Membuat Pakan Ayam Bangkok Berkualitas

Membuat Pakan Ayam Bangkok Berkualitas

Dalam dunia sabung ayam, perawatan kepada jenis ayam bangkok jawara merupakan tugas penting bagi para bobotoh sabung ayam. Dimana perawatan yang diberikan sendiri ditujukan guna meningkatkan kualitas bertarung pada sang ayam.

Umumnya,perawatan yang dumaksud sendiri diantaranya seperti pemberian pakan, kandang, memandikan serta menjemur ayam bangkok, dan tidak tertinggal pemberian jamu atau suplemen tambahan.

Membuat Pakan Ayam Bangkok Berkualitas

Pakan Ayam Bangkok Berkualitas

Dan tentunya, untuk para bobotoh sabung ayam yang sedang menjalani usaha budidaya ayam bangkok harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam masa perawatannya. Terlebih mengenai masalah pakan yang diberikan.

Pasalnya, dalam proses pemberian pakan pada sang ayam sendiri tidak dapat dilakukan dengan asal. Dikarenakan dapat mempengaruhi perfoma dari sang ayam itu sendiri dalam bertarung. Maka dari itu pemberian pakan yang sehat dan berkualitas tentu sangat dibutuhkan.

Untuk para bobotoh sabung ayam yang baru saja menjalani usaha budidaya ayam bangkok sendiri tidak perlu pusing mengenai pengeluaran biaya  yang besar untuk pakan sang ayam itu sendiri. Pasalnya, anda dapat membuat sendiri pakan sang ayam dari bahan alami namun tetap mengandung nutrisi yang sehat untuk ayam bangkok.

Pasalnya, selain murah namun pakan yang diberikan juga dapat anda buat sendiri. Terlebih kepada anda yang tinggal didaerah dekat dengan industri seperti tahu, tempe, penggilingan padi, dsb akan menjadi hal yang sangat menguntungkan.

Sisa dari ampas dari itu sendiri dapat dimanfaatkan dalam pembuatan pakan yang akan dijelaskan kali ini. Kandungan nutrisinya juga cukup dalam menjaga kualitas sang ayam itu sendiri.

Dalam pembuatannya sendiri,para bobotoh juga dapat menambahkannya dengan sisa sayuran di pasar seperti batangnya dalam campuran pakan yang diberikan.

Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Berkualitas Namun Murah

Dan pada artikel kali ini, agen sabung ayam akan menjelaskan lebih detail mengenai Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Berkualitas Namun Murah. Yakni dengan menggunakan bahan-bahan yang diatas serta dibantu dengan sejumlah pakan ayam yang lain.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita siapkan lebih dulu bahan-bahan apa saja yang diperlukan dalam membuat pakan yang kaya akan gizi dan vitamin.

  • Dedak 3 kg
  • Ampas Tahu 3 kg
  • Ampas Kelapa 3 kg
  • Sisa Sayur Hijau 4 kg
  • Ampas Singkong 3 kg
  • Tepung Tapioka ½ kg
  • Garam Halus 100 gr
  • Air Rendaman Kapur 100cc
  • Air Bersih 10 liter.

Tahap Pembuatan Pakan Ayam Bangkok Aduan Berkualitas

Untuk pembuatannya sendiri juga tidak sulit dan mudah untuk dipraktekan. Pertama, campurkan semua bahan dalam wadah yang besar kemudian aduk hingga rata. Usai tercampur rata, masukan semua adonan dalam tungku atau kompor hingga adonan menjadi cair atau encer dan kandungan air sudah hilang. Dan tunggu hingga menjadi kental atau padat seperti bubur. Dan jangan sampai membiarkan bagian bawahnya menjadi gosong atau hangus.

Kemudian matikan kompor dan biarkan hingga hangat. Langkah selanjutnya adalah cetak adonan dengan ukuran 2,3 – 3cm, panjang 30cm dan lebar 15cm di alas berbahan bambu. Dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu, adonan yang sudah kering dapat anda masukan ke dalam toples dengan keadaan rapat.

Dalam pemberiannya sendiri, dapat dilakukan setiap hari dan secara teratur. Namun perlu dingat,pada saat akan diberikan pada sang ayam, berikan sedikit air agar pakan yang telah dibuat menjadi sedikit encer.

Tambahkan juga Promix 2 gram atau Viterpan 2cc / kilo pakan. Bahan bahan yang tersebut dibuat untuk membuat pakan dalam jumlah besar/banyak.