Merawat Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan

Merawat Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan

Dalam dunia sabung ayam, sejumlah perawatan khusus kepada jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya penting untuk diperhatikan. Dimana dalam perawatannya sendiri pada nantinya akan mempengaruhi kualitas bertarung dari sang ayam itu sendiri.

Selain itu, memasuki musim pancaroba seperti ini pemberian perawatan kepada ayam bangkok juga penting diperhatikan. Terlebih memasuki musim hujan seperti ini, dimana segala macam virus dan penyakit akan mudah menyerang ayam bangkok aduan yang anda miliki.

Merawat Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan

Ayam Bangkok Ketika Musim Hujan

Pasalnya, perawatan pada ayam bangkok sendiri tidak dapat disamakan dengan perawatan ayam kampung biasa. Dikarenakan apabila sembarang tentu dapat merusak perfoma bertarung dari ayam aduan itu sendiri.

Suhu yang lebih rendah, curah hujan yang tinggi, dan kelembaban tinggi tentu menjadikan tempat yang menyenangkan bagi bakteri jahat untuk hidup. Bahkan pada tempat pakan, kandang, air minum juga dapat menjadi salah satu tempat berkembang biaknya.

Simak Perawatan Ayam Bangkok Aduan Ketika Musim Hujan : 

1. Pemberian Kombinasi Pakan

Pemilihan pakan secara benar merupakan cara pertama dalam menjaga sang ayam saat musim hujan terlebih ketika masih berusia anakan. Umumnya, dalam pemberian pakannya sendiri kepada jenis anakan ayam bangkok berumur dibawah 7 bulan, para bobotoh sabung ayam dapat memberikan voer dengan campuran parutan kencur dan kunyit.

Pemberiannya sendiri dilakukan dengan cara mencampurkan voer dengan air kemudian masukan parutan tersebut ke dalamnya dan aduk hingga rata. Dan takaran yang diberikan antara lain adalah 1 kg pakan + 2 siung kencur + 2 siung kunyit (kurang lebih sebesar jari telunjuk). Dan sebaiknya diberikan pada malam hari ketika hujan lebat atau cuaca dingin.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga kondisi kandang pada dasarnya sudah menjadi tugas umum para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini bertujuan agar kandang terbebas dari bakteri berbahaya yang muncul saat musim hujan.

Biasanya, bakteri yang muncul sangat menyukai kondisi kandang yang lembap serta kotor. Maka dari itu, usahakan untuk membersihkan kandang ayam minimal 3 hari sekali secara teratur atau menyesuaikan keadaan di dalam kandang tersebut.

3. Rajin Membersihkan Ayam Bangkok Aduan

Kegiatan ini merupakan tugas wajib dari para bobotoh sabung ayam dalam menjaga ayam bangkok aduan yang dimiliki. Menjaga kondisi tubuh ayam agar tetap bersih sangat diperlukan agar pertahanan tubuh sang ayam tidak menurun.

Para bobotoh sabung ayam dapat memandikannya serta menjemur sang ayam. Namun dengan memastikan kondisi cuaca yang ada. Apabila keadaan cuaca dalam kondisi mendung atau hujan maka proses memandikan ayam tidak perlu dilakukan.

4. Menjaga Suhu Dalam Kandang

Selain menjaga kondisi kebersihan, namun suhu dalam kandang juga perlu diperhatikan. Agar sang ayam selalu berada dalam keadaan hangat dan tidak merasa kedinginan pada saat musim hujan. Dalam pembuatannya, para bobotoh sabung ayam dapat memasang lampu supaya kandang ayam menjadi lebih hangat.

5. Menutup Kandang Menggunakan Kain

Menutup kandang pada malam hari bertujuan untuk menghalau udara dingin yang masuk ke kandang ayam. Pasalnya, apabila tidak dilakukan tentu akan membuat suhu dalam kandang menjadi sangat dingin sehingga tidak baik juga untuk kesehatan ayam Anda. Selain itu juga untuk menghalau sang ayam dari gigitan nyamuk.

Pentingnya Perawatan Ayam Bangkok Aduan Ketika Musim Hujan :

6. Umbar Ayam Bangkok Pada Siang Hari

Membiarkan ayam bermain di luar juga dapat menjadi salah satu cara dalam menjaga kestabilan suhu tubuh ayam aduan. Umbar sang ayam ketika kondisi cuaca sedang bagus ada adanya sinar matahari.

Selain itu, kandungan vitamin D dalam sinar matahari juga sangat membantu pertumbuhan tulang dan bulu.

7. Memberikan Multivitamin Untuk Ayam

Pemberian multivitamin kepada ayam bangkok aduan juga dapat menjadi cara alternatif dalam perawatan ayam bangkok aduan saat musim hujan. Dimana hal ini bertujuan untuk membuat pertahanan dari dalam tubuhnya.

Pemberiannya dapat dilakukan dengan cara memberikan jamu atau suntikan vaksinasi ayam secara teratur dan berkala. Selain itu, para bobotoh juga dapat memberikan obat cacing agar terbebas dari penyakit cacingan yang mudah muncul.

8. Pemberian Ramuan Tradisional

Ramuan yang berasal dari bahan tradisional atau bahan alami pada dasarnya berguna dalam mengawal kestabilan suhu pada tubuh ayam aduan. Contohnya seperti pemberian air jahe untuk menghangatkan tubuh ayam aduan agar tetap hangat saat musim hujan.

9. Memilih Jenis Pakan

Pada dasarnya, pemilihan pakan pada ayam saat musim hujan juga perlu diperhatikan. Ada baiknya untuk memberikan pakan dalam bentuk kering sehingga tidak mudah terserang oleh jamur atau bakteri. Dan juga selalu bersihkan tempat pakan dan minum usai diberikan.

10. Menjaga Kebersihan Serta Kualitas Air Minum

Meski terbilang sepele, namun pemberian minum pada ayam bangkok juga menjadi bagian penting. Pasalnya selain menjaga kualitas dari air namun penempatannya juga perlu diperhatikan agar tidak tercampur dengan air hujan yang tak steril.

Tentunya, air yang tidak bersih memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh sang ayam. Bahkan dapat menyerang organ – organ tubuh yang lainnya.