Pengobatan Herbal Sariawan Ayam

Pengobatan Herbal Sariawan Ayam

Menjaga jenis ayam bangkok aduan agar selalu prima sebelum ditarungkan tentu merupakan tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini juga bertujuan agar sang ayam tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit yang ada.

Pengobatan Herbal Sariawan Ayam

Herbal Sariawan Ayam

Sebut saja seperti salah satu jenis penyakit yang tak jarang kita temui yakni penyakit sariawan. Dikenal juga dengan sebutan goham atau manik membuat penyakit sangat mengganggu tingkat produktivitas sang ayam. Bahkan hal ini juga dapat menurunkan kualitas tarung apabila tidak segera diobati dengan perawatan yang tepat.

Mengenal Pengobatan Herbal Sariawan Ayam Bangkok Secara Cepat dan Ampuh

Umumnya penyakit sariawan dapat dikenali dengan sejumlah faktor seperti susah berkokok, nafsu makan menurun dan keluar lendir dari mulut sang ayam. Serta yang paling menonjol adalah munculnya bintik bintik putih kekuningan yang berada di tenggorokan ayam aduan.

Penyakit sariawan sendiri biasanya dapat terjadi dikarenakan sejumlah faktor, yakni seperti berikut.

  • Dari luka yang didapat usai diadu atau diabar
  • Terkena pacrok/tarung dikandang
  • Keteledoran bobotoh ketika membuka paruh ayam saat akan melolohkan makanan atau suplemen
  • Tergores benda tajam ketika sedang makan
  • Proses menggorok tenggorokan ayam aduan yang tidak benar
  • Ayam aduan tidak sengaja menelan makanan yang keras seperti pecahan kaca, batu, genting dan lain-lain
  • Lingkungan kandang yang tidak bersih
  • Serta proses pemberian pakan dan minum yang kotor

Faktanya penyakit sariawan sendiri dapat menjadi penyakit yang serius apabila tidak segera ditangani. Tak jarang, sariawan yang parah dapat menyebabkan munculnya dugal atau tumor yang kemudian akan bertumbuh hingga besar.

2. Madu

Dikenal dengan sifat antibakteri membuat madu menjadi cara lain dalam mengobati serta mencegah sariawan semakin parah. Selain itu, madu juga mampu memperbaiki jaringan mulut ayam yang rusak atau terluka selama sariawan. Oleskan sedikit madu pada bagian yang terkena sariawan kemudian agar lebih efektif juga dapat campurkan dengan parutan kunyit.

3. Air Kelapa Hijau

Segarnya air kelapa hijau ternyata memiliki sejuta manfaat dalam menyembuhkan luka. Selain itu pemberiannya sendiri ampuh dalam meredakan peradangan serta mempercepat proses penyembuhan sariawan pada sang ayam.

4. Larutan Penyegar

Pemilihan cara ini dapat dilakukan apabila para bobotoh mengingkan cara yang lebih efektif. Mudah ditemukan membuatnya juga sering kali digunakan manusia apabila sedang mengalami panas dalam. Dan cara ini juga dapat diterapkan langsung pada ayam aduan kesayangan kita.

Dalam larutan penyegar sendiri terdapat 3 kandungan alami diantaranya Gypsum Fibrosum, Cornu Antelopis, dan Galcareus Spar yang berguna dalam mencegah panas dalam.