Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, perawatan pada jenis ayam bangkok aduan merupakan bagian penting dalam menjadikan sang ayam menjadi jawara dalam arena laga.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Jika biasanya perawatan yang diberikan seperti memandikan, menjemur,pakan, kandang serta penambahn nutisi. Kini para bobotoh sabung ayam dapat menambahkannya, yakni dengan cara memberikan nutrisi khusus.

Dimana pemberian nutrisi diharapkan dapat menambah kekuatan pukulan serta stamina sang ayam dalam bertanding. Umumnya, para bobotoh sabung ayam sering memberikan jamu khusus yakni berupa pemberian telur puyuh.

Dalam pemberiannya sendiri dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan dengan pakan yang biasa diberikan.

Manfaat Telur Puyuh Bagi Ayam Bangkok Aduan

Menurut para botoh tua yang sudah berpengalaman, pemberian telur puyuh dipercaya mampu meningkatkan pertahanan serta kesehatan tubuh pada ayam bangkok aduan. Hal ini dikarenkan kandungan nergi, protein, kalsium, vitamin sehingga sangat berguna.

Dan untuk mengenal lebih dalam mengenai Manfaat Telur Puyuh Pada Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Kekuatan. Pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskannya kepada para bobotoh sabung ayam.

Manfaat Telur Puyuh Pada Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Kekuatan

1. Sumber Energi

Pada dasarnya, setiap 100 gram telur puyuh mengandung energi sebesar 168 kal. Tentunya kandungan tersebut terbilang sangat cukup dalam memenuhi kebutuhan energi harian ayam aduan, baik dalam latihan ataupun bertarung.

Selain itu, pemberian telur puyuh juga dapat dijadikan sebagai pakan penunjang dari jagung atau beras merah yang biasanya sering dijadikan makanan pokok ayam bangkok aduan.

2. Sumber Protein

Kandungan protein pada telur puyuh dapat dikatakan lebih banyak ketimbang dengan telur ayam biasanya. Maka tidak heran, apabila para botoh tua sering kali memberikan telur puyuh guna membantu dalam menjaga kondisi kesehatan ayam bangkok aduan. Manfaat dari pemberiannya sendiri seperti membangun jaringan sel yang rusak dan sebagai cadangan energi.

3. Sumber Kalsium

Pemberian telur puyuh juga bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada ayam bangkok aduan. Kandungan kalsium yang tinggi dapat membantu dalam proses pertumbuhan serta pembentukan paruh dan tulang.

Manfaat Telur Puyuh Pada Ayam Bangkok

4. Vitamin

Jika dibandingkan dengan telur biasa yang memiliki kandungan 11% protein, pada telur puyuh kandungan proteinnya sendiri dapat mencapai hingga 13%. Ditambah dengan kandungan vitamin 1 sebesar 140 mu-g serta vitamin B2 dan A berguna dalam menjaga stamina dan meningkat kekuatan ayam Bangkok.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Umumnya, para botoh tua sabung ayam percaya bahwa memberikan telur puyuh setiap paginya mampu dalam menjaga serta meningkatakn kekebalan tubuh pada sang ayam. Dan juga tak tertinggal dalam memperbaiki proses metabolisme sehingga dapat bertarung dengan baik.

Dengan begitu stamina bertarung pada diri sang ayam akan terbentuk dan terjaga meski sang ayam memiliki jadwal latihan yang cukup padat.