Tips Agar Ayam Bangkok Berani Bertarung

Tips Agar Ayam Bangkok Berani Bertarung

Dalam dunia sabung ayam, memiliki jenis ayam bangkok aduan hingga saat ini memang tengah menjadi sebuah tren tersendiri bagi para bobotoh sabung ayam. Baik itu dijadikan sebagai indukan, ayam hias maupun sebagai mesin tempur yang mematikan di atas arena laga.

Tips Agar Ayam Bangkok Berani Bertarung

Ayam Bangkok Berani Bertarung

Pada dasarnya, sejumlah aspek dapat menjadi poin tertentu dalam menjadikan sang ayam sebagai jawara. Sebut saja seperti faktor keturunan dan perawatan serta latihan yang baik dan benar. Yang dimana nantinya menjadikan mental sang ayam semakin terbentuk.

Umumnya mental ayam aduan sendiri sudah dapat terlihat ketika memasuki usia tujuh bulan lebih. Sayangnya tak jarang para bobotoh sering kali menemui sejumlah masalah dalam perawatannya.

Salah satunya adalah masalah mengenai mental ayam aduan yang tidak bagus, yang dimana nantinya dapat mempengaruhi kemampuan bertarung yang dimiliki. Pasalnya, ayam yang tidak memiliki mental bertarung tentu akan kesulitan dalam bertarung dikarenakan tidak berani.

Meski demikin,para bobotoh tak perlu khawatir akan masalah tersebut. Pada artikel kali ini sendiri akan memberikan sejumlah jalan keluar dalam mengatasi masalah satu ini.

Faktanya sejumlah faktor dapat menjadikan sang ayam belum berani bertarung. Seperti faktor keturunan, dibully oleh ayam aduan lain sejak kecil, penempatan kandang yang tidak tepat atau ayam yang trauma usai diganggu hewan lain.

1. Melakukan Pemisahan Kandang

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemisahan kandang sang ayam dengan ayam lainnya. Dengan tujuan menghindari perkelahian antara sesama sang ayam dikarenakan perebutan tempat.

Bahkan tak tanggung-tanggung, ayam yang lebih kuat akan memukul dan mengintimidasi ayam lainnya sehingga membuat mental mereka terganggu. Dan tentunya ayam yang lemah tidak akan mampu untuk melawan dan pasrah dalam menerima pukulan ayam lainnya. Maka tak heran, nantinya ayam yang lemah akan sulit dalam berhadapan dengan lawannya bahkan ketika laga belum di mulai.

2. Melakukan Isolasi

Para bobotoh dapat melakukan cara ini apabila kondisi mental pada sang ayam sudah terlanjur parah. Yakni tidak adanya keinginan sang ayam untuk bertarung dengan ayam lain, meski yang dihadapinya masih terbilang sangat muda atau ayam betina sekalipun.

Melakukan isolasi kandang ini dipercaya ampuh dapat menjadi salah satu jalan keluar dalam mengatasi masalah satu ini. Hal ini akan membuat ayam tertutup dari dunia luar sehingga tidak akan terjangkau dengan ayam lainnya. Kemudian tujuan lainnya adalah dengan meningkatkan mental bertarung sang ayam pada nantinya ketika dikeluarkan dari kandang.

Tentu sang ayam akan kembali bersemangat dikarenakan sudah lama tidak melihat ayam lainnya. Umumnya cara ini dapat diterapkan dalam hitungan minggu saja dan para bobotoh dapat merasakan perubahannya secara pelan-pelan. Namun perlu diingat selama di isolasi, sang ayam tetap harus diberikan pakan dan minum seperti biasanya.

3. Pemberian Jamu

Selanjutnya adalah dengan melakukan pemberian jamu tambahan pada perawatan sehari-harinya. Pasalnya, banyak botoh yang mengatakan bahwa mental bertarung yang lemah juga dapat terjadi dikarenakan gangguan pada organ tubuh sang ayam tepatnya pada bagian hati. Maka dari itu pemeliharaan serta pemberian jamu yang tepat dapat mampu membantu menyehatkan organ sang ayam. Dalam pembuatannya sendiri, para bobotoh dapat memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami seperti kunyit, gula merah, madu dan lain-lain.

4. Pakan Binatang Hidup

Pemberian pakan dalam bentuk binatang hidup sendiri merupakan cara lama yang sudah lama diterapkan para botoh tua dalam meningkatkan mental ayam aduan. Dimana hal ini dipercaya mampu membuat sang ayam lebih agresif dan ganas ketika bertarung. Umumnya pemberian pakan satu ini dapat berupa seperti jangkrik, belalang,cacing, daging belut, daging kambing dan masih banyak lagi. Namun dalam pemberiannya juga tidak boleh berlebihan dikarenakan dapat membuat sang ayam sakit.