Perawatan Kaki Lemas Ayam Aduan

Perawatan Kaki Lemas Ayam Aduan

Merawat jenis ayam bangkok aduan agar selalu dalam kondisi prima tentu menjadi tugas utama setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya menjadi modal tersendiri bagi setiap ayam dalam memenangan pertarungan.

Perawatan Kaki Lemas Ayam Aduan

Kaki Lemas Ayam Aduan

Selain itu, perawatan  yang diberikan juga bertujuan dalam menjaga tubuh ayam tidak terserang berbagai jenis penyakit. Tidak jarang selama perawatan berlangsung, ayam aduan sering kali mengalani masalah. Salah satunya seperti masalah kaki ayam aduan yang menjadi lemas yang sering ditemui.

Perawatan Kaki Lemas Ayam Aduan Agar Kembali Bersemangat

1. Mencari Tahu Penyebab Kaki Lemas

Sebelum memulai pengobatan, ada baiknya bobotoh mengenali terlebih dahulu penyebab terjadinya kaki ayam aduan yang lemas. Biasanya kaki ayam yang tiba-tiba lemas dapat dikarenakan cedera usai ditarungkan, terkena pukulan keras, asupan nutrisi yang tidak terpenuhi hingga mengabar ayam yang masih belum cukup umur dan masih banyak lagi.

2. Lakukan Tindakan Karantina

Selama proses pemulihan berlangsung, ada baiknya bobotoh melakukan tindakan karantina terlebih dahulu. Dimana pemisahan ini ditujukan agar perawatan yang berlangsung dapat berjalan dengan cepat tanpa adanya gangguan dari ayam lainnya.

3.Memperhatikan Proses Pemberian Pakan

Selama proses pemulihan, pemberian pakan ayam aduan juga harus diperhatikan. Dimana hal bertujuan agar asupan nutrisi pada ayam selalu tercukupi sehingga dapat kembali bersemangat. Dalam proses pemberiannya, bobotoh juga dapat ikut serta dalam pemberiannya. Hal ini dikarenakan ayam yang lemas akan sulit menjangkau makanannya, maka dari itu bobotoh dapat menyuapi secara langsung pakan pada sang ayam.

Perawatan Kaki Lemas Ayam Aduan

4. Asupan Minum Tambahan

Tidak hanya pakan saja yang perlu diperhatikan melainkan asupan minum sang ayam juga tidak kalah penting. Pasalnya selama ayam sakit, asupan minuman yang banyak sangat penting diberikan. Hal ini dikarenakan asupan minum ayam akan bertambah.

5. Pemberian Obat Herbal

Selanjutnya, bobotoh juga dapat memberikan pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dimana cara ini juga sudah lama diterapkan oleh botoh hingga saat ini dalam pengobatannya. Yang nantinya mampu dalam mengembalikan kondisi syaraf yang rusak serta memperbaiki metabolisme tubuh.

6. Memijat Kaki Ayam Aduan

Terakhir adalah dengan memberikan pijatan khusus pada kaki ayam. Dimana cara ini dapat diterapkan selama proses perawatan berlangsung dengan bantuan salep atau minyak tawon secara hati-hati.