Pemberian Pisang Bagi Ayam Bangkok

Pemberian Pisang Bagi Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, pemeliharaan bagi ayam aduan tentu ditujukan dalam meningkatkan kualitas tarung yang dimiliki. Dimana nantinya sang ayam mampu dapat bertarung hingga maksimal dalam mengalahkan lawannya.

Berbagai persiapan dapat dilakukan, mulai dari latihan serta pakan hingga asupan makanan khusus yang sudah lama diterapkan oleh botoh tua. Dimana dalam pemberiannya harus mampu memberikan manfaat yang baik bagi kebutuhan tubuh sang ayam mulai dari energi, vitamin dan nutrisinya lainnya.

Salah satunya seperti yang akan agen sabung ayam bahas kali ini dan sudah banyak diterapkan oleh botoh tua karena khasiatnya. Yakni dalam Pemberian Pisang Bagi Ayam Bangkok Yang Bernutrisi Tinggi.

Manfaat Pisang Bagi Ayam Bangkok Yang Bernutrisi Tinggi

Pemilihan pisang sebagai asupan bagi ayam aduan memang sudah terbukti akan manfaat yang diberikan. Terlebih kandungan nutrisi seperti zat kalium, magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium yang mampu meningkatkan kualitas tarung sang ayam. Untuk lebih tepatnya berikut kandungan nutrisi yang ada pada pisang sehingga banyak dipilih.

  • Kandungan 67% air, 20% gula, 5% protein
  • Asam pati & asam tanin
  • Piridoksin
  • Potasium
  • Serat
  • Kalsium
  • Vitamin A, B, B1, B2, B6, B12, C dan vitamin D
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Lemak

Manfaat Asupan Pisang Bagi Ayam Bangkok

1. Sangat berguna dalam meningkatkan stamina serta tambahan energi ayam aduan dalam bertarung. Hal ini karena kandungan gula yang nantinya menjadi kalori sehingga ayam tetap semangat dalam bertarung.

2. Mampu menjaga serta melancarkan sistem pencernaan ayam aduan serta memperbaiki fungsi saraf karena adanya kandungan asam patindan tanin.

3. Kandungan Potasium pada pisang juga mampu dalam mengatur tekanan darah, kinerja pompa jantung hingga meningkatkan pengliatan ayam hingga semakin tajam. Sehingga nantinya menjadi agresif dan mudah dalam mengenali bagian tubuh vital lawan.

4. Kandungan serat yang tinggi juga mampu menjaga sistem pencernaan ayam sehingga tidak mudah dalam terserang berbagai jenis penyakit.

5. Ada juga kandungan antioksidan yang tinggi sehingga meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Dimana nantinya menjauhkan ayam dari segala jenis penyakit yang mudah menganggu kualitas tarung pada setiap ayam.

6. Mengurangi hingga mencegah terjadi stress pada ayam aduan karena asupan Serotonin pada pisang. Sehingga mental ayam tidak terganggu dan mampu mengontrol emosi yang dimiliki.

7. Dapat dijadikan sebagai salah satu pakan kombinasi bernutrisi karena kandungan lemak yang rendah. Terlebih sangat ditujukan kepada jenis ayam bangkok tipe jalu.

Untuk pemberiannya sendiri dapat diberikan 1/2 atau 1/3 buah pisang dalam durasi waktu 2 kali seminggu dipagi hari usai dimandikan. Dan setelahnya dapat dilanjutkan dengan pemberian latihan agar ayam semakin siap ketika diturunkan.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa dalam pemberiannya juga jangan sampai dilakukan terlalu berlebihan karena dapat merusak bulu sang ayam. Dan tidak cocok untuk diberikan kepada ayam aduan yang masih berusia anakan karena dapat menganggu sistem pencernaan yang dimiliki.