Manfaat Tomat Bagi Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Tomat Bagi Ayam Bangkok Aduan

Merawat jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas penting yang mana perlu dilakukan oleh para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini membuat kualitas betarung yang dimiliki menjadi terjaga sehingga mampu menjalani arena tarung.

Berbagai jenis perawatan serta pelatihna yang baik dan sesuai dapat diberikan. Selai itu, para bobotoh juga dapat memberikan tambahan asupan pakan selama perawatan berlangsung Dimana pakan tambahan yang diberikan tentu yang harus memiliki nutrisi serta berguna bagi kondisi tubuh sang ayam.

Manfaat Tomat Bagi Ayam Bangkok Aduan

Tomat Bagi Ayam Bangkok Aduan

Seperti yang sudah diketahui, tomat sendiri merupakan salah satu bahan yang kaya akan nutrisinya. Dan ternyata nutrisinya tersebut juga bermanfaat bagi sang ayam. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut sejumlah manfaat dari tomat untuk ayam.

1. Tingkatkan Stamina Ayam Aduan

Stamina merupakan modal utama yang diperlukan sang ayam untuk menjalani pertandingan yang panjang. Maka dari itu, selain pemberian latihan, namun kini para bobotoh juga dapat menambahkan tomat dalam perawatannya. Kandungan vitamin B3 dan E berguna sebagai pelindung okesigen yang kemudian disalurkan ke seluruh tubuh sang ayam.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ayam Aduan

Kondisi daya tahan tubuh yang baik juga akan membantu sang ayam terhindar dari sejumlah penyakit yang bermunculan. Maka dari itu butuh adanya pemeliharaan khusus agar virus serta bakteri tidak mudah berkembang. Sebut saja seperti pemberian suntik vaksin serta penambahan asupan nutrisi. Dan tomat dipercaya mampu sebagai penggantinya dalam menjaga kondisi tubuh sang ayam.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Kandungan air dan serta pada tomat juga mampu menjaga serta melancarkan sistem pencernaan yang dimiliki sang ayam. Dimana nantinya bakteri jahat pada usus sang ayam dapat langsung dibunuh. Umumnya pemberian tomat sering digunakan untuk mengobati penyakit berak kapur, berak darah serta cacingan.

4. Menjaga Berat Tubuh Ayam Aduan

Berat tubuh yang ideal merupakan modal sang ayam agar dapat bergerak lincah. Sebaliknya, jika ayam terlalu gemuk tentu akan menyulitkannya dalam bergerak dan menyerang lawan. Maka dari itu, tomat sendiri dipercaya mampu mengurangi lemak sehingga nantinya berat badan sang ayam akan selalu terjaga.

5. Meningkatkan Reproduksi Ayam Aduan

Kandungan asam folat pada tomat juga ampu dalam meningkatkan reproduksi sang ayam. Dimana hal ini nantinya akan membuat vitalitas yang dimiliki meningkat sehingga akan lebih beringas dan ganas. Ditambah lagi. tomat juga dapat mengobati serta menyehatkan kerusakan sel-sel syaraf sang ayam.

Tips Pemberian Buah Tomat Pada Ayam Aduan

Perlu diperhatikan, bahwa dalam pemberiannya sendiri tidak boleh sembarangan. Melainkan harus disesuaikan dengan porsi dan waktu yang tepat. Berikut proses pemberian tomat yang benar :

  • Jangan pernah memberikan tomat setiap hari melainkan beri jarak dalam pemberiannya. Sebut saja seperti 2-3 hari sekali.
  • Sesuaikan dengan usia yang dimiliki sang ayam. Untuk ayam usia 6-8 bulan, berikan tomat sebesar ibu jari saja. Dan untuk ayam bangkok aduan dewasa dapat diberikan 2 potongan sebesar ibu jari.
  • Jangan pernah memberikan tomat pada ayam yang baru berusia 6 bulan.
  • Dan hindari pemberian tomat pada saat musim hujan dikarenakan dapat menimbulkan diare.