Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok Aduan

Memelihara jenis ayam bangkok aduan agar selalu prima sebelum ditarungkan merupakan tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini dilakukan guna mendapatkan ayam aduan jawara di arena laga.

Berbagai jenis persiapan dapat dilakukan, mulai dari pemberian pakan, latihan hingga asupan suplemen khusus. Sebut saja salah satunya seperti pemberian telur puyuh bagi ayam aduan yang sudah lama diterapkan botoh tua.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok Aduan

Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok Aduan

Kandungan nutrisi seperti energi, protein, kalsium, vitamin dianggap ampuh dalam meningkatkan pertahanan serta kesehatan tubuh pada ayam bangkok aduan.

1. Energi Tambahan Dalam Bertarung

Kandungan 168kal dalam 100 gram telur puyuh sangat cukup dalam meningkatkan energi bertarung sang ayam, baik itu dalam latihan maupun saat dilagakan.

Maka tak jarang, banyak bobotoh yang menggunakan telur puyuh guna sebagai pakan penunjang dari jangung dan beras merah.

2. Kaya Akan Kandungan Protein

Ketimbang dengan telur biasa, kandungan protein pada telur puyuh nyatanya lebih besar. Dimana nantinya daya tahan tubuh sang ayam akan selalu terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. Kemudian manfaat lainnya antara lain seperti memperbaiki jaringan sel yang rusak sekaligus sebagai sumber energi cadangan.

3. Sumber Kalsium Yang Tinggi

Pemberian telur puyuh juga sangat mempengaruhi proses pertumbuhan serta pembentukan tulang dan paruh ayam. Dimana nantinya, ayam aduan mampu tumbuh dengan penampilan fisik yang ideal dikarenakan bantuan sumber kalsium pada telur puyuh.

4. Kandungan Vitamin

Faktanya pada telur puyuh mengandung setidaknya 13% protein, ditambah juga dengan sejumlah vitamin B1 sebesar 140 mu-g dan kandungan vitamin B2 dan A yang rupanya dua kali lipat dengan telur biasa. Dimana hal ini nantinya akan menjaga stamina serta meningkatkan kekuata bertarung sang ayam diarena laga.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Pemberian telur puyuh secara rutin pada pagi hari akan mampu dalam menjaga kekebalan tubuh ayam serta menjaga kesehatan yang dimiliki. Ditambah juga meningkatnya kesehatan serta memperbaiki proses metabolisme. Sehingga nantinya stamina tarung sang ayam akan selalu terjaga meski memiliki jadwal latihan yang padat.