Pukulan Taji 

Taji pada sang ayam pada dasarnya merupakan salah satu jenis senjata yang sering kalo digunakan dalam melumpuhkan lawan. Maka dari itu, pililah selalu ayam dengan pukulan taji yang selalu tepat sasaran yakni pada kepala lawan.