Manfaat Toge Bagi Ayam Bangkok

Manfaat Toge Bagi Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, pakan pada ayam aduan pada dasarnya merupakan bagian kesuksesan dalam mendapatkan ayam petarung berkualitas. Dimana nantinya sang ayam mampu bertarung hingga menjadi seorang pemenang di arena laga atas lawannya.

Umumnya pemberian pakan pada ayam aduan sendiri sudah bervariasi, mulai dari jagung, beras merah, gabah dan masih banyak lagi. Selain itu kini bobotoh juga dapat melakukan sejumlah kombinasi didalamnya guna menambah nutrisi serta tidak membuat ayam menjadi bosan.

Salah satunya seperti pemberian pakan toge yang dikenal akan banyak nutrisi bagi botoh tua yang jarang diketahui. Berikut sejumlah manfaat yang diberikan toge yang sudah kami rangkum dalam Mengetahui Manfaat Toge Bagi Ayam Bangkok Sebagai Pakan Kaya Nutrisi.

Mengetahui Manfaat Toge Bagi Ayam Bangkok Sebagai Pakan Kaya Nutrisi

1. Vitamin B

Manfaat pertama dari pemberian toge sebagai pakan adalah mampu meningkatkan sistem reproduksi sang ayam sehingga menjadi lebih aktif. Hal ini karena asupan kandungan vitamin B didalamnya yang mampu menjadikan vitamin hingga menjadi 3 kali lipat dari biasanya.

Vitamin B sendiri juga sangat diperlukan bagi setiap ayam yakni guna memproses pembentukan Glukosa. Sehingga membuat sel-sel syaraf ayam lebih sehat termasuk syaraf pada organ kesuburan ayam jantan dan yang sangat penting.

2. Vitamin C

Faktanya dalam 100 gram toge terdapat 15mg kandungan vitamin C yang dimiliki. Kandungan vitamin satu ini sendiri sangat mempengaruhi tingkat keseburan pada masing-masing ayam jantan. Sebaliknya ayam yang kekurangan vitamin C akan membuat sel sperma menjadi lengket. Sehingga menghambat proses pembuahan kepada sel telur ayam betina. Yang nantinya menganggu proses menghasilkan keturunan anakan berkualitas.

3. Vitamin E

Kandungan vitamin E umumnya akan mengalami peningkatan selama masa berkecambah, dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah. Dimana nantinya kandungan ini bermanfaat untuk melindungi sel sperma dari gangguan zat radikal bebas.

Untuk pemberiannya dapat diberikan kepada pacek maupun sang betina. Yakni dengan dicampurkan pada pakan utama yang biasanya atau dapat diberikan langsung setiap hari atau 2 kali seminggu. Untuk tambahannya, khusus sang pacek dapat ditambahkan juga dengan pemberian jangkrik 2-3 ekor.