Perawatan Bulu Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Mental

Perawatan Bulu Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Mental

Merawat jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya tidak hanya untuk meningkatkan teknik tarung melainkan penampilan fisik juga penting untuk diperhatikan. Dimana penampilan yang berwibawa tentu akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri sang ayam dalam bertarung.

Perawatan Bulu Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Mental

Maka dari itu, penting menjaga penampilan ayam agar selalu terawat. Pasalnya, secara tidak langsung hal ini juga dapat mempengaruhi mental setiap ayam.

Pada artikel kali ini sendiri, agen sabung ayam online akan menjelaskan sejumlah perawatan pada bulu ayam agar selalu sehat dan cantik. Yakni dalam Perawatan Bulu Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Mental Tarung Di Arena

Perawatan Bulu Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Mental Tarung Di Arena

1. Proses Memandikan Ayam Aduan

Memandikan ayam aduan secara rutin dapat menjadi langkah awal dalam merawat bulu sang ayam. Selain guna membersihkan kotoran namun hal ini juga akan mengembalikan kondisi fisiologis serta meningkatkan penampilan sang ayam hingga semakin mempesona.

Untuk prosesnya sendiri dapat dilakukan setiap pagi yakni sekitar pukul 08.00 pagi dan tidak dianjurkan menggunakan air panas/hangat. Kemudian dilanjutkan dengan proses menjemur guna mengeringkan bulu ayam dibawah sinar matahari.

2. Pemberian Minyak Ikan Bagi Ayam Bangkok

Dilanjutkan juga dengan pemberian asupan suplemen khusus seperti suplemen minyak ikan yang memang sedari dulu sudah dilakukan. Kandungan Omega 3 yang tinggi ini sendiri nantinya mampu membuat bulu ayam menjadi sehat kembali. Untuk pemberiannya juga harus disesuaikan agar tidak berlebih dan menghindari efek samping pada tubuh ayam.

3. Pemilihan Jagung Sebagai Pakan Khusus

Selama perawatan, bobotoh juga dapat memberikan pakan khusus yang dianjurkan oleh botoh tua yakni pemberian jagung. Bahkan pemberiannya sangat dikhususkan kepada ayam yang baru saja mengalami proses mabung. Pasalnya, kandungan nutrisi pada jagung dipercaya mampu dalam mempercepat proses perontokan hingga pertumbuhan bulu yang baru.

Perawatan Khusus Bulu Ayam Bangkok Aduan

Jika penjelasan diatas diberikan dalam perawatan sehari-hari pada sang ayam. Maka perawatan satu ini lebih dikhususkan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh bulu ayam.

1. Perawatan Kepada Bulu Yang Patah

Pemberian perawatan pertama dikhususkan kepada bulu ayam yang patah. Dimana dalam penerapannya dapat dilakukan dengan melakukan penyambungan, menusuk bagian pangkal atau dengan cara disambung tempel kembali dengan bulu yang patah.

2. Perawatan Ketika Bulu Ayam Turun

Selain pemberian pakan jagung dalam proses mabung atau perontakan berlangsung. Kini bobotoh juga dapat melakukan sejumlah kombinasi pakan khusus yang banyak dianjurkan oleh botoh tua.

Seperti pemberian udang mentah sekitar 1 hingga 2 ons perharinya. Kemudian selama proses turun bulu berlangsung, jauhkan ayam agar tidak terkena air karena dapat membuat bulunya kaku dan keras.

3. Memotong Serta Mencabut Bulu

Kegiatan memotong serta mencabut bulu ayam pada dasarnya bertujuan guna memudahkan ayam dalam menumbuhkan bulu yang baru. Tepatnya disaat waktunya untuk diadu atau dikawinkan.

Umumnya, cara ini dapat diterapkan ketika ayam sudah memasuki usia sekitar 3 minggu dan juga dilanjutkan dengan pemberian asupan nutrisi yang tinggi.