Mencegah Persaingan Anak Ayam Bangkok

Mencegah Persaingan Anak Ayam Bangkok

Merawat anak ayam bangkok aduan agar tumbuh besar dan berkualitas tentu menjadi tugas penting setiap bobotoh sabung ayam. Dimana dari sinilah muncul ayam aduan berkualitas petarung jawara di arena laga.

Mencegah Persaingan Anak Ayam Bangkok

Meski demikian, tak jarang selama perawatan berlangsung sering kali terjadi kendala. Seperti persaingan hidup, perebutan kekuasaan hingga intimidasi dari anak ayam aduan lainnya.

Maka dari itu, penting melakukan tindakan pencegahan agar anak-anak ayam aduan dapat tumbuh hingga maksimal. Dan pada artikel kai ini sendiri, Tim ayambangkok128 akan menjelaskan sejumlah cara yang dapat bobotoh lakukan dalam mencegah persaingan. Yakni dalam Mencegah Persaingan Anak Ayam Bangkok Agar Dapat Tumbuh Maksimal.

Mencegah Persaingan Anak Ayam Bangkok Agar Dapat Tumbuh Maksimal

1. Pemberian Makan Secukupnya

Perebutan makanan antara anak ayam tentu sering kali ditemukan oleh bobotoh dalam perawatannya. Maka dari itu, penting bagi bobotoh agar selalu mencukupi pakan yang diberikan pada setiap ayam agar nutrisi yang diterima sama.

Biasanya persaingan pada anak ayam dapat ditemukan ketika memasuki usia 2-3 minggu usai menetas. Terlihat beberapa ayam akan saling mendorong, mendesak dan menekan satu sama lain guna memperoleh makanan. Dimana hal ini dapat menjadi faktor penghambat pertumbuhan sehingga tidak dapat tumbuh maksimal.

2. Pembatasan Volume Kandang

Hal ini dilakukan agar penempatan anak ayam dalam kandang tidak berlebihan jumlahnya. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah terjadinya persaingan hidup antara sesama anak ayam.

Tak jarang, dengan memasukan ayam dalam jumlah besar di satu kandang sering kali  menjadi faktor terjadinya persaingan. Pasalnya, tidak semua anak ayam memiliki pertumbuhan yang sama. Sebut aja seperti terdapat anak ayam yang tumbuh besar lebih cepat namun ada juga yang terlihat lamban dan tidak sehat.

Maka dari itu, penting adanya pembatasan jumlah anak ayam dalam setiap kandang agar tidak berlebihan. Dan tidak menganggu proses pertumbuhan yang dimiliki.

Tips Mencegah Persaingan Anak Ayam Bangkok

3. Memilah Anak Ayam

Pada dasarnya pemilahan ini dapat dilakukan apabila terjadi perbedaan pada proses pertumbuhan sang ayam. Dimana segera lakukan pemisahan kandang antara anak ayam yang lamban serta cepat tumbuhnya.Hal ini dilakukan agar anak ayam yang lambat tidak terganggu dari anak ayam yang sehat. Terlebih mereka yang lebih diunggulkan untuk mengintimidasi yang lemah.

4. Pemisahan Kandang

Memasuki usai tiga bulan, persaingan antara anak ayam jantan akan semakin terlihat. Tak jarang mereka akan saling berkelahi dan mematuk satu sama lain. Bahkan karena terlalu diintimidasi hal ini dapat menyebabkan kematian pada anak ayam yang lemah. Oleh karena itu segera lakukan pemisahan kandang kepada ayam yang terlihat agresif dan ganas di kandang.