Perbedaan Ayam Pama dan Birma Bertarung

Perbedaan Ayam Pama dan Birma Bertarung

Kehadiran berbagai jenis ayam bangkok aduan hingga saat ini memang sudah banyak beredar hingga ke sejumlah negara. Bahkan ketenaran dari ayam bangkok ini mampu menghasilkan jenis ayam aduan lainnya yang tak kalah berkualitas.

Perbedaan Ayam Pama dan Birma Bertarung

Ayam Pama dan Birma Bertarung

Salah satunya seperti kehadiran dari ayam pama serta ayam birma yang memiliki peminat cukup tinggi untuk dimiliki. Dimana banyaknya bobotoh yang ingin memilikinya tak lain dikarenakan kualitas bertarung yang tak kalah hebat dari ayam bangkok.

Mengenal Perbedaan Ayam Pama dan Birma Dalam Bertarung Di Arena Laga

Untuk kehebatan bertarung, keduanya memang sering diunggulkan oleh setiap bobotoh sabung ayam. Sama-sama merupakan tipe ayam bertarung, menjadikan keduanya sering kali ditemukan dalam arena sabung ayam. Meski demikian, keduanya tentu tetap memiliki kelebihan serta kekurangan bertarung.

1. Jenis Ayam Pama Petarung

Untuk kehadiran ayam pama banyak jenisnya dan tentu memiliki sejumlah ciri umum yang dapat diperhatikan, yakni seperti berikut.

  • Ukuran tubuh yang besar dan biasanya memiliki berat hingga 3.5 kg
  • Memiliki warna bulu yang khas yakni kombinasi merah, abu-abu, kuning emas, hijau dan hitam.
  • Penampilan bulu yang lebat hingga membuatnya tampak lebih perkasa.
  • Warna sisik dan kaki terang dan tidak gelap.

Berasal dari indukan antara ayam bangkok dengan ayam birma tentu membuat ayam ini memiliki sejumlah kelebihan yang diturunkan. Dimana keduanya yang sudah sangat terkenal akan kualitas serta teknik bertarung yang mematikan.

Dimana kelebihan kedua indukan berhasil diturunkan kepada ayam pama. Sebut saja seperti kekuatan pukulan yang sangat keras dan cenderung bertarung dengan teknik Ngunci. Yang kemudian diwarnai dengan pukulan bertubi-tubi yang keras, cepat dan akurat. Ada juga faktor kelincahan yang diturunkan secara langsung oleh ayam birma sehingga memudahkannya dalam menyerang.

Meski demikian, ayam pama juga memiliki sejumlah kelemahan. Salah satunya adalah stamina yang kurang bagus sehingga jarang mampu bertahan dalam pertandingan durasi lama.

2. Jenis Ayam Birma

Selanjutnya adalah jenis ayam birma asal Myanmar yang sudah tidap perlu diragukan lagi kualitas tarungnya. Bahkan tak jarang banyak bobotoh yang menggunakan ayam birma sebagai indukan berkualitas. Dan berikut ciri ayam birma asli yang dapat dilihat.

  • Postur tubuh yang kecil dari ayam aduan pada umumnya
  • Maksimal memiliki berat tubuh yang dimiliki hanay 3 kg
  • Struktur tulangan yang kecil dan tipis
  • Bentuk jari-jari kaki yang kecil dan runcing serta panjang
  • Didominasi oleh warna bulu merah, abu-abu dan wido
  • Bulu yang dimiliki cenderung lebat dan tebal

Untuk gaya bertarungnya tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Dimana ayam ini terkenal akan kelincahan dalam bertarung karena tubuhnya yang kecil. Dan terkenal pintar dalam mengelabui lawannya sehingga mudah dalam melayangkan pukulan.

Bahkan ayam birma juga termasuk sulit untuk diserang, gerakan menghindar serta sering menjaga jarak menjadi kunci utama. Dan apabila sudah tepat, tak segan-segan ayam birma akan menyerang secara langsung dengan keras dan menumbangkan lawan.

Sayangnya karena tulangan yang kecil dan tipis membuat ayam ini tidak mampu dalam menahan segala jenis pukulan yang keras. Terutama pada bagian seperti leher dan punggung, sang ayam akan langsung tumbang. Maka dari itu pastikan memilih lawan yang tepat bagi sang ayam.