Mengenal 2 Jenis Pukulan Ayam Bangkok

Mengenal 2 Jenis Pukulan Ayam Bangkok

Ayam bangkok memang begitu terkenal sebagai ayam laga dengan teknik dan pukulan yang menakutkan dan sempurna. Kenyataan di arena ayam laga membuktikan ada 2 jenis pukulan ayam bangkok yang paling menakutkan dan juga berbahaya dan sangat mematikan. Setiap ayam laga pasti mempunyai teknik sendiri dan khas sendiri, ada yang lebih banyak memukul pada kepala ada juga yang di dada, meskipun banyak khasnya akan tetapi stiap pukulan yang di berikan dari ayam bangkok ini tentu saja ada kelebihan dan juga kekurangan.

Mengenal 2 Jenis Pukulan Ayam Bangkok

Pukulan Ayam Bangkok

1. Pukulan Kepala
Disebut pukulan kepala karena jenis pukulan ini selalu mengarah pada kepala lawan. Pukulan ini kebanyakan membuat pertarungan cepat berakhir. Hal ini dikarenakan kepala merupakan bagian vital dan pusat syaraf. Jika terkena benturan atau pukulan yang keras, maka dipastikan lawan akan jatuh terkapar dan KO. Dibawah ini adalah jenis pukulan ayam Bangkok yang termasuk kategori pukulan kepala.

  • Pukulan ubun-ubun. Pukulan ini adalah pukulan taji yang tepat mengarah di tengah-tengah kepala lawan. Walau laga baru berlangsung, jika pukulan ini tepat menhantam tengkorak, lawan pasti roboh.
  • Pukulan jiling. Jenis pukulan ini umumnya tepat mengarah dibagian atas telinga lawan. Pukulan ini mengakibatkan kerusakan pada syaraf mata, lawan akan mengalami buta melek.
  • Pukulan atik-atik. Pukulan dengan dua kaki yang selalu tepat di bawah telinga lawan. Pukulan ini dapat merusak otak kecil yang mengendalikan keseimbangan tubuh lawan. Jika terkena pukulan ini, lawan pasti limbung dan hilang keseimbangannya.
  • Pukulan mata. Sesuai namanya, pukulan ini mengarah ke mata lawan. Pukulan ini sangat cepat dan keras, sering menyebabkan kebutaan akibat pecahnya mata lawan. Jika terkena pukulan ini, gaya tarung lawan akan berubah menjadi berdiri mencari musuhnya.
  • Pukulan paruh. Pukulan ini cenderung mematahkan paruh lawan, bahkan bisa mengakibatkan copot paruh lawan.
  • Pukulan tengok. Pukulan yang tepat mengarah di bagian bawah kepala lawan. Ini merupakan bagian utama pernafasan ayam. Jika terkena pukulan ini, lawan akan sulit bernafas dan terlihat ngos-ngosan.
  • Pukulan tengkuk. Pukulan bagian belakang kepala ini akan menyebabkan lawan jatuh tersungkur, terkadang berakibat kematian.

2. Pukulan Dada 
Memang pukulan ke bagian kepala ayam adalah pukulan yang berakibat fatal. Namun ada juga beberapa jenis pukulan yang dapat membuat lawan tumbang. Pukulan-pukulan tersebut dikategorikan dalam pukulan dada.

Pukulan pangkal sayap. Pukulan ini mengakibatkan kepakan sayap terganggu, sehingga kekuatan ayunan pukulan jauh berkurang. Apabila terkena pukulan ini secara beruntun, maka sayap lawan akan turun dan badan terlihat bungkuk ke depan.

Pukulan tulang iga. Jika terkena pukulan ini lawan akan jatuh terduduk lemas. Jika pukulan ini telak dan keras, dipastikan lawan tidak sanggup melanjutkan pertarungan lagi / KO.