Obati Penyakit Kurap Ayam Bangkok

Obati Penyakit Kurap Ayam Bangkok

Memasuki musim pancaroba seperti ini, berbagai penyakit akan mudah muncul dan menyerang hewan-hewan unggas kita miliki. Tak terkecuali juga kepada jenis ayam bangkok aduan yang dimiliki. Memiliki tubuh yang ideal dan fisiK yang kuat tidak menjamin sang ayam akan terjauhi dari sejumlah penyakit.

Obati Penyakit Kurap Ayam Bangkok

Penyakit Kurap Ayam Bangkok

Dan salah satu jenis penyakit yang sering kali menyerang jenis ayam bangkok aduan yang dimiliki adalah Penyakit korep atau kurap. Penyakit kurap ayam bangkok sendiri tergolong sebagai salah satu jenis penyakit yang mudah menular bahkan kepada ayam bangkok dewasa sekalipun.

Umumnya penyakit ini biasanya sering kali menyerang bagian tubuh ayam terutama pada bagian kepala seperti jengger. Kurap sendiri dapat dikenali dengan terkelupasnya bagian kulit kepala ayam dan akan bermunculan bintik-bintik putih seperti ketombe. Dan apabila diremehkan dapat menjalar hingga bagian kulit dekat paruh, dekat kelopak mata, leher, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Ayam Bangkok Terkena Penyakit Kurap

Meski demikian penyakit kurap satu ini tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya hal ini dapat berefek buruk kepada jenis ayam bangkok aduan yang anda miliki. Pasalnya, ciri-ciri ayam bangkok yang terkena penyakit korep akan menimbulkan sejumlah gejala, yakni seperti

  • Ketahanan tubuh sang ayam akan melemah
  • Ayam bangkok aduan mudah terserang penyakit lainnya
  • Menurunnya nafsu makan sang ayam
  • Mata akan terlihat sayu
  • Dan apabila dibiarkan maka dapat mengakibatkan kematian pada sang ayam

Selain itu, dibiarkannya jenis ayam bangkok yeng terkena penyakit kurap dapar menular kepada ayam bangkok lain yang masih sehat.

Faktanya, penyakit kurap pada ayam bangkok aduan timbul dikarenakan oleh sejumlah faktor seperti kurangnya menjaga kebersihan ayam bangkok aduan. Faktanya lingkungan yang kotor dan tidak terawat akan memudahkan munculnya jenis penyakit satu ini. Kondisi kandang yang kotor, tertular dari ayam lain maupun kurangnya perawatan pasca diadu juga dapat memicu munculnya jenis penyakit satu ini.

Maka dari itu, para bobotoh sering kali menyarankan untuk selalu membersihkan bekas luka pada ayam bangkok aduan guna terhindar dari beberapa jenis penyakit. Dalam perawatannya juga tidak dapat sembarang melainkan harus teliti yakni.

Tips Pemyembuhan Penyakit Kurap Ayam Bangkok yang Paling Manjur

1. Cara Pertama

Langkah pertama dalam melakukan proses pengobatan pada sang ayam adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih. Umumnya, khasiat pada aur rebusan daun sirih sendiri memang sudah terkenal akan sifat antifungsinya dalam membunuh kuman.

Untuk penerapannya cukup dengan memandikan sang ayam dengan air rebusan daun sirih yang sudah hangat kemudian jemur dibawah sinar matahari pagi. Usai dimandikan, selanjutnya olesi bagian jengger sang ayam yang terserang korep dengan menggunakan salep kurap yang berbahan vaselin. Usai diolesi, jangan langsung mandikan namun biarkan hingga 3 hari yakni hingga korep benar-benar hilang. Lakukan treatment tersebut hingga korep menghilang seutuhnya.

Selain bagian jengger, bagian tubuh ayam yang lain tepatnya pada bagian kulit yang berbulu juga dapat menjadi sarang bertumbuhnya bakteri yang menyebabkan munculnya kurap. Munculnya penyakit kurap sendiri pada bagian kulit sang ayam dikarenakan kandang yang lembab dan rimbun.

Dalam penanganannya, cabuti lebih dulu bulu sang ayam kemudian baru bersihkan kurap yang menempel. Setelah itu olesi dengan salep khusus kurap yakni seperti antibiotik, pil atau salap untuk mengobati korep. Untuk kasus ini anda bisa menggunakan obat-obat seperti obat jamur seperti kanesten atau dengan obat khsusus untuk korep ayam.

2. Cara Kedua

Selain pengobatan menggunakan daun sirih, anda dapat mencoba pengobatan lainnya yakni dengan menggunakan bahan minyak goreng dan bubuk belerang. Diketahui bahwa efek yang diberikan dari kedua bahan ini hampir sama dengan cara daun sirih. Cara penggunaannya sama, yaitu dengan cara dioleskan pada bagian tubuh ayam yang terserang kurap atau korep.

3. Cara Ketiga

Umumnya daun ketepeng merupakan salah satu jenis bahan yang sering kali digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit gatal dan sejenisnya. Untuk penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menggosokan daun ketepeng di bagian yang terserang korep secara rutin hingga benar-benar sembuh.

Tips Agar Ayam Tidak Terserang Kurap

Usai menyembuhkan sang ayam dari penyakit korep atau kurap tentunya anda juga harus melakukan beberapa cara guna agar penyakit satu ini tidak kembali menyerang ayam bangkok aduan yang anda miliki. Dan berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mencegah munculnya penyakit kurap.

  • Selalu menjaga kebersihan kandang ayam dari kotoran
  • Alaskan kandang ayam menggunakan pasir guna mencegah kelembaban tinggi di dalam kandang.
  • Dalam proses pembuatan kandang jangan lupa untuk membuat saluran udara agar keadaan kandang tidak pengap.
  • Jangan membuat kandang yang terlalu rapat
  • Segera lakukan tindakan karantina apabila salah satu ayam terkena penyakit korep.