Obat Tradisional Daun Singkong Untuk Ayam

Obat Tradisional Daun Singkong Untuk Ayam

Dalam dunia sabung ayam, memberikan perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas utama bagi para bobotoh sabung ayam. Dimana perawatan yang dimaksud sendiri bertujuan agar kualitas serta kondisi sang ayam selalu prima dalam menjalani pertandingan.

Umumnya, perawatan yang dapat dilakukan sendiri  adalah seperti pemberian pakan, memandikan, menjemur serta yang tak kalah penting adalah pemberian jamu atau suplemen tambahan bagi sang ayam.

Obat Tradisional Daun Singkong Untuk Ayam

Daun Singkong Untuk Ayam

Faktanya, pemberian jamu atau suplemen pada sang ayam sendiri dapat membantu menjaga kesehatan sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jamu atau suplemen yang diberikan sendiri diantarnya dapat menggunakan bahan-bahan alami. Dan salah satunya adalah seperti pemberian daun singkong.

Kandungan nutrisi pada daun singkong sendiri dipercaya mampu dalam mengobati beberapa macam penyakit serta meningkatkan nafsu makan pada sang ayam.

Tentunya, menjaga nafsu makan pada ayam bangkok merupakan tugas penting para bobotoh. Dimana hal ini akan berpengaruh akan stamina serta kualitas bertarung sang ayam.

Selain itu, dampak yang akan ditimbulkan dengan nafsu makan yang berkurang juga dapat menular kepada anakan atau keturunan yang dihasilkan.

Maka dari itu,pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai Obat Tradisional Daun Singkong Bagi Ayam Bangkok Aduan. Dimana pemberian daun singkong sendiri pada dasarnya juga sudah lama diterapkan oleh para botoh sabung ayam.

Obat Tradisional Daun Singkong Bagi Ayam Bangkok Aduan

Daun singkong juga dapat membantu sang ayam dalam menambah asupan gizi dikarenakan kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat bagus untuk ayam bangkok aduan.

Maka tidak heran apabila banyak bobotoh yang sering kali memberikan daun singkong kepada sang ayam hingga saat ini. Namun siapa sangka bahwa pada dasarnya manfaat yang diberikan daun singkong sendiri tidak hanya untuk menjaga nafsu makan pada sang ayam.

Sebaliknya, pemberian daun singkong juga dapat dilakukan dalam mengatasi sejumlah penyakit ayam bangkok aduan. Dan berikut manfaat yang diberikan Obat Tradisional Daun Singkong Bagi Ayam Bangkok Aduan.

1. Mengobati Penyakit Cacingan Ayam Bangkok Aduan

Cacingan pada ayam bangkok umumnya muncul dikarenakan terganggunya sistem pencernaan pada tubuh ayam. Penyakit yang muncul dikarenakan serangan bakteri platyhelmintes dapat menimbulkan efek negatif pada ayam bangkok aduan.

Sebut saja seperti tampak pucat dan lesu, nafsu makannya berkurang, hingga pada akhirnya membuat kemampuan bertarungnya menurun.

Maka dari itu, pengobatan menggunakan daun singkong dapat menjadi cara alternatif lainnya. Untuk pemberiannya sendiri juga mudah, yakni dengan cara

  • Tumbuk daun singkong hingga halus, kemudian campurkan dengan daun ketepeng juga.
  • Rebus kedua bahan dengan air secukupnya, kemudian jika sudah matikan api dan saring air rebusan tersebut.
  • Minumkan secara langsung air rebusan tersebut kepada ayam dan lakukan setiap sore hari.

2. Mengatasi Penyakit Diare Ayam Bangkok Aduan

Selain mengoabti penyakit cacingan, pemberian daun singkong juga dapat mengatasi penyakit diare pada sang ayam. Terutama memasuki musim pancaroba seperti ini, penyakit diare sering kali dilanda oleh para ayam bangkok aduan.

Dalam pemberiannya, dapat dilakukan dengan cara seperti berikut :

  • Siapkan 5 hingga 6 lembar daun singkong.
  • Kemudian rebus semua daun singkong dalam 500cc air.
  • Terakhir saring air rebusan tersebut dan berikan kepada ayam 2 kali sehari.

3. Menambah Stamina Pada Ayam Bangkok Aduan

Stamina pada ayam bangkok aduan merupakan modal penting bagi sang ayam dalam menjalani pertandingan sabung ayam. Tanpa stamina yang kuat tentunya sang ayam akan mudah tumbang dalam arena sabung ayam.

Maka dari itu, selain memberikan pakan khusus. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan daun singkong. Pemberiannya juga mudah yakni dengan mencampurkan daun singkong secukupnya, kemudian campurkan dengan beras kencur serta 5 butir kurma merah yang telah di buang bijinya. Blender semua bahan menjadi satu, kemudian berikan kepada sang ayam.