Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Fisik

Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Fisik

Dalam aturan dunia sabung ayam, menurunkan ayam bangkok aduan yang dimiliki pada dasarnya tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Sebaliknya, faktor fisik serta bobot ayam menjadi syarat penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan ayam akan ditarungkan.

Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Fisik

Hal ini dapat ditemukan pada setiap arena laga besar, dimana panitia akan mematok sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh setiap bobotoh. Sehingga nantinya akan menentukan ayam akan ditarungkan di kelas yang mana, mulai dari yang ringan hingga berat.

Pada artikel kali ini sendiri, agen sabung ayam online  akan menjelaskan sejumlah syarat yang patut diketahui oleh setiap bobotoh sabung ayam. Yakni dalam Mengetahui Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Fisik

Mengetahui Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Fisik

Untuk kategori kelas berat sendiri, bobotoh harus memiliki ayam aduan dengan bobot standar yakni 3.2-4.5kg sesuai dengan syarat yang ada. Yang nantinya sang ayam akan juga akan ditarungkan dengan berat yang sama tanpa adanya lebih maupun kurang dari berat yang dimiliki denga kata lain harus seimbang.

Syarat kemudian adalah penampilan fisik yang harus diketahui sebelum memasukan ayam ke kelas berat. Yakni diantaranya adalah sebagai berikut.

Ciri Fisik Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok

1. Bagian Kepala

Terdapat sejumlah syarat khusus yang harus dimiliki dalam bentuk kepala ayam jika ingin ditandingkan dalam keras berat. Diantaranya seperti bentuknya yang harus lonjong menyerupai buah pinang. Dilanjutkan bagian bentuk paruh yang melengkung yakni dari pangkal hingga bagian ujung dan harus memiliki parit/dekokkan.

Ada juga bentuk jengger yang kecil menggumpal dan tidak berbulu serta penampilan kelopak mata yang cekung ke dalam dan cerah jika dilihat.

2. Bagian Leher

Leher ayam aduan harus lebih panjang serta agak melengkung untuk penampilannya. Dilengkapi juga dengan tumbuhnya bulu leher yang pendek namun keras jika disentuh.

3. Bagian Badan

Diharuskan penampilan badan yang tegap serta panjang ketika berdiri. Ditambah juga dengan dari bagian kepala hingga ujung ekor harus memiliki kemiringan 50 – 70 derajat dengan lutut yang agak menekuk ke arah belakang.

Syarat Kategori Kelas Berat Ayam Bangkok

4. Penampilan Bulu Badan

Penampilan bulu ayam aduan juga termasuk ke dalam syarat berikutnya yang harus diketahui. Dimana sang ayam harus memiliki bulu yang pendek namun keras jika disentuh. Selain itu, bulu ayam juga harus terlihat megkilap sehingga tampak indah ketika dipandang. Untuk bagian batang bulu harus keras dan besar ukurannya diserta dengan warna rawis atau merah.

5. Bagian Kaki

Bentuk kaki yang memenuhi syarat adalah harus besar serta panjang dan pada bagian tumit terlihat seperti bentuk persegi. Dilengkapi juga dengan jari kaki yang kurus, kecil namun tajam sehingga memudahkannya dalam merobek tubuh lawan. Ayam aduan juga harus memiliki sisik yang kering, bersih serta berwarna kuning.

6. Bagian Ekor

Terakhir adalah pada penampilan bagian ekor ayam bangkok aduan tepatnya pada bagian bulu sang ayam. Dimana penampilan ekor yang memenuhi syarat adalah harus memiliki bulu yang panjang, keras serta tebal atau lebat.