Sejarah dan Ciri Ayam Shamo yang Asli

Sejarah dan Ciri Ayam Shamo yang Asli

Bukan hanya pada negara Thailand saja, ternyata jepang juga mempunya ayam aduan yang sangat tangguh betarung yaitu ayam shamo. dibanding yang lain, ayam ini sangat mudah sekali di kenali. Namun untuk para penghobi yang masih sangat pemula, tetap tahu ciri ayam shamo yang asli agar tidak mudah tertipu saat membelinya. kenali juga jenis ayam shamo agar makin paham tentang ayam shamo petarung.

Sejarah dan Ciri Ayam Shamo yang Asli

Ayam Shamo yang Asli

Berak dapaur diangppat penyakit yang sangat berbahaya, karena yang di serang adalah sistem daya tahan tubuh atau juga kekebalnanya. Apabila tidak disembuhkan secepat mungkin, dampak paling parah yang harus di hadapi oleh peternak dan penghobi adalah kematian.

Gejala

Gejala yang paling sering muncul ketika ayam Bangkok kena penyakit pullorum adalah berak atau kotorannya berwarna putih seperti abu dapur. Karena itulah penyakit tersebut juga sering disebut sebagai penyakit berak dapur. Penyebab utamanya adalah virus yang masuk ke dalam ayam Bangkok tersebut.

Selain kotorannya yang berwarna putih, gejala lain yang muncul adalah nafsu makannya jadi menurun dengan dratis. Selain itu kotorannya juga sering menempel pada bagian dubur serta tidak bisa jatuh dari tubuhnya karena bersifat sangat lengket.

Gejala berikutnya yaitu kloakanya juga ikut berubah warna jadi putih. Kondisi ini disebabkan oleh feses yang terlanjur mengering. Jenggernya juga sama-sama berubah jadi keabuan. Pada hari-hari selanjutnya, tubuh ayam Bangkok akan melemas dan kehilangan nafsu makan.

Setelah itu sayapnya berubah bentuk seperti menggantung dan terlihat kusam. Matanya selalu tertutup dan dalam fase yang paling parah, tubuhnya menjadi lumpuh dan tidak bisa bergerak karena terjadi atritis.

Pengobatan dan Pencegahan

Meski tergolong sebagai penyakit membahayakan, namun ada sebuah cara menyembuhkan ayam Bangkok dari sakit berak dapur dengan hasil yang sangat optimal. Penyakit ini bisa diobati dengan suntikan antibiotik. Contohnya antara lain furozolidon, neo terramycin, tetra, mycomas dan coccilin. Semua dapat dibeli di toko peternakan ayam atau apotik.

Suntikan ini harus dilakukan di bagian dada dan lebih bersifat sebagai pencegahan saja. Jadi ketika penyakitnya sudah terlanjur kronis, ayam Bangkok yang terkena serangan penyakit ini harus disingkirkan. Bahkan jika perlu dimusnahkan saja agar tidak ada ayam aduan lain yang ikut tertular.

Penularan penyakit berak dapur dapat terjadi melalui dua metode, yaitu secara horizontal dan vertikal. Maksud penularan horizontal adalah melalui hubungan atau kontak langsung antara ayam Bangkok yang telah tertular berak dapur dan yang belum tertular. Sistem penularan ini bisa muncul dari kandang, peralatan kebersihan dan orang memelihara ayam aduan tersebut.

Sedangkan penularan secara vertikal atau langsung terjadi dari indukan atau betina yang telah kena berak dapur kemudian menurun pada anaknya melalui telur-telur yang ditetaskan. Oleh karena itu, ketika mendapat ayam Bangkok betina yang terkena pulorum sebaiknya tidak usah dikawinkan dengan pejantan.