Pakan Agar Ayam Bangkok Pukulan Jadi Keras

Pakan Agar Ayam Bangkok Pukulan Jadi Keras

Dalam dunia sabung, menjadikan jenis ayam bangkok aduan menjadi jawara dalam arena laga merupakan tujuan para bobotoh sabung ayam dalam pemeliharaannya. Meski sang ayam harus berasal dari keturunan jawara, namun perawatan yang rutin serta khusus juga menjadi kunci lainnya agar kualitas bertarung sang ayam tetap terjaga.

Pakan Agar Ayam Bangkok Pukulan Jadi Keras

Ayam Bangkok Pukulan Jadi Keras

Umumnya pemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Umumnya sejumlah perawatan yang diberikan sendiri seperti mandi, penjemuran, latihan, istirahat, serta pemberian pakan dan suplemen perlu diberikan sehari-harinya. Tentunya hal ini akan membuat kondisi sang ayam semakin prima dan terbebas dari serangan penyakit dan hama.

Selain itu perlu diketahui, bahwa setiap perawatan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan tipe tarung yang dimiliki oleh setiap ayam aduan. Terutama mengenai masalah pemberian pakan pada sang ayam.

Seperti yang sudah diketahui,pemberian pakan yang tepat merupakan kunci utama dalam menjadikan sang ayam menjadi jawara dalam arena tarung. Maka dari itu jenis dan komposisi pakan haruslah disesuaikan dengan tipe ayam aduan yang dipelihara.

Pemberian Pakan Ayam Bangkok Aduan Agar Memiliki Pukulan Keras

Umumnya dalam pemberian pakan kepada ayam tipe pukul tidak dapat dilakukan sembarang. Pasalnya pemberian pakan yang tepat akan meningkatkan pukulan yang dilancarkan pada lawan sehingga keras dan terarah. Selain itu, jenis pakan juga harus disesuaikan dengan umur dan ukuran badan ayam tersebut.

Selain itu, tipe ayam aduan pada dasarnya dirancang untuk menang dalam ronde panjang. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan performa dan daya geraknya dalam durasi yang lama, menu pakan yang dapat diberikan harus mengandungan kandungan yang tinggi protein dan tinggi karbohidrat.

Dan tak tertinggal asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ayam agar nantinya ayam tidak mudah lemas serta lebih bertenaga. Jenis pakan yang dapat diberikan diantaranya seperti beras merah, jagung dan gabah. Dimana pemberian ketiga jenis pakan tersebut merupakan kunci utama para botoh tua dalam menjadikan ayam yang dimiliki agar memiliki pukulan yang keras dalam arena tarung.

Sesuaikan juga dengan lingkungan tempat tinggal sang ayam. Apabila, tempat tinggal ayam dalam keadaan suhu yang dingin maka ada baiknya tidak diberikan pakan jagung. Hal ini dikarenakan pemberian jagung dapat menyebabkan penuaan bulu pada ayam aduan. Sehingga tadinya bulu ayam yang masih muda akan rontok dan berganti dengan bulu baru, atau dalam bahasa jawa sering disebut sulam bulu.

Dan selama proses sulam bulu ayam berlangsung, jenis ayam bangkok aduan akan mengalami penurunan sehingga mudah kelelahan. Selain itu, ayam aduan juga akan menjadi lebih lembek, nafsu makan yang menurun sehingga membuat berat badan tidak stabil. Maka dari itu jenis pakan dapat diganti menjadi pakan beras merah.

Pemberian Pakan Tambahan Kepada Ayam Tipe Pukul Agar Ganas

Selanjutnya, para bobotoh sabung ayam dapat menambahkan biji dan beras merah serta 4-5 ekor cacing saat ayam akan bertarung di sabung ayam. Pakan ini dapat membantu ayam menjadi lebih bergairah dan bersemangat.

Dimana tambahan lain untuk pakan ayam bangkok dalam bentuk cacing tanah mampu dalam membuat pukulan ayam menjadi keras. Cacing memiliki kandungan protein yang sangat baik dan dapat diserap ayam aduan saat akan diadu. Cacing tanah mengandung asam amino dan juga kadar protein sebesar 76%. Dalam pemberiannya dapat diberikan sebanyak 2-4 ekor cacing tanah dua kali dalam seminggu.