Mengenal Jenis Ayam Serama

Mengenal Jenis Ayam Serama

Dalam dunia sabung ayam, berbagai perkembangan jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya memang tengah membludak di era sekarang ini. Banyak bobotoh sabung ayam yang berlomba-lomba memamerkan ayam aduan kesayangan mereka dengan ayam lain untuk dimenangkan.

Bahkan tak jarang, para bobotoh juga mengadakan sejumlah kontes dalam memamerkan keindahan ayam aduan yang dimiliki. Dimana berbagai jenis ayam dengan bulu serta penampilan yang indah juga tidak kalah menariknya.

Mengenal Jenis Ayam Serama

Jenis Ayam Serama

Dan salah satu jenisnya yang sudah terkenal dikarenakan penampilan uniknya adalah jenis ayam serama. Ayam asal Negeri Jiran Malaysia ini memang sudah lama dikenal oleh para bobotoh sabung ayam. Dengan keunikannya yakni seperti bentuk badanya yang sangat kecil dan juga terlihat selalu gagah membuat jenis ayam serama banyak di buru oleh para kolektor ayam hias untuk dibudidayakan.

Meski demikian, jenis ayam serama sendiri pada dasarnya memiliki jenis serta kualitas yang berbeda-beda. Maka dari itu ada baiknya para bobotoh mengenal lebih dalam menentukan Jenis Ayam Serama Kualitas Jawara.

Dimana dalam membedakannya, para bobotoh dapat menilai langsung dari penampilan fisik mulai dari kepala hingga bagian ekor. Dan pada artikel kali ini agen sabung ayam akan membantu anda dalam Mengenal Jenis Ayam Serama Kualitas Jawara Asal Negeri Jiran.

Mengenal Jenis Ayam Serama Kualitas Jawara Asal Negeri Jiran:

1. Kepala dan Jengger

Penilaian pertama di awali dari bagian kepala dan jengger sang ayam. Umumnya jenis ayam serama memiliki ukuran kepala yang sangat kecil. Dengan warna merah cerah yang menghiasi kepalanya serta penampilan kepalanya seperti tertarik kebagian belakang.

Dan untuk bagian jengger hampir sama dengan ayam hutan. Selalu tegak serta berwarna merah darah dan ukurannya yang kecil.

2. Postur Badan

Memiliki tubuh yang kecil membuat ayam serama hanya memiliki lingkar tubuh sebesar 20 cm saja. Kemudian ditambah dengan bagian dadanya yang lebih besar dan selalu membusung ke depan dan tinggi sehingga terlihat sangat gagah dan pemberani. Dan bagian tubuh belakang yang mengarah ke bawah tegap. Dan dikarenakan tubuhnya yang munggil, ayam ini umumnya hanya memiliki berat sekitar 1 – 2.5 kg saja.

Namun seiring berjalannya waktu, kini jenis ayam serama lebih banyak dimodifikasi dengan bentuk badan yang lebih ramping. Dimana hal ini disesuaikan dengan keinginan para bobotoh sabung ayam.

3. Bentuk Sayap

Umumnya bentuk sayap pada ayam serama terlihat seperti menjepit rapat lurus dan juga sejajar dengan kaki. Namun tak jarang condong lebih kedepan dari ujung sayapnya hinga menyentuh lantai.

4. Bentuk Ekor

Penampilan dari ekor ayam serama juga termasuk unik dari ayam hias lainnya. Dengan bentuk yang lurus dan tegak tinggi melantik pada bagian ujung. Selain itu susunan ekor yang dimiliki seperti anak tangga dan hampir menyentuh bagian kepala bagian belakang. Umumnya, untuk jenis ayam serama dewasa atau muda memiliki bulu pedang yang cukup panjang.

5. Ciri Kaki

Kaki ayam serama pada dasarnya dapat dikatakan cukup panjang, tinggi serta tidak kaku pada bagian jari kakinya.

6. Sifat

Dan terakhir adalah sikap dari ayam serama di arena laga. Dimana dengan postur tubuhnya yang tegap sehingga membuatnya terlihat gagah dan perkasa di arena laga. Kemudian jenis ayam serama juga memiliki suara kokok yang sangat lantang.