Pengobatan Mata Ayam Aduan Berbusa

Pengobatan Mata Ayam Aduan Berbusa

Dalam dunia sabung ayam, menjaga kondisi tubuh jenis ayam bangkok aduan agar selalu prima merupakan tugas wajib para bobotoh sabung ayam. Pasalnya kondisi tubuh yang prima tentu akan meningkatkan kualitas tarung yang dimiliki.

Maka dari itu sejumlah perawatan perlu diberikan agar kondisi tubuh ayam aduan tidak terganggu. Selain itu hal ini juga bertujuan kala menghindari serangan dari berbagai jenis penyakit yang dapat melemahkan serta menganggu sistem kerja bagian tubuh.

Pengobatan Mata Ayam Aduan Berbusa

Mata Ayam Aduan Berbusa

Dan salah satu bagian tubuh yang sering kali menyerang sang ayam hingga saat ini tak lain seperti pada bagian mata. Dimana hal ini dapat menyebabkan sejumlah gangguan sebut saja yakni munculnya busa pada mata ayam.

Tips Pengobatan Mata Ayam Aduan Berbusa Dengan Cepat dan Praktis
Umumnya penyakit mata ayam aduan berbusa ini muncul dikarenakan serangan dari sejumlah bakteri yang masuk ke dalam mata. Alhasil infeksi yang diberikan membuat ayam mengeluarkan cairan mata lebih banyak dari biasanya.

Penyakit satu ini sendiri tidak dapat diremehkan dengan begitu saja melainkan perlu adanya penaganan khusus. Pasalnya apabila dibiarkan maka tentu menganggu kondisi kesehatan pada sang ayam. Dan parahnya mungkin dapat membuat ayam mengalami kebutaan dikarenakan tidak ditangani dengan baik dan benar.

1. Menggunakan Bahan Alami

  • Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan tanaman daun kelor. Pengobatan satu ini termasuk cukup alternatif dan banyak diterapkan oleh bobotoh sabung ayam hingga saat ini. Untuk penggunaannya sendiri juga mudah yakni dengan mengambil getah dari tangkai dari daun kelor yang kemudian diteteskan secara ke bagian mata ayam yang terinfeksi.
  • Berikan tetesan getah daun kelor ini sebanyak 1-2 tetes dan dilanjutkan dengan menutupinya menggunakan handsaplast. Ulangi pengobatannya sehari sekali hingga mata ayam kembali normal.
  • Cara kedua adalah dengan memanfaatkan getah umbi rambat. Penggunaanya juga tidak jauh berbeda dengan pemberian daun kelor. Yakni hanya memanfaatkan bagian getahnya saja yang kemudian diteteskan langsung pada bagian mata ayam yang sakit.

Namun perlu diingat sebelum meneteskannya, para bobotoh harus lebih dulu membersihkan mata ayam. Yakni dengan menggunakan kain basah agar debu dan kotoran lain tidak menempel pada saat diteteskan getah tersebut.

2. Pengobatan Menggunakan Bahan Kimia
Untuk pengobatan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan obat-obatan kimia. Dimana obat yang disarankan diantaranya seperti insto, rohto dan lain sebagainya.

Pemberiannya cukup diberikan sebanyak 2 kali saja dalam sehari, yakni sebanyak 2 hingga 3 tetes pada mata ayam yang sakit. Untuk penerapannya sendiri dapat dilakukan pada pagi maupun sore hari hingga mata ayam kembali bening dan pulih kembali.

Namun apabila penyakit mata satu ini sudah terbilang parah maka langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan obat mata khusus seperti Eye Chick. Perlu diingat, untuk pemberiannya sendiri tidak boleh sembarang melainkan sesuaikan dengan aturan pakai yang tertera dalam kemesan.

Selama proses pengobatan berlangsung, ada baiknya ayam aduan yang sakit diberikan pemisahan kandang. Dimana tindakan karantina ini ditujukan agar sang ayam dapat berisitirahan dan tidak menular kepada jenis ayam aduan yang sehat lainnya. Dan juga jangan lupa untuk memberikan perawatan lainnya seperti masalah pakan dan minum.