Pelatihan Ayam Bangkok Untuk fisik

Pelatihan Ayam Bangkok Untuk fisik

Dalam dunia sabung ayam, pemberian latihan serta perawatan secara rutin kepada jenis ayam bangkok merupakan salah satu tugas yang penting untuk dilakukan oleh para bobotoh. Pasalnya perawatan yang diberikan juga guna membentuk tubuh sang ayam bangkok aduan agar menjadi kuat hingga memiliki kualitas bertarung yang tinggi.

Pelatihan Ayam Bangkok Untuk fisik

Memiliki kualitas bertarung yang baik tidak hanya dikarenakan faktor keturunan pada jenis ayam bangkok aduan. Pasalnya tanpa dibekali latihan serta perawatan yang rutin, maka ayam jenis trah juara juga dapat dikalahkan dengan mudah oleh lawannya. Maka dari itu pemberian latihan yang benar juga dapat dikatakan sebagai salah satu cara dalam menunjang sang ayam agar terbiasa dengan teknik-teknik bertarung yang lain.

Tips Pelatihan Ayam Bangkok Guna Memperkuat Fisik Aduan

1. Latihan Leher

Umumnya para bobotoh tentu saja mengetahui bahwa bagian leher pada tubuh sang ayam merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam menunjang pergerakan kepala ayam ketika sedang membidik lawan maupun ketika menghindari serangan ke arah kepala saat di arena laga.

Selain itu memiliki otot leher yang luwes juga menjadi bagian penunjang sang ayam dalam memenangkan babak demi babak pertarungannya. Maka tidak heran apabila pemberian latihan pada otot-otot leher sang ayam merupakan latihan utama yang selalu dianjurkan oleh para bobotoh.

Dalam latihannya dapat dilakukan setiap pagi yakni dengan cara memutar leher ayam menggunakan tangan ke arah kanan kiri masing-masing 30 kali secara perlahan, sekira 1 detik tiap gerakan.

2. Latihan Badan

Dalam arena laga, ayam bangkok tentu akan mengerakan tubuhnya guna bergerak dalam mencari celah agar dapat memukul atau mematok bagian tubuh sang lawan. Sebaliknya, apabila pada dasarnya tubuh sang ayam sudah kaku untuk digerakan tentu akan menyulitkannya dalam melakukan pergerakan.

Maka dari itu sang ayam haruslah diberikan kebiasaan mengerakan tubuh agar perputaran tubuhnya lebih luwes. Yakni dengan cara yang cukup sederhana seperti menerapkan senam badan setiap pagi. Latihan ini dapat dilakukan dengan memutar badan ayam ke arah kiri dan kanan sebanyak 30 kali. Dilanjutkan dengan menyelipkan tangan anda ke salah satu celah sayapnya dan dorong ke sana kemari.

Pelatihan Ayam Bangkok Guna Memperkuat Fisik Aduan

3. Latihan Kaki

Melakukan senam kaki atau yang biasa disebut dengan latihan push up merupakan salah satu latihan yang sudah cukup terkenal dikalangan para bobotoh dalam melatih sang ayam. Latihan ini pada dasarnya dilakukan guna menunjang kemampuan bertarung pada ayam bangkok aduan. Yakni pada otot kaki dan lututnya sehingga ayam akan dibuat terbiasa untuk bergerak dan tidak kaku dalam menghadapi lawannya.

Dalam penerapannya cukup dilakukan dengan menekan punggung ayam ke bawah dan ke depan sebanyak 30 kali setiap harinya. Lakukan cara ini secara rutin agar ayam bangkok aduan dapat merasakan hasil yang maksimal juga.

4. Latihan Sayap

Senam sayap atau yang lebih dikenal dengan sebutan latihan janturan merupakan jenis latihan yang dikhususkan untuk melatih otot otot sayap ayam bangkok sehingga membuatnya lebih luwes dalam bergerak. Pada dasarnya latihan ini sama populernya dengan latihan kaki.

Dalam latihannya dapat dilakukan dengan cara mengangkat ayam setinggi mungkin menggunakan kedua tangan. Dimana tangan kanan anda memegang dada dari belakang dan untuk tangan kiri memegang ekor sang ayam. Kemudian lepaskan secara perlahan-lahan tangan kanan ke belakang di ikuti tangan kiri yang ikut turun ke bawah. Hal ini akan membuat ayam aduan memainkan sayapnya sehingga otot dan sendinya lebih kuat dan terbiasa bergerak.

Pelatihan Ayam Bangkok Guna Cetak Tarung

5. Latihan Lari

Umumnya, latihan lari dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Sebagian para bobotoh ada yang menggunakan bantuan khusus berupa kurungan putar atau kliter maupun menggunakan cara lainnya. Pada dasarnya, latihan lari sangat dibutuhkan sang ayam. Dimana ini akan membantu dalam melatih kemampuan otot-otot kaki dan pernapasannya

Siapkan lebih dulu dua kurungan dengan ukuran yang berbeda serta satu ekor ayam bangkok lain. Kemudian masukan ayam yang dijadikan sparing ke dalam kurungan kecil. Dan untuk ayam yang dilatih diluarnya. Kemudian tutup keduanya dalam kurungan berukuran besar.

Hal ini akan membuat ayam yang dilatih berlari terus sambil mengelilingi kurungan kecil. Dimana dirinya berusaha untuk mencari celah dalam memberikan serangan kepada ayam sparing. Lakukan latihan ini sekitar 15-30 menit. Dan perlu diingat jangan lakukan latihan ini terlalu lama atau sampai membuat ayam menjadi kelelahan. Hal dikarenakan dapat membuatnya mengalami stress.

6. Latihan Renang

Meski sangat menguras tenaga pada sang ayam, namun cara ini mampu memberikan manfaat yang banyak. Pasalnya latihan satu ini dapat membuat seluruh otot di tubuh ayam menjadi kuat. Dan juga stamina serta nafas sang ayam menjadi panjang. Tentunya hal ini sangat menunjang ayam dalam memenangkan pertarungan yang berlangsung.

Anda dapat melakukan latihan ini di bak atau di kolam biasa dalam jangka waktu maksimal 20-30 menit setiap harinya. Latihan ini akan membuat ayam aduan berusaha untuk terus bergerak supaya tidak tenggelam. Cukup lakukan 2 kali saja setiap minggunya dan jangan terlalu sering.

7. Latihan Abar

Selain pemberian latihan fisik, jenis ayam bangkok aduan juga memerlukan latihan dalam membentuk mental pada dirinya. Pasalnya ayam yang hanya dibekalkan fisik yang kuat akan mudah kalah apabila memiliki mental yang lemah.

Maka dari itu mengabar atau menggebrak ayam bangkok dapat dilakukan dalam membentuk mental ayam bangkok aduan. Prosesnya juga tidak perlu lama yakni cukup satu atau dua air saja. Dan jangan lupa untuk selalu membalut atau memplester jalu keduanya agar tidak ada yang terluka.