Manfaat Singkong Untuk Ayam aduan

Manfaat Singkong Untuk Ayam aduan

Manfaat singkong untuk membentuk seekor ayam aduan yang baik dikatakan lebih tinggi dari beras merah.

Hal ini didukung dari penelitian ilmiah yang menyatakan kandungan karbohidrat yang terdapat pada singkong lebih tinggi dari beras merah.

Manfaat Singkong Untuk Ayam aduan

Singkong Untuk Ayam aduan

Kandungan Yang Terdapat Pada Singkong

Ketela Pohon atau yang kerap kita sebut sebagai singkong ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan ayam aduan.

Menurut hasil penelitian ahli kimia, kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram singkong adalah sebagai berikut:

Kalori 121 kal
Air 62,50 gram
Fosfor 40,00 gram
Karbohidrat 34,00 gram
Kalsium 33,00 mg
Vitamin C 30,00 mg
Protein 1,20 gram
Besi 0,70 mg
Lemak 0,30 gram
Vitamin B1 0,01 mg
Sementara 100gram beras merah hanya mencapai 23 gram karbohidrat dan kalori sebesar 77,4 kal. Namun disegi positif nya adalah beras merah memiliki kadar protein yang cukup tinggi yaitu sekitar 3,2 gram dan lebih disukai oleh ayam aduan.

Manfaat Singkong Untuk Ayam Aduan Yang Harus Anda Ketahui

Ada beberapa manfaat singkong yang perlu anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Sumber energi agar tidak mudah lelah
Didalam singkong terkandung karbohidat tinggi yang dapat diubah sebagai cadangan energi sehingga ayam tidak mudah lelah.

Latihan fisik akan memakan glikogen berbentuk glukosa yang tersimpan di otot. Ketika mengkonsumsi singkong, karbohidrat dari singkong akan diubah menjadi glukosa. Jika tubuh sudah terpenuhi nutrisi dari singkong akan diubah menjadi glikogen dan disimpan kembali dalam otot.

Membantu pertumbuhan tulang dan bulu pada ayam aduan
Terdapat banyak mineral didalam singkong yang dapat membantu tumbuh kembangnya tulang ayam aduan. Zat tersebut meliputi kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium.

Magan membantu pembentukan tulang, Kalium sebagai sintesis protein yang membantu pertumbuhan bulu selain itu juga membantu dalam pemecahan karbohidrat. Zat besi dan Kalsium berfungsi untuk menguatkan tulang sehingga mudah tidak rapuh.