Sumber Berbau dengan Kotoran Pada Ayam

Sumber Berbau dengan Kotoran Pada Ayam

Penyebab sabung ayam filipina yang mengeluarkan kotoran berbau tidak sedap kotoran ayam yang terutama yang berasal dari kotoran dari kotoran yang lebih basah adalah sumber bau yang menjadi hal paling utama, sangat jauh berbeda dengan kotoran ayam yang kering, kotoran yang lebih basah akan menimbulkan bau yang sangat menyengat yang disebut dengan wet droppin dalam bahasa gaul bagi para perternak. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan wet dropping in diantaranya.

Sumber Berbau dengan Kotoran Pada Ayam

dengan Kotoran Pada Ayam

Kelalaian dalam pengontrolan suhu, kelembaban, dan densitas ayam di dalam kandang akan menyebabkan ayam  aduan menghadapi stres panas sehingga ayam lebih sering dan banyak minum dibandingkan makan.  Akibat dari hal itu adalah feses yang dikeluarkan konsistensinya lebih cair.

Tingginya konsentrasi pada air mineral seperti natrium, kalium, magnesium, dan klorin dapat mengakibatkan semua menjadi asupan air yang berlebihan. Selain itu pemakaian formulasi pada pakan yang kaya akan serat terutama dari sumber bahan pakan karbohidrat bukan pati dapat meningkatkan perlekatan pada  makanan dalam saluran pencernaan ayam aduan sehingga lebih banyak cairan yang akan keluar.

Pakan yang mengandung jamur bisa juga memicu timbulnya mikotoksin terutama pada jenis aflatoxin dan T-2, sehingga akan berdampak pada iritasi saluran pencernaan ayam aduan anda serta menyebabkan terjadinya kasus wet dropping itu sendiri.  Sementara hal lain yang juga harus di perhatikan itu adalah mikotoksin jenis ochratoxin A, citrinin, dan oosporin bisa saja menyebabkan perubahan fungsi ginjal pada ayam ternakan  seperti terjadinya polyuria produksi urin yang berlebihan sehingga dalam feses menjadi basah yang pada akhirnya menurunkan feed intake.

Infeksi kuman yang seperti bakteri, virus, protozoa pada saluran pencernaan ayam aduan menyebabkan iritasi sehingga ayam akan menjadi mencret kotoran menjadi basah.

Pakan makanan ayam aduan yang tidak tersedia enzim-enzim untuk merombak stuktur pakan tersebut sehingga usus pada ayam tidak mampu menyerapnya dengan baik dan sempurna pada  akhirnya kotoran yang keluar masih akan mengandung pakan. selain menimbulkan bau yang tidak sedap hal ini juga dapat menimbulkan peningkatan nilai FCR karena pakan makanan yang dimakan tidak terserap dengan maksimal oleh usus.

Penggunaan obat antibiotik pada ayam juga dapat menyebabkan kotoran ayam menjadi lebih basah. Bukan hanya menjadi basah namun kotoran yang akan keluar bersama sisa pakan makanan yang tidak tercernah dengan sempurna mengakibatkan kadang. berbau seperti busuk akibat protein pada pakan makanan yang menjadi tempat berkembang biak bakteri.