Pakan Ayam Agar Memiliki Suara Panjang

Pakan Ayam Agar Memiliki Suara Panjang

Pemberian perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya bertujuan dalam meningkatkan kualitas tarung masing-masing ayam. Dimana nantinya hal ini dapat menjadi modal tersendiri ketika diadukan ke dalam arena sabung ayam.

Pakan Ayam Agar Memiliki Suara Panjang

Salah satunya seperti pemberian perawatan kepada jenis ayam pelung petarung asli Cianjur, Indonesia yang memiliki kualitas tidak kalah menarik dengan ayam petarung lainnya.

Dimana pada artikel kali ini sendiri, agen sabung ayam akan menjelaskan salah satu jenis pemberian perawatan kepada ayam pelung agar memiliki suara kokok yang panjang. Yakni dalam Pakan Ayam Pelung Petarung Agar Memiliki Suara Kokok Yang Panjang.

Pakan Ayam Pelung Petarung Agar Memiliki Suara Kokok Yang Panjang

Ayam aduan dengan suara kokok yang panjang sering kali menjadi salah satu modal yang diperlukan ayam ketika bertarung. Suara kokok yang kuat, bagus, merdu, tidak serak atau putus putus adalah tipe ayam aduan super.

Maka dari itu penting adanya perawatan khusus guna menghindari perubahan suara pada sang ayam. Mulai dari faktor kesehatan, pemenuhan vitamin dan gizi, kebersihan kandang, dan perubahan musim. Tepatnya ketika ayam memasuki usia 1-6 bulan, perubahan pada suara ayam akan sangat mudah terganggu jika tidak dirawat dengan benar. Salah satunya seperti pemberian pakan yang cocok agar tidak salah pilih.

1. Protein

Yang pertama adalah asupan protein yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ayam ketika masih anakan. Dimana hal ini akan menjauhkan ayam dari serangan penyakit sehingga tidak menganggu suara ayam nantinya ketika dewasa. Pakan yang diberikan sendiri dapat berupa bungkil kelapa, bungkil kacang serangga, dedak, dan jagung halus.

2. Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat bagi setiap ayam aduan sangat dibutuhkan dalam memenuhi stamina serta energi dalam bertarung pada masing-masing ayam. Umumnya kebutuhan karbohidrat bagi ayam pelung sendiri dapat diperoleh dari ubi kayu, kedelai, jagung, dan gabah.

Asupan Pakan Ayam Pelung Petarung

3. Asupan Lemak

Asupan lemak bagi ayam pelung pada dasarnya sangat berguna sebagai sumber energi dan pelarut vitamin. Sebaliknya, ayam yang kelebihan lemak yang tidak baik tentu akan membuatnya menjadi sulit bergerak sehingga malas untuk berkokok. Maka dari itu, asupan lemak baik bagi setiap ayam sangat diperlukan salah satunya dapat diperoleh dari bekatul, bungkil kelapa, minyak kelapa, dedak halus, dan bungkil kacang.

4. Vitamin dan Mineral

Pemberian vitamin dan mineral pada ayam aduan pada dasarnya akan mempengaruhi pertumbuhan tulang serta daya tahan tubuh ayam. Terlebih ketika ayam masih berusia anakan yang masih dalam proses pertumbuhan dan rentan terjangkit penyakit. Sehingga nantinya pertumbuhan ayam tidak akan berjalan hingga maskimal.

Selain itu, bobotoh juga dapat memberikan sejumlah makanan pelengkap lainnya bagi ayam pelung. Yakni berupa ayam, kangkung, sawi, daun pepaya, kecambah, dan lainnya. Ditambah juga bekicot, kerang yang sudah dicincang serta belut. Bahkan banyak bobotoh yang percaya bahwa, pemberian belut sendiri ampu dalam menjernihkan suara ayam.