Memandikan dan Menjemur Ayam Bangkok

Memandikan dan Menjemur Ayam Bangkok

Dalam memberikan pelatihan serta perawatan ayam bangkok tentunya harus dilakukan dengan cara yang tepat dan tidak boleh dilakukan asal-asalan. Oleh karena itu perawatan seperti kandang ayam, pakan, pengendalian penyakit, suplemen dan jamu serta pemandian ayam bangkok merupakan tahap yang perlu diperhatikan.

Memandikan dan Menjemur Ayam Bangkok

dan Menjemur Ayam Bangkok

Hal ini dilakukan agar ayam yang dihasilkan dapat tumbuh besar dan optimal menjadi ayam jawara. Dan salah satu tahap yang penting dilakukan demi mendapatkan ayam yang ideal adalah pemandian serta penjemuran ayam bangkok.

Manfaat Memandikan dan Menjemur Ayam Bangkok

Dalam dunia ayam bangkok, tahap pemadian serta penjemuran ayam bangkok merupakan fenomena biasa yang sering kali ditemui. Memasuki usia lebih dari tujuh bulan, ayam aduan sudah dapat diberikan perawatan lebih yakni seperti proses pemandian dan penjemuran.

Tujuan memandikan ayam bangkok sendiri agar semua kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu-bulunya bersih. Selain itu, proses pemandian ayam bangkok juga dipercaya dapat memulihkan kondisi fisiologis usai bertarung serta membuat bentuk ayam menjadi lebih prima dan mempesona.

Selain itu, manfaat lain dari proses pemandian ayam bangkok sendiri diharapkan dapat membantu proses pertumbuhan dan pengerasan otot pada ayam. Dimana hal ini dapat menguntungkan para pemilik budidaya ayam bangkok dalam mematok hatga jual yang tinggi.

Meski demikian, proses pemandian ayam bangkok tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan. Pasalnya, sering kali para pemula melakukan pemandian ayam bangkok dengan asal-asalan. Dimana hal ini dapat berpengaruh langsung terhadap perfoma sang ayam dalam arena.

Proses Memandikan Ayam Bangkok

Selama proses pemandian ayam bangkok, alat-alat yang dibutuhkan antara lain adalah gavus atau spons serta air bersih biasa. Perlu diingat, bahwa jangan pernah memandikan ayam bangkok menggunakan air hangat karena dapat merusak jaringan rubuh serta pertumbuhan bulu pada sang ayam.

Berikan juga sejumlah pijatan pada leher dan tubuh ayam bangkok agar otot-otot pada ayam dapat berkembang menjadi lentur dan keras. Melakukan pemandian pada ayam bangkok juga harus memerhatikan waktunya. Usahakan untuk selalu memandikan ayam bangkok hanya pada waktu pagi hari antara jam 8-9 dengan memperhatikan cuaca.

Proses Penjemuran Ayam Bangkok

Apabila cuaca terlihat mendung atau saat hujan, jangan lakukan pemandian ayam bangkok. Karena hal ini dapat menghambat proses pengeringan bulu dikarenakan tidak ada sinar matahari sehingga dapat menyebabkan kerusakan bulu sehingga terlihat kusam.

Tujuan penjemuran sendiri dilakukan tidak lain untuk membantu proses pengeringan pada bulu sang ayam serta membantu pembentukan stamina yang berguna saat melakukan laga tanding. Sebaliknya, jika ayam aduan tidak diberikan penjemuran dapat berakibat sang ayam menjadi loyo dan memiliki nafas yang pendek.

Penjemuran pada ayam bangkok sendiri dipercaya dapat memberikan manfaat lain seperti diantaranya adalah membuat ayam menjadi lebih bergairah, membunuh bakteri, membentuk otot, mendapatkan vitamin D dan kemudian stamina ayam akan meningkat karena terbiasa dengan panas.

Dalam proses penjemurannya sendiri cukup dimasukan ke dalam kurungan dan dijemur pada pukul 8.30 sampai pukul 11. Perlu diingat, dalam proses penjemuran diharapkan tidak terlalu lama karena bisa berefek negative pada bulu sang ayam.

Maka dari itu, anda juga harus dapat memahami mengenai pembuatan kandang apa saja yang cocok sesuai kegunaan pada sang ayam dengan membaca Kriteria Khusus Dalam Melakukan Pembuatan Kandang Ayam Bangkok.