Pakan Ayam Bangkok Beserta Pemberiannya

Pakan Ayam Bangkok Beserta Pemberiannya

Pemberian pakan pada ayam bangkok merupakan salah satu kunci utama dalam mendapatkan ayam jawara. Pasalnya, pemberian pakan yang tepat tentunya dapat menunjang pertumbuhan serta kesehatan pada ayam bangkok.

Pakan Ayam Bangkok Beserta Pemberiannya

Ayam Bangkok Beserta Pemberiannya

Maka dari itu, pakan yang diberikan juga harus mengandung sejumlah zat-zat yang dibutuhkan olehnya. Pasalnya, apabila diberikan secara asal-asalan maka dapat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan dan kemampuannya dalam bertarung di medan laga.

Oleh karena itu sebagai bobotoh sabung ayam tentunya kalian harus dapat mengendalikan pakan pada sang ayam sekaligus mengerti bagaimana cara dalam pola pemberiannya. Namun perlu diingat, setiap pakan yang diberikan ada baiknya memiliki sejumlah kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral, air, hijauan, serta grit.

Tidak heran apabila pakan pada ayam bangkok aduan pada dasarnya jauh lebih spesial ketimbang ayam lainnya. Dan dalam pola pemberiannya juga tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Melainkan memiliki sejumlah aspek penting yang perlu diperhatikan. Misalnya saja jenis pakan yang diberikan, umur ayam, jam makan, tipe ayam dan bagian-bagian lainnya.

Pengendalian Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur

Hal pertama yang perlu diketahui oleh para botoh yang pertama adalah mengenai jenis dan pola pemberian pakan ayam aduan berdasarkan umur. Hal ini dikarenakan pada jenis anak ayam, lancur dan ayam dewasa memiliki jenis pakan yang berbeda.

Pakan ayam bangkok umur 0 sampai 3 bulan

Pemerhatian pakan ini dimulai sejak ayam menetas dari cangkangnya. Dalam memberikan perawatan juga harus terbilang hati-hati. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, kondisi anak ayam masih sangat rentang terkena penyakit dan bisa dibilang angka kematian pada usia ini cukup rawan.

Dalam proses pemberiannya, pakan anak ayam bangkok untuk usia 0 sampai 1 yang cocok diberikan adalah voor atau konsentrat. Berikan voor 592 pada jam makan ayam, yakni saat pagi, siang dan sore dengan porsi secukupnya. Pemberian voor 592 dianggap cocok dikarenakan memiliki ukuran yang kecil sehingga lebih mudah dicerna oleh anak ayam.

Setelah itu, memasuki usia bulan ke-2 dan ke-3, pakan dapat diganti menjadi voor 594 yang memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, pada umur ini anak ayam sudah dapat diberikan kombinasi pakan lainnya seperti nasi, atau kombinasi voor+nasi.

Pakan ayam bangkok umur 3-5 bulan

Memasuki usia 3-5 bulan, ayam aduan sudah dapat diberikan sejumlah kombinasi pakan lainnya. Misalnya seperti voor, beras jagung, nasi, dedak dan lain sebagainya. Selain itu, memasuki usia ini, para bobotoh juga diberikan sejumlah keuntungan lainnya yakni dengan biaya pengeluaran pakan tidak terlalu besar karena ayam sudah bebas untuk diberikan pakan.

Pada usia tersebut, anda hanya cukup memerhatikan keadaan kandang anak ayam. Pasalnya, memasuki usia tersebut persaingan akan mulai terlihat dan akan terjadi pertarungan perebutan posisi. Maka dari itu keputusan dalam memisahkan ayam-ayam tersebut merupakan pilihan yang harus dilakukan.

Memasuki usia 5 bulan atau yang biasa disebut dengan ayam lacur, pakan utama pada ayam bangkok sudah dapat diganti menjadi beras jagung, kemudan sesekali diberikan voor. Selain itu usahakan untuk tidak menyatukan anak ayam dengan ayam dewasa supaya mentalnya tidak terganggu.

Maka dari itu, anda juga harus dapat memahami mengenai pembuatan kandang apa saja yang cocok sesuai kegunaan pada sang ayam dengan membaca Kriteria Khusus Dalam Melakukan Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Pakan ayam umur 6 bulan – Dewasa

Pada umur ini, pemberian jenis pakan yang cocok antara lain adalah jagung, voer dan nasi. Dan selanjutnya, ketika berusia 7 bulan atau sudah dapat dikatakan ayam dewasa, ayam aduan sudah dapat diberikan pakan khusus seperti beras merah serta ditambah dengan pemberian jamu.

Kemudian juga jangan lupa untuk rutin dalam mengumbar sang ayam agar pertumbuhan bulu sang ayam dapat tumbuh secara optimal.

Pengendalian Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Tipe Pukulan
Umumnya ayam bangkok sebenarnya dibedakan menjadi 2 tipe yakni berdasarkan pukulan atau gaya bertarung, yaitu tipe pukul dan tipe jalu.

Pakan ayam bangkok tipe pukul

Ayam dengan tipe pukul pada dasarnya memiliki teknik tarung yang tidak terlalu mengandalkan jalu. Hal ini dikarenakan jalu yang dimilikinya tidak kuat atau lemah. Selain itu, ayam tipe pukul juga memiliki pertumbuhan jalu yang lambat.Namun ayam dengan tipe pukul faktanya memiliki ukuran tubuh dan tulangan lebih besar dibandingkan tipe jalu.

Dalam proses pemberian pakan, pemilihan jagung merupakan hal yang tepat. Hal ini dikarenakan manfaat yang diberikan jagung sebernarnya dapat meningkatkan kekuatan pukulan dan mengeraskan otot ayam.

Pakan ayam bangkok tipe jalu

Untuk ayam bangkok denga tipe jalu merupakan jenis ayam yang lebih dominan mengandalkan jalunya. Meski memiliki ukuran tubuh dan tulangan lebih kecil, namun ayam tipe jalu memiliki akurasi pukulan yang jitu.

Untuk pakan yang cocok diberikan antara lain adalah beras merah dan gabah. Dua pakan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kelincahan dan akurasi pukulan.