Mengenal Kelebihan Ayam Brazil

Mengenal Kelebihan Ayam Brazil

Dalam dunia sabung ayam, setiap jenis ayam bangkok aduan tentunya memiliki kelebihan dalam bertarungnya masing-masing dalam arena sabung ayam. Sebut saja seperti jenis ayam bangkok yang sudah amat populer dikarenakan kehebatannya yang sudah luar biasa dalam arena sabung ayam.

Selain itu ada juga ayam birma dengan tubuh kecilnya membuatnya lincah baik dalam menyerang maupun bertahan. Maka tidak heran dikarenakan ciri khas yang terdapat pada setiap jenis ayam aduan membuat mereka banyak diminati oleh para bobotoh sabung ayam.

Mengenal Kelebihan Ayam Brazil

Kelebihan Ayam Brazil

Dan salah satu jenis ayam aduan yang juga tidak kalah terkenal dalam arena sabung ayam bahkan diragukan untuk menjadi lawan yakni Ayam Brazil atau Brazilian Gamefowl. Dengan ciri fisiknya seperti tubuh yang kekar membuatnya dianggap sebagai lawan yang cukup tangguh dalam arena sabung ayam.

Jenis Ayam Brazil sendiri pada dasarnya dapat ditemui di negara asalnya di Amerika dan juga sejumlah daratan Amerika Selatan. Dimana kepopuleran jenis ayam ini mulai populer setelah masyarakat Brazil menjadikannya sebagai ayam petarung dalam arena sabung ayam.

Di Indonesia sendiri, ayam Brasil termasuk jenis ayam yang langka dan jarang ditemukan dikarenakan sulitnya untuk mendatangkan ayam aduan yang satu ini ditambah juga dengan nilai jualnya yang tinggi.

Pada dasarnya, untuk mengenali jenis ayam Brasil sendiri terbilang cukup mudah dikarenakan ciri khasnya yang cukup mencolok. Ciri khas yang terdapat pada ayam Brasil sendiri diantaranya seperti warna kulit yang merah terang dan kakinya yang berwarna cerah atau putih kekuningan. Ditambah lagi dengan bentuk tubuhnya yang kekar dan pandangan tajam yang dimilikinya sehingga mampu membuat lawan ketakutan sebelum bertarung.

Berikut Kelebihan Ayam Brazil Di Dalam Arena Sabung Ayam

1.Memiliki sturuktur tulangan yang kuat serta besar sehingga membuat porstur tubuh pada sang ayam juga tinggi dan besar. Bahkan tak jarang bobotoh sabung ayam di Indonesia sering kali salah mengenali ayam Brasil sebagai ayam pelung atau ayam shamo.

2. Jenis pukulan yang dimiliki terbilang kuat dan sangat akurat. Dimana hal ini akan berefek secara langsung kepada lawan apabila sudah terkena langsung.

3. Sering kali dijadikan sebagai bahan kawin silang dengan jenis ayam birma. Hal ini dilakukan agar ayam yang dihasilkan dapat mewarisi tulangannya yang padat dan juga otot yang sempurna. Serta memperoleh kecerdasan dan kegesitan dari ayam Birma.

4. Memiliki mental bertarung yang baik. Dimana hal ini menjadikannya tidak pernah sakit saat bertarung bahkan hingga titik darah penghabisan.

Meski memiliki kelebihan yang unik dan banyak diminati. Namun selain memiliki kelebihan, jenis ayam brasil juga tentunya tidak akan terbebas dari sejumlah kelemahan. Dan berikut kelemahan yang dimiliki oleh  jenis Ayam Brazil atau Brazilian Gamefowl.

Kelemahan Ayam Brazil Di Dalam Arena Sabung Ayam

1.Meski memiliki postur tubuh yang besar, namun pada dasarnya jenis ayam brasil memiliki tingkat kecepatan yang cukup lamban dalam arena sabung ayam. Dimana hal ini sering kali menjadi bahan perdebatan dalam memilih jenis ayam aduan satu ini.

2. Untuk membudidayakan jenis ayam ini juga termasuk sulit dikarenakan babon yang berkualitas pun sangat sulit untuk menghasilkan telur yang bisa bertahan sampai menetas

3. Sering terlihat kebingungan dalam arena sabung ayam. Dimana hal ini membuatnya hanya mampu untuk berdiam tanpa bergerak sebelum pada akhrinya lawan yang memulai terlebih dahulu.

Meski terkesan lambat dalam arena sabung ayam, namun para bobotoh tidak perlu khawatir. Pasalnya peluang mereka untuk menjadi ayam jawara dalam arena sabung ayam masih terbuka. Yakni dengan cara menarungkannya dengan jenis ayam Birma yang terkenal akan kegesitannya. Tentunya hal ini dapat melatih pergerakan pada ayam Brasil untuk mau bergerak.