Tahap Akhir Perawatan Ayam Bangkok

Tahap Akhir Perawatan Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, menjadikan jenis ayam bangkok aduan sebagai petarung yang beringas di atas arena laga merupakan tugas para bobotoh sabung ayam. Terlebih kepada jenis ayam aduan yang akan segera ditarungkan.

Tahap Akhir Perawatan Ayam Bangkok
Akhir Perawatan Ayam Bangkok

Maka dari itu pemberian perawatan serta latihan sebelum ditandingkan tentu menjadi tugas yang wajib. Hal ini guna mempersiapkan sang ayam agar lebih matang sebelum menghadapi lawannya. Tentu selama proses perawatan yang diberikan tidak dapat secara instan melainkan memerlukan waktu yang cukup lama yakni minimal satu bulan. Yang dapat kalian simak dalam.

Berikut Tahap Akhir Perawatan Ayam Bangkok Aduan Sebelum Ditarungkan

Faktanya pemberian perawatan pada masing-masing ayam tentu sudah diketahui. Seperti menjadikan stamina dan mental sang ayam semakin jadi namun juga meningkatkan kualitas serta percaya diri sang ayam nantinya.

Latihan
Berikan sejumlah latihan-latihan ringan pada sang ayam pada pagi hari. Dimana hal ini guna menjaga stamina dan energi yang akan digunakan pada sang ayam nantinya di atas arena laga. Namun perlu diingat latihan yang diberikan tidak boleh terlalu berat dan harus disesuaikan dengan kemampuan ayam guna memperkecil cedera yang akan terjadi.

Mandi dan Jemur
Usai diberikan latihan, para bobotoh dapat memandikan sang ayam seperti biasanya agar sang ayam kembali segar. Dan dilanjutkan dengan menjemur sang ayam di bawah terik matahari guna mengeringkan tubuh ayam dan melatih stamina yang dimiliki. Namun perlu diingat untuk jangan terlalu lama dilakukan karena dapat berefek negative pada bulu sang ayam nantinya. Untuk lebih jelasnya dapat bobotoh simak dalam

Umbar
Kemudian dapat dilanjutkan dengan mengumbar sang ayam secara bebas pada sore harinya. Biarkan sang ayam ayam diumbar di ruangan terbuka dan bebas agar dapat mengepakan sayapnya dan dapat lebih rileks. Namun tetap harus bobotoh jaga dan perhatikan agar tidak ada ayam aduan lainnya yang mendekat untuk mengajak bertarung.

Jantur
Tentu latihan satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga para bobotoh sabung ayam. Tahap perawatan jantur merupakan proses latihan yang diberikan dengan cara melatih pergerakan kaki dan sayap yang dimiliki oleh sang ayam. Latihan ini akan membantu membuat gerakan kaki dan sayap menjadi lebih kuat dan lebih luwes dalam bergerak. Ditambah lagi dengan stamina sang ayam yang nantinya juga akan lebih terlatih sehingga dapat bermain dalam durasi yang lama ketika bertarung. Lakukan latihan jantur hanya pada sore hari saja.

Lakukan semua latihan dan perawatan diatas 3 hari sebelum sang ayam akan dilagakan. Jangan lupa juga untuk memberikan pakan serta jamu atau suplemen khusus pada sang ayam agar menjaga kondisi tubuh yang dimiliki.