Mengenal Warna Bulu Ayam Aduan

Mengenal Warna Bulu Ayam Aduan

Dalam dunia sabung ayam, menilai kualitas jenis ayam bangkok aduan dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Baik itu dari sisi penilaian gaya bertarung maupun penampilan fisik yang dimiliki oleh sang ayam.

Umumnya, penampilan tubuh yang prima dan unik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sang ayam. Bahkan tak jarang hal ini juga dapat menjadi sebuah ciri atau karakter khusus yang terdapat pada masing-masing ayam.

Mengenal Warna Bulu Ayam Aduan

Warna Bulu Ayam Aduan

Salah satunya yang sering digunakan dalam menilai kualitas dari sang ayam yang masih sering digunakan adalah melalui kenampakan bulu sang ayam. Bulu pada ayam aduan sendiri bermacam-macam jenisnya dimana hal ini dapat digunakan dalam menentukan kualitas tarung yang dimiliki.

Meski demikian, tidak semua bulu ayam aduan digemari dan disukai oleh para bobotoh sabung ayam. Meski sering ditemukan pada setiap arena, namun ternyata jenis warna bulu pada kali ini sendiri banyak tidak di sukai oleh para pecinta laga ayam.

Mengenal 6 Warna Bulu Ayam Aduan Yang Tidak Disukai Di Arena Laga

1. Kumbang (Gula Jawa)

Umumnya ayam aduan dengan warna bulu kumbang didominasi oleh warna hitam tanpa adanya campuran warna putih sama sekali. Namun tak jarang ada juga jenisnya yang memiliki bulu rawis berwarna merah kekuningan.

2. Wido Kemlandhingan

Ayam aduan satu ini memiliki warna bulu dasar yakni hitam pekat dan rawis putih kehijauan. Dan juga dilengkapi dengan sayap yang berwarna hitam kehijauan. Kemudian warna pada mata, paruh dan kaki berwarna kuning.

3. Brontok

Umumnya, ayam aduan dengan warna bulu brontok sering kali disamakan dengan ayam Bangkok blorok madu. Namun apabila lebih diteliti lebih jelas, warna serta corak yang dimiliki ayam aduan brontok lebih besar dan terdapat hampir pada seluruh tubuh sang ayam. Biasanya corak yang dimiliki berbentuk brontok-brontok atau bertotol-totol seperti bercak berbentuk bulatan.

Warna Bulu Ayam Aduan Yang Tidak Disukai :

4. Klawu Geni

Selanjutnya adalah jenis warna bulu kategori klawu. Dimana pada dasarnya jenis warna bulu klawu sendiri terdiri dari beberapa jenis. Namun untuk jenis klawu yang satu ini memiliki peminat yang cukup dikit yakni warna klawu geni.

Dengan warna dasar abu-abu pada seluruh bagian bulunya serta ditambah juga dengan bulu leher dan mata merah yang menyala.

5. Klawu Gadhing

Masih dalam jenis klawu yakni jenis klawu gadhing yang dikenal dengan warna bulu abu-abu. Kemudian untuk warna pada paruh, bulu leher dan kaki berwarna kuning gading. Meski terlihat gagah dan berwibawa di atas, sayangnya untuk jenisnya, warna bulu ini memiliki peminat yang tidak banyak.

6. Klawu Kethek

Dan yang terakhir adalah warna bulu klawu kethek yang dimana arti kethek pada orang Jawa merupakan kera. Dengan warna dasar kelabu/abu-abu, rawis, paruh dan kaki serta taji hitam membuat warna ini kurang digemari oleh para bobotoh sabung ayam.