Menghilangkan Serta Mencegah Kutu Ayam

Menghilangkan Serta Mencegah Kutu Ayam

Dalam dunia sabung ayam khusunya kepada para bobotoh sabung ayam yang menjalani usaha budidaya sabung ayam tentunya sering kali mengalami masalah kepada ayam bangkok. Dan salah satu masalah yang sudah umum dihadapi adalah seperti terkena serangan dari kutu atau tungau.

Biasanya kutu atau tungau yang menyerang jenis ayam bangkok sering kali terlihat dibagian tubuh yang memiliki bulu yang lebat. Dimana itu menjadi tempat favorit para kutu untuk hidup. Sayangnya kutu pada bulu ayam tidak dapat diremehkan.

Menghilangkan Serta Mencegah Kutu Ayam

Serta Mencegah Kutu Ayam

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya kutu yang hidup bahkan hingga ratusan ribu kutu dengan berbagai jenis dan warna (merah, hitam dll) pada satu ekor ayam dapat memberikan efek yang buruk pada jenis ayam bangkok. Salah satunya seperti ayam aduan akan merasa tak nyaman serta lemas, sakit, dan parahnya dapat mengakibatkan kematian. Pasalnya tidak hanya menyerang tubuh ayam bangkok, namun kutu yang sudah ratusan banyaknya dapat hinggap hingga wajah sang ayam.

Pada dasarnya kutu pada ayam bangkok merupakan salah satu jenis hama yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Selain itu, kutu yang biasa menyerang ayam bangkok juga memiliki jenis dan warna seperti putih, kelabu, cokelat, dan merah. Selain itu perkembangbiakan yang terjadi pada kutu juga terbilang cepat bahkan hanya dengan membutuhkan waktu yang singkat saja.

Terlebih kepada para bobotoh sabung ayam yang menjalani usaha budidaya ayam bangkok tentu kutu yang bersarang pada satu ayam dapat menyebar dan hinggap ke ayam lainnya. Biasanya munculnya kutu pada ayam dapat dikarenakan tidak terjaganya kebersihan baik fisik maupun pada kondisi kandang. Dimana hal ini dapat menyebabkan populasinya semakin bertambah.

Selain itu kutu-kutu yang bersarang juga dapat besarang di tempat Induk Ayam Bangkok mengeram telur. Ini bisa membuat Indukan betina menjadi sangat tidak nyaman ketika mengeram telurnya.

Ketahui Gejala Sebelum Menghilangkan Serta Mencegah Kutu Ayam Bangkok Aduan

Untuk mengetahui apakah ayam aduan anda sudah terkena kutu atau tidak dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melihat langsung dengan teliti dan menyisir bulu Ayam Bangkok secara perlahan. Apabila anda melihat ada binatang-binatang kecil di bulunya, itu artinya ayam anda sudah menjadi sarang kutu.

Umumnya, kutu pada ayam bangkok hidup di bagian sayap dan badan. Dimana sering kali anda menjumpai bagian yang botak. Selain itu, ayam akan terlihat elisah dan akan mematuk badan dan bulunya sendiri karena terasa gatal.

Menghilangkan Serta Mencegah Kutu Ayam Bangkok Aduan

Usai mengetahui ayam bangkok aduan terserang kutu segera lakukan penanganan agar tidak berakibat pada sang ayam yakni dengan melakukan sejumlah cara seperti berikut :

  • Membersihkan kandang lalu melakukan penyemprotan menggunakan dektan anti kutu yang bisa anda beli di toko unggas.
  • Memandikan ayam bangkok dengan air yang sudah di campur obat kutu hingga kutu benar-benar hilang dari badan ayam.

Ada juga anda dapat melakukannya dengan cara tradisional, dimana bahan yang diperlukan juga mudah di cara, yakni sebagai berikut:

Bahan-Bahan yang diperlukan :

  1. Jeruk empat buah
  2. Kayu Manis dua batang
  3. Vanili dua biji
  4. Cuka putih
  5. Toples kosong untuk perendaman
  6. Pisau
  7. Botol semprot bekas

Cara Pembuatannya :

  • Siapkan dua toples serta jeruk yang sudah dipisahkan dari kulitnya.
  • Masukan jeruk serta kulitnya ke dalam toples yang berbeda
  • Kemudian tumbuk batang kayu manis dan masukkan satu kedalam untuk setiap bagian.
  • Iri bagian tengah biji vanili, lalu potong setengah dan masukan ke dalam masing-masing toples
  • Tuangkan cuka putih kedalam rendaman. Dimana cuka putih berfungsi sebagai disinfektan alami dan anti bakteri yang dapat membunuh jamur dan juga dapat mengusir hama kecil lainnya seperti semut.
  • Saring kedua toples dan ambil airnya saja
  • Setelah itu semprotkan larutan ke kandang, ketempat mengeram.
  • Ramuan ini dapat bertahan sekitar satu bulan.

Tips Mencegah Kutu Ayam Bangkok Aduan

Usai ayam bangkok terlepas dari kutu yang menyerangnya, ada baiknya sebagai para bobotoh melakukan tindakan pencegahan agar tidak kembali mengalami. Yakni dengan cara rutin membersihkan dan menjaga kebersihan kandang. Dan pastikan kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan memiliki ventiasli udara yang cukup. Selain itu usahakan agar kandang tidak berada dalam kondisi lembab serta rutin dalam melakukan pengecekan pada bulu Ayam Bangkok anda.