Perawatan Ayam Bangkok Harus Dilakukan

Perawatan Ayam Bangkok Harus Dilakukan

Dalam dunia sabung ayam, perawatan pada ayam bangkok terbagi menjadi dua jenis yakni perawatan rutin dan perawatan berkala. Dimana keduanya memiliki pengertian serta penerapan yang berbeda kepada jenis ayam bangkok aduan.

Pada dasarnya, perawatan rutin pada ayam bangkok merupakan perawatan yang dilakukan secara rutin pada sang ayam. Sebaliknya, untuk perawatan berkal diberikan dengan maksud dan tujuan tertentu, sebut saja seperti mempersiapkan fisik sang ayam sebelum ditarungkan atau juga setelah usai menjalani laga yang berat.

Perawatan Ayam Bangkok Harus Dilakukan

Ayam Bangkok Harus Dilakukan

Seperti yang diketahui, perawatan pada ayam bangkok sendiri tidak dapat disamakan dengan perawatan terhadap jenis ayam biasa. Pasalnya, untuk jenis ayam bangkok aduan perlu adanya perawatan khusus yang harus diberikan secara rutin setiap harinya. Dimana hal ini dilakukan guna menjaga perfoma serta keadaan fisik sang ayam agar selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Berikut Sejumlan Perawatan Rutin Ayam Bangkok Yang Wajib Di Lakukan

1. Proses Memandikan Ayam Bangkok Aduan

Seperti yang diketahui, proses memandikan ayam bangkok sendiri dilakukan dengan tujuan membersihkan sang ayam dari kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu-bulunya. Selain itu, proses pemandian pada ayam bangkok sendiri dipercaya dapat membantunya dalam memulihkan kondisi fisiologis usai bertarung dan juga membentuk penampilan sang ayam agar tetap mempesona dan lebih prima.

Dan juga, memandikan ayam bangkok sendiri pada dasarnya juga dapat membantu proses pertumbuhan serta pengerasan pada otot sang ayam. Dimana dalam penerapannya dapat dilakukan sekitar pukul 08.00 pagi dan dalam kondisi cuaca yang cerah. Selain itu, pemandian ayam bangkok juga tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan melainkan perlu ada nya perhatian khusus, dimana dapat kalian simak dalam

2. Menjemur Ayam Bangkok Aduan

Usai dimandikan, jemur sang ayam di bawah sinar matahari dalam kurungan secara langsung. Dalam proses penjemuran yang dilakukan ada baiknya dilakukan hingga sekitar pukul 11 siang saja. Dan jangan terlalu lama dibiarkan dikarenakan dapat berefek negative pada bulu sang ayam.

Proses penjemuran pada sang ayam sendiri juga memberikan sejumlah manfaat lainnya, seperti membuat ayam menjadi lebih bergairah, membunuh bakteri, membentuk otot, mendapatkan vitamin D dan kemudian stamina ayam akan meningkat karena terbiasa dengan panas.

3. Mengumbar Ayam Bangkok Aduan

Usai proses pengeringan selesai, ayam bangkok aduan dapat ditempatkan ke dalam kandang umbaran. Dimana hal ini dilakukan agar sang ayam dapat bebas bermain ke sana kemari sehingga tidak selamanya dalam kurungan. Selain itu, jenis ayam bangkok juga perlu berinteraksi dengan jenis ayam lainnya. Maka dari itu ada baiknya setiap 3 minggu sekali berikan ayam babon atau ayam umbaran untuk dikejar oleh sang ayam. Agar ayam aduan yang dimiliki merasa bebas dan tidak terlalu dikekang.

4. Mengistirahatkan Ayam Bangkok Aduan

Usai dibiarkan bebas untuk bermain, jangan lupa juga untuk memberinya istirahat yang cukup. Hal ini dilakukan untuk mencegaj kelelahan yang berlebihan usai sang ayam dibiarkan bebas. Dan juga siapkan pakan serta minuman dalam kandangnya sesuai dengan umur dan pola pemberiannya.

5. Pemberian Suplemen Ayam Bangkok Aduan

Selain diberikan pakan dan minuman, jenis ayam bangkok aduan juga perlu ditunjang dengan suplemen tambahan guna menjaga kesehatan pada dirinya. Dalam pemberiannya sesuaikan dengan kegunaan agar tidak berefek buruk pada sang ayam. Ramuan yang dimaksud juga dapat diperoleh dengan membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Adapun sejumlah ramuan yang dikhususkan dengan kebutuhan pada sang ayam, diantaranya seperti :

  • Ramuan untuk meningkatkan stamina bertarung
  • Jamu untuk menambah tenaga
  • Ramuan untuk membuat napas ayam menjadi panjang
  • Ramuan untuk memulihkan kekuatan setelah bertarung