Perbedaan Ayam Saigon dan Ganoi

Perbedaan Ayam Saigon dan Ganoi

Ketenaran sejumlah jenis ayam bangkok aduan saat ini memang tengah tinggi peminatnya. Salah satunya yang sudah tidak sudah tidak asing lagi bagi bobotoh sabung ayam adalah kehadiran dari jenis ayam saigon dan ayam ganoi.

Perbedaan Ayam Saigon dan Ganoi

Ayam-Saigon-dan-Ganoi

Sama-sama berasal dari Vietnam, membuat keduanya tak jarang hampir sulit untuk dibedakan karena penampilan yang mirip. Meski demikian dua yam ini sendiri memiliki keunggulan serta kelemahan tersendiri dalam arena sabung ayam.

Mengenal Perbedaan Ayam Saigon dan Ganoi Dalam Dunia Sabung Ayam

Memiliki ciri khas dengan tidak adanya bulu yang tumbuh pada bagian kepala dan leher. Namun apabila dibandingkan, antara keduanya siapa yang lebih berkualitas??

1. Ayam Saigon

Dikenal dengan postur tubuh yang besar dan kekar, membuat ayam saigon memiliki tubuh yang berbeda dari ayam aduan pada umumnya. Hal ini tak lain dikarenakan struktur tulangan yang besar dan bulat. Sehingga tak heran apabila ayam ini sangat dikenal dengan pukulan mematikannya. Dan tentunya mampu menahan segala jenis pukulan yang dilancarkan karena tulangan  yang tebal.

Meski demikian postur tubuh yang besar, namun ayam saigon juga memiliki sejumlah kekurangan. Yakni tidak mampu bertahan lama dalam bertarung dikarenakan kesulitannya dalam bergerak sehingga terus mendapatkan banyak serangan.

2. Ayam Ganoi

Tidak jauh berbeda, ayam ganoi juga terkenal karena bulu yang sedikit tumbuh pada bagian kepala dan leher. Untuk membedakan kedua ayam ini sendiri dapat dilihat dari sejumlah fisik yang dimiliki.

Dimana pada ayam ganoi memiliki bentuk mata yang mencolok dan besar layaknya mata kodok. Serta ditambah dengan sisik kaki yang berwarna hijau kehitaman.

Selain itu, umumnya ayam ganoi sering kali melancarkan serangan menggunakan bagian kaki dan taji sebagai senjata utama. Ditambah juga dengan mental bertarung yang berkualitas sehingga lebih berani dalam arena sabung ayam. Terakhir perbedaan ayam ganoi dari ayam saigon adalah sifat agresifnya yang tinggi serta kelincahan dalam bertarung.

Meski demikian, kehadiran ayam ganoi di Indonesia sendiri tergolong untuk sulit ditemukan. Namun untuk kualitas bertarung keduanya, jenis ayam ganoi lebih diunggulkan ketimbang ayam saigon yang lebih cepat lelah.