Perawatan Ayam Bangkok Pada Musim Panas

Perawatan Ayam Bangkok Pada Musim Panas

Dalam dunia sabung ayam, perawatan rutin serta khusus kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas penting bagi para bobotoh sabung ayam.

Pasalnya, perawatan pada ayam bangkok sendiri tidak dapat disamakan dengan perawatan ayam kampung biasa. Dikarenakan apabila sembarang tentu dapat merusak perfoma bertarung dari ayam aduan itu sendiri.

Perawatan Ayam Bangkok Pada Musim Panas
Ayam Bangkok Pada Musim Panas

Selain itu selama perawatan berlangsung, para bobotoh juga harus menyesuaikan dengan cuaca yang terjadi. Pasalnya, perubahan musim yang tidak menentu dapat membuat pertahanan daya tahan tubuh menjadi melemah. Terlebih seperti di Indonesia yang sering kali mengalami musin panas dan hujan yang tidak menentu.

Tidak hanya manusia saja, namun jenis ayam bangkok aduan tentu juga akan mempengaruhi kondisi tubuh. Dimana ini menjadi kesempatan bagi bakteri dan virus dalam menyerang sang ayam.

Pasalnya, perubahan suhu secara ekstrim dari musim hujan ke panas tentu akan memaksa sang ayam untuk menyesuaikan suhu tubuh yang dimiliki. Dikarenakan sudah terbiasa dengan suhu yang cukup dingin menjadi suhu yang hangat secara tiba tiba.

Berikut Tips Perawatan Khusus Ayam Bangkok Petarung Pada Musim Panas

  1. Usahakan untuk menempatkan ayam bangkok aduan yang dimiliki di sekitar tempat yang teduh. Atau dapat ditempatkan di bawah pohon yang rindang.
  2. Menjaga daerah kandang ayam dari debu serta kotoran yang berhamburan
  3. Sering sering melakukan penyiraman tanah pada daerah sekitar kandang sang ayam dengan air saat siang hari
  4. Menjaga kebersihan luar atau dalam kandang ayam dari bekas kotoran yang menempel
  5. Para bobotoh dapat memberikan sayuran pada siang hari dengan cara memotong kecil-kecil agar mudah dicerna.
  6. Jangan berikan terlalu banyak minum pada siang hari karena dapat mengakibatkan ayam mudah pilek. Sebaliknya cukup diberikan usai makan serta saat menjelang sore hari
  7. Ketika memandikan sang ayam jangan terlalu basah. Cukup dengan membilas kepala ayam serta bagian ketiak dan sayap agar tidak terlihat kusam dan rontok.
  8. Usahakan agar kondisi kandang ayam dalam keadaan hangat. Para bobotoh dapat memasang lampu dalam kandang ayam.
  9. Tutup kandang ayam dengan kain pada saat malam hari agar tidak digigit nyamuk
  10. Berikan asupan suplemen atau jamu tambahan pada sang ayam sesuai dengan manfaatnya masing-masing.

Cara memelihara ayam bangkok memang berbeda dengan cara memelihara ayam kampung. Ayam bangkok harus dipelihara secara lebih intensif sesuai dengan tujuan utama pemeliharaannya, yakni mencetak ayam-ayam yang jago bertarung.