Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan

Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan

Dalam dunia sabung ayam, pemberian suplemen kepada jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya memang sudah lama diterapkan. Dimana dalam pemberiannya sendiri bertujuan untuk menunjang kualitas tarung serta stamina pada sang ayam.

Suplemen yang diberikan sendiri dapat berupa jamu yang berasal dari ramuan herbal. Dimana dalam pembuatannya sendiri tidak susah dikarenakan bahan-bahan yang diperlukan mudah ditemukan. Umumnya jamu dalam bentuk pil atau kapsul ini sendiri sudah banyak beredar dan digunakan di Thailand dan Myanmar.

Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan

Pil Jamu Ayam Aduan

Dimana dalam pemberiannya cukup memberikan keuntungan sendiri, yakni dapat dibuat dengan banyak kombinasi bahan, mudah dicerna oleh sang ayam serta lebih awet dan tahan lama. Sesuai fungsinya sendiri, jamu dalam bentuk pil ini memiliki sejumlah jenis seperti pil penguat nafas, pil kuat, pil membuat ayam agresif dan masih banyak lagi. Dimana hal ini dipercaya mampu dalam membentuk sang ayam menjadi ayam super jawara.

Berikut Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan Herbal Rahasia Botoh Tua

Dan pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Cara Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan Herbal Rahasia Botoh Tua. Namun sebelumnya, mari persiapkan lebih dulu bahan-bahan yang diperlukan seperti berikut.

Bahan-bahan Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan Herbal Rahasia Botoh Tua

  • Gula Merah (55%)
  • Kunyit (25%), Serai (5%) dan Jahe
  • Ikan Air Tawar
  • Umbi teki ungu (5%)
  • Madu tawon (5%)
  • Merica
  • Daun jeruk nipis
  • Tanaman Brotowali

Dan berikut langkah-langkah dalam Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan Herbal Rahasia Botoh Tua.

Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan Herbal Rahasia Botoh Tua Harian

  1. Langkah pertama, campurkan terlebih dahulu kunyit, jahe, umbi teki, serai serta sedikit madu kemudian tumbuk hingga halus.
  2. Rebus semua bahan tersebut dengan air secukupnya dan masukan gula merah juga kedalamnya.
  3. Jika sudah, aduk semua bahan tersebut hingga mengeras dan lengket layaknya dodol.
  4. Jika sudah matikan api dan biarkan hingga hangat. Selanjutnya para bobotoh sabung ayam dapat segera membentuknya menjadi bulat-bulatan kecil agar mudah ditelan.
  5. Jemur adonan gula merah tersebut dibawah sinar terik matahari hingga mengeras
  6. Masukan pil adonan tersebut ke dalam toples dan berikan kepada sang ayam sebagai asupan tambahannya.

Pil jamu ayam aduan satu ini hanya dikhususkan kepada jenis ayam bangkok aduan yang sudah memasuki usia 5 bulan ke atas. Dengan tujuan agar mampu menyehatkan badan serta menjaga sistem pencernaan sehingga pertahanan tubuh sang ayam akan lebih kuat terhadap serangan penyakit. Dalam pemberiannya sendiri dapat dilakukan pada sore hari usai sang ayam selesai diberikan pakan.

Pembuatan Pil Jamu Ayam Aduan Herbal Khusus Ayam Dewasa Siap Tarung.

Untuk pembuatan pil jamu ayam aduan herbal ini pada dasarnya hanya di peruntukan kepada jenis ayam bangkok aduan dewasa yang akan diadu. Bahan-bahan yang diperlukan juga masih sama, dimana diantaranya adalah seperti gula merah, kunyit, jahe, serai, daun jeruk nipis, umbi teki dan bawang putih. Ditambah dengan ikan air tawar. Dan berikut cara pembuatannya.

  1. Pertama bakar terlebih dahulu ikan air tawar kemudian jika sudah matang tumbuk dagingnya hingga hancur.
  2. Kemudian campurkan dengan bahan-bahan seperti gula merah, kunyit, jahe, serai, daun jeruk nipis, umbi teki dan bawang putih. (Bahan-bahan tersebut berguna untuk memperpanjang nafas ayam serta meningkatkan kekuatan pukulan yang dimiliki)
  3. Setelah itu, para bobotoh dapat menambahkan bahan penunjang lainnya seperti merica, madu, batang tumbuhan Brotowali. (menaikan mental pada sang ayam sehingga tingkat agresif sang ayam akan bertambah)

Pembuatan jamu ini sekali lagi hanya di khususkan kepada jenis ayam bangkok aduan yang akan menjalani laga tarung saja. Dan jangan diberikan lagi apabila sebelumnya sudah diberikan pil jamu seperti yang diatas. Pada pemberiannya dapat diberikan pada sore hari dan sangat dianjurkan apabila dikombinasikan dengan jamu herbal lainnya. Seperti kuning telur dan jamu kuat yang diberikan seminggu sekali.

Pembuatan pil ramuan ini sendiri sudah banyak diterapkan oleh para bobotoh sabung ayam di Thailand. Dan hal ini terbukti ampuh dalam menjaga stamina sang ayam serta meningkatkan kualitas bertarung yang dimiliki.