Pakan Ayam Bangkok Tingkatkan Nafsu Makan

Pakan Ayam Bangkok Tingkatkan Nafsu Makan

Menjaga kondisi daya tahan tubuh jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas wajib yang perlu dilakukan oleh para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini dilakukan guna menjaga kualitas bertarung sang ayam agar tidak terganggu.

Pakan Ayam Bangkok Tingkatkan Nafsu Makan

Maka dari itu pemberian perawatan yang baik dan benar merupakan cara alternatif yang dapat dilakukan. Dimana hal ini akan mencegah sang ayam agar tidak terserang berbagai jenis penyakit yang mudah muncul. Dan yang terpenting adalah guna menjaga nafsu makan yang dimiliki.

Pasalnya, terganggunya nafsu makan merupakan cara utama virus dan bakteri dalam memunculkan penyakit pada tubuh ayam. Baik itu penyakit biasa hingga penyakit yang sangat mematikan.

Mengenali Jenis Pakan Ayam Bangkok Tingkatkan Nafsu Makan Agar Cepat Gemuk

Tak jarang hingga saat ini banyak sekali para bobotoh yang mengalami masalah pada ayam aduan yang tak kunjung gemuk. Kebanyakan hal ini terjadi karena nafsu makan yang menurun sehingga membuatnya kehilangan sejumlah berat badan.

Tentu hal ini akan membuat sang ayam tampak pucat dan lesu sehingga kualitas bertarung juga ikut menurun. Kebanyakan masalah satu ini dapat muncul dikarenakan pemilihan pakan yang kurang tepat.

Pemilihan Pakan Ayam Bangkok Aduan Agar Cepat Gemuk
Umumnya pemberian jenis pakan ayam bangkok aduan yang berkualitas tidaklah sulit. Yang penting harus bernutrisi tinggi dan disesuaikan dengan umur setiap ayam.

Seperti salah satunya adalah dengan pemberian jagung sebagai pakan utama yang sudah terkenal. Namun perlu diketahui bahwa pada dasarnya jagung memiliki dua jenis yakni jagung kuning dan jagung putih. Sebaiknya untuk selalu memilih jagung kuning sebagai pakan, hal ini dikarenakan kandungan vitamin serta mineral lebih banyak ketimbang jagung putih.

Kemudian para bobotoh juga dapat memberikan bekatul atau dedak dalam proses menggemukan tubuh sang ayam. Dalam pemberiannya selalu berikan jenis dedak yang masih baru dan bagus serta halus. Sebaliknya apabila memberikan dedak yang lama tentu tidak bagus dikarenakan kandungan nutrisi yang dimiliki sudah berkurang.

Untuk porsinya juga jangan sampai berubah-ubah melainkan selalu disamakan. Misalnya dari awal para bobotoh memberikan pakan dengan perbandingan 50:50, maka hal ini tidak boleh berubah. Dan apabila para bobotoh memberikannya dengan sembarang maka mau tidak mau harus membuat sang ayam menyesuaikan kembali asupapan gizi yang diterima. Dan selalu memberikan jenis pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga daya tahan tubuh sang ayam terus meningkat.

Pakan Tambahan Ayam Bangkok Aduan
Selain pemberian pakan yang diatas, para bobotoh dapat menambahkan sejumlah pakan penunjang lainnya. Yang dimana tentu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh ayam. Sebut saja seperti pemberian sayur-sayuran dan beberapa ramuan herbal lainnya yang dapat dicampurkan ke dalam pakan sang ayam.

Untuk jenisnya juga banyak yakni seperti daun pepaya, daun bayam, daun singkong, temu kunci dan temu kunyit. Kemudian dapat dilanjutkan dengan pemberian singkong mentah atau rebus dan ubi atau talas rebus.

Cara seperti ini sendiri sudah terbukti sangat ampuh guna menjaga nafsu makan yang dimiliki. Dan juga tidak membuat ayam merasa bosan dikarenakan kombinasi pakan yang diberikan.

Tambahan : Sebaiknya ayam aduan juga rutin diberikan obat cacing setiap 2-3 bulan sekali. Dan juga dapat diberikan ramuan herbal berupa air rebusan daun pepaya dan temu ireng agar nafsu makan yang dimiliki selalu terjaga.