Sejarah Dan Gaya Bertarung Ayam Saigon

Sejarah Dan Gaya Bertarung Ayam Saigon

Mempelajari Sejarah Dan Gaya bertarung Ayam Saigon Asli memang perlu kita lakukan demi membangun ayam terkuat diarena. Bagi penghobi ayam mungkin sudah mengetahui bahwa ayam saigon merupakan ayam petarung asli dari negara vietnam. Keperkasaan ayam ini membuatnya sering dijadikan indukan penjantan untuk disilangkan dengan betina jenis lain demi memperoleh keturunan yang kuat.

Sejarah Dan Gaya Bertarung Ayam Saigon

Gaya Bertarung Ayam Saigonn

Dalam Sejarah Ayam Saigon Asli, Jenis ayam ini sering digunakan pada upacara adat rakyat Vietnam. Dalam upacara adat tersebut para peternak melakukan laga ayam dengan menggunakan ayam saigon tersebut. Tak heran jika ayam saigon memiliki fisik yang bagus dan postur yang kuat karena dirancang khusus untuk menyukseskan acara adat ini.

Oleh karena itu juga jenis ayam ini dilirik para penghobi ayam dunia untuk dikawin silangkan dengan jenis ayam aduan di negaranya. Hasil kawin silang yang dilakukan para peternak ayam atau botoh pun sangat memuaskan. Salah satu ayam petarung yang merupakan hasil kawin silang dengan ayam saigon adalah ayam magon.

Ayam magon merupakan ayam hasil kawin silang ayam saigon dengan ayam pama. Jenis ayam petarung ini sangat khas akan kelincahan dari tubuhnya yang cukup besar. Magon juga terkenal akan kepawaiannya dalam membongkar pertahanan lawan.

Kelebihan Dari Gaya Bertarung Ayam Saigon Asli Vietnam

Ayam Saigon memliki gaya bertarung yang cukup unik. Keunikan tersebut membuatnya tidak sepopuler ayam bangkok. Ada penghobi yang menyukai ada pula yang kurang menyukai gaya bertarungnya. Jenis ayam ini sangat defensif sehingga saat beradu akan memakan waktu yang lebih lama dari ayam aduan jenis lain untuk menyelesaikan pertarungannya.

Jenis ayam ini kerap melakukan gerakan maju mundur dan menyerang dengan akurasi yang cukup baik. Ayam Vietnam ini lebih bisa diandalakan dalam hal bertahan dari pada menyerang lawannya meski memiliki kekuatan dan akurasi pukulan yang baik.

Faktor pendukung Pertahanan ayam saigon adalah bentuk ayam saigon yang buruk. Kepala dan leher yang botok atau plontos membuatnya sulit untuk dikunci oleh lawan. Kulit yang tebal juga otot yang alot membuatnya sangat tahan pukul. Tubuhnya yang besar didasari oleh rangka tulang yang kuat dan besar tinggi sehingga pertahannya menjadi sangat kokoh.

Bagian kaki ayam ini juga panjang sehingga dengan tulang dan kaki kokoh ia mampu melancarkan serangan yang sangat menyakitkan. Gerakan maju mundurnya menjadikan keuntungan tersendiri bagi ayam aduan jenis Saigon dalam melancarkan serangan tak terduga.

Meski berukuran besar, ayam saigon sangatlah pintar. Ia sering menghantam lawan dengan stategi yang sangat bagus. Dengan perlahan ia mencari celah menyerang lawan. Jenis Ayam ini juga cerdik dalam menghiindari lock atau kuncian kuncian dari ayam petarung lawan.
Selain itu ayam saigon juga memiliki mental yang sangat kuat. Sekali di masukan ke arena sabung ayam ia akan terus bertarung sampai mati.

Tidak heran bila banyak yang mengincar ayam ini demi membuat keturunan yang kuat. Sehingga untuk dijadikan sebuah peluang usaha tentu saja akan berhasil baik pula.