Obat Lumpuh Ayam Bangkok

Obat Lumpuh Ayam Bangkok

Memberikan perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan memang menjadi tugas wajib bagi setiap bobotoh sabung ayam. Sayangnya, tak jarang selama perawatan berlangsung sering kali bobotog mengalami sejumlah kendala.

Obat Lumpuh Ayam Bangkok

Lumpuh Ayam Bangkok

Salah satunya seperti ayam aduan yang tiba-tiba terkena penyakit lumpuh sehingga tidak dapat bergerak. Dimana hal ini membuat ayam terlihat lemas dan tidak dapat bergerak maupun berdiri. Tentu hal ini segera ditangani guna mengembalikan kualitas tarung sang ayam.

Maka dari itu, pada artikel kali ini sendiri, agen sabung ayam akan menjelaskan sejumlah jenis pengobatan pada ayam aduan yang mengalami kelumpuhan. Yakni dalam Mengenali Obat Lumpuh Ayam Bangkok Bahan Tradisional Yang Mudah Dibuat

Mengenali Obat Lumpuh Ayam Bangkok Bahan Tradisional Yang Mudah Dibuat

Umumnya penyakit lumpuh pada ayam aduan sendiri dapat muncul dikarenakan sjeumlah faktor. Baik selama perawatan berlangsung atau karena usai bertarung. Dan berikut penyebab munculnya penyakit lumpuh pada ayam aduan.

  • Ketika berlaga, ayam aduan terkena pukulan telak oleh lawan dibagian vital. Biasanya gejala yang diterima dapat dilihat langsung, namun ada juga beberapa kasus dimana baru akan terasa beberapa hari kemudian.
  • Ayam aduan tidak sengaja memukul benda keras seperti kayu atau batu ketika tengah diabar
  • Menurunkan ayam aduan yang masih belum siap atau masih terlalu muda
  • Menarungkan ayam aduan dengan lawan yang jauh lebih tua
  • Tidak adanya persiapan yang matang ketika akan menarungkan sang ayam
  • Terlalu sering diadu juga dapat menjadi faktor ayam mengalami lumpuh

Pengobatan Penyakti Lumpuh Ayam Bangkok

Dalam pengobatannya, penyakit ini dapat diatasi dengan sejumlah pengobatan tradisional. Namun sebelum pengobatan, ada baiknya bobotoh melakukan tindakan karantina pada ayam yang sakit agar proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat.

1. Daun Serai

Pengobatan pertama yang dapat dilakukan pertama adalah dengan memanfaatkan daun serai. Dimana hal ini nantinya dapat memberikan efek normalisasi kesalahan yang ada pada struktur urat. Untuk pemberiannya juga mudah, yakni dengan menumbuk serai hingga halus dan tempelkan langsung pada tubuh yang sakit. Kemudian balut ramuan tersebut menggunakan perban atau kain selama 2 hari. Ganti perban secara rutin atau hingga ayam benar-benar sudah pulih kembali.

2. Penggunaan Obat Dalam

Selanjutnya adalah memanfaatkan obat dalam yang berasal dari bahan herbal. Yakni bawang merah, cabe merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Campur dan tumbuh semua bahan hingga menjadi halu, kemudian lolohkan langsung pada sang ayam. Pengobatan ini dapat dilakukan sekali pada malam hari dan lakukan hingga ayam sembuh total.

3. Suplemen Khusus

Selama pengobatan berlangsung, bobotoh juga dapat menambahkan pemberian suplemen khusus. Dimana hal ini bertujuan menjaga daya tahan tubuh selama sakit agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya lainnya. Beberapa suplemen  yang dianjurkan antaranya seperti multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus yang dapat dibeli di apotek atau Ploutry terdekat.

Tips Obat Lumpuh Ayam Bangkok

4. Pemberian Pakan

Selama menjalani perawatan, tentu ayam aduan akan mengalami gangguan pada nafsu makan. Sehingga membuatnya menjadi mudah lemas dan tidak bertenaga. Maka dari itu penting bagi bobotoh untuk selalu memperhatikan pakan yang diberikan. Bahkan jika perlu bobotoh dapat menyuapi langsung sang ayam agar tidak kelaparan.

5. Perawatan Tambahan

Selain menjalani perawatan diatas, kalian juga dapat menambahkan tambahan lainnya. Diantarnya yakni seperti berikut.

  • Tidak memandikan atau menjemur sang ayam selama pengobatan berlangsung melainkan tunggu hingga ayam sembuh total
  • Menjaga kondisi kandang agar selalu hangat pada malam hari yakni dengan membungkung kandang menggunakan kain
  • Pijat bagian tubuh ayam yang sakit dengan salep atau minyak tawon. Terlebih jika bobotoh tidak melakukan pengobatan menggunakan daun serai.
  • Pemberian asupan penambah darah seperti Sangobion sebanyak 1 tablet 2 hari sekali agar tubuh tetap terjaga
  • Terakhir bobotoh dapat memberikan 1siung bawang merah setiap pagi guna menjaga nafsu makan.