Mengenal Sejarah Dan Jenis Ayam Pama

Mengenal Sejarah Dan Jenis Ayam Pama

Kata Pama berasal dari bahasa Thailand yang berarti pembasmi setan atau penumpas angkoro murko. Setan yang di maksud adalah jenis ayam burma yang dari myanmar yang dikenal dengan julukan ayam setan karena memiliki teknik serangan yang mematikan tanpa ampunan di arena gelanggan petarungan sabung ayam. Kecepatan dan ketangkasan bertarung ayam burma sudah teruji dan diakui oleh para komunitas breeder di thailand. Ayam pama termasuk jenis ayam hasil persilangan antara ayam bangkok dan ayam birma dengan garis keturunan ayam petarung berkualitas. Adapun juga jenis ayam pama yang kita kenal di indonesia, contohnya ayam pama gostas, rambong, mabin, malow kradungtong, drunk, mata guli, pamathai, mathai, dll.

Mengenal Sejarah Dan Jenis Ayam Pama

Jenis Ayam Pama

Postur tubuh pada ayam pama mempunyai bentuk fisik dengan ciri badan yang panjang yang tegap juga bagus, kasar dan juga lekuk mendatar, Namun ayam pama tidak mempunyai fisik yang gagah seperti ayam bangkok pada umumnya. Dari panjang ukuran badan juga agak besar jika dibandingkan dengan ayam birma, kehadiran ayam oama bertujuan untuk menumpas jenis ayam birma.

Kelebihan Ayam Pama

Ayam pama juga termasuk dalam golongan ayam petarung yang mematikan dengan pukulan yang keras dan sudah terbukti dari hasil penelitian dan pengamatan komunitas breeder papaji indonesia dinilai dari hasil beberapa pertandingan yang di adakan di arena gelanggang sabung ayam papaji. Maka dari itu jumlah peminatnya semakin bertambah dan dianggap unik oleh para breeder. Ayam pama merupakan jenis ayam hasil persilangan antara ayam bangkok, ayam saigon, ayam birma. Boleh dibilang ayam pama ini adalah spesies baru yang sedang booming di thailand dan sedang merambah ke indonesia. Ayam pama memiliki keunggulan dalam gaya bertarung dengan gerakan badan yang gesit serta kuncian leher lawan sambil menyerang. Dengan serangan pukulan cepat dan keras yang apabila terkena lawang bisa langsung telak menjadi linglung dan berputar-putar. Mungkin karena gaya bertarung inilah menjadi sebab jenis ayam pama ini menjadi banyak diminati karena merupakan jenis ayam yang unik.