Manfaat Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan

Manfaat Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan

Dalam dunia sabung ayam, setiap jenis perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya diberikan guna dalam membentuk serta menjaga kualitas bertarung sang ayam. Dimana setiap jenis perawatan yang diberikan tidak dapat dilakukan dengan sembarang dan harus disesuaikan dengan kondisi sang ayam.

Manfaat Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan

Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan

Umumnya, sejumlah perawatan penting yang biasanya diberikan dapat berupa pakan, kandang, mandi, menjemur serta pemberian suplemen atau jamu tambahan.

Selain itu, para bobotoh juga dapat memberikan suplemen dalam menjaga kondisi tubuh sang ayam agar selalu dalam kondisi prima saat akan ditarungkan. Dimana selain melalui pemberian jamu dari bahan tradisional, para bobotoh juga dapat menambahkan Amoxilin dalam perawatannya.

Amoxilin yang dikategorikan sebagai salah satu jenis antibiotik memang sudah lama dikenal akan khasiatnya bagi ayam bangkok aduan jawara. Dimana pemberian Amoxilin umumnya dapat berguna untuk mengobati berbagai luka dan menjaga kekebalan tubuh sang ayam. Sehingga akan menjaga tubuh ayam dari serangan berbagai macam penyakit.

Biasanya, produk Amoxilin memiliki beberapa jenis yakni seperti bentuk kapsul, tablet, sirup, sirup kering dan suntikan. Dan tentunya tidak tertinggal dengan manfaat yang diberikan kepada tubuh ayam bangkok aduan. Pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan mengenai Sejumlah Manfaat Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan Dalam Perawatannya.

Manfaat Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan Dalam Perawatannya

1. Mencegah Penyakit Ayam Aduan

Sesuai dengan tugasnya sebagai antibiotik, pemberian Amoxilin berguna dalam menjaga kondisi tubuh ayam agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Terutama memasuki musim pancaroba seperti ini yang banyak mengundang berbagai jenis penyakit yang menginfeksi.

Infeksi yang menyerang ayam aduan sendiri biasanya muncul dikarenakan serangan dari berbagai jenis bakteri maupun virus seperti infeksi pernapasan, infeksi pencernaan dan lain-lain.

Untuk solusinya, para bobotoh dapat menambahkan Amoxilin dalam perawatannya agar kondisi daya tahan tubuh ayam lebih terjaga serta kebal dari serangan berbagai penyakit berbahaya.

2. Mengobati Penyakit Ayam Aduan

Untuk jenis ayam bangkok yang sudah terserang penyakit, pemberian Amoxilin juga dapat menjadi salah satu pengobatan bagi sang ayam. Namun perlu diingat dalam pemberiannya sendiri harus disesuaikan dengan jenis penyakit dan umur sang ayam agar tidak berdampak buruk bagi tubuh sang ayam.

3. Mengobati Luka Dalam

Umumnya, para bobotoh sering kali memberikan jamu atau ramuan berbahan alami dalam perawatan luka dalam ayam usai ditarungkan. Namun selain cara diatas, kini para bobotoh sabung ayam juga dapat memanfaatkan Amoxilin sebagai salah satu cara alternatif dalam mengatasi luka yang dialami oleh ayam aduan.

Pasalnya, jenis ayam bangkok aduan usai ditarungkan saat memerlukan perhatian khusus, Terlebih perawatan kepada jenis luka yang ditimbulkan baik dalam maupun luar. Dengan tujuan agar nantinya mental serta kualitas bertarung sang ayam tetap terjaga.

Dosis Pemberian Amoxilin Bagi Ayam Aduan

Dalam pemberiannya sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarang melainkan harus disesuaikan dengan usia dari sang ayam. Pada dasarnya untuk jenis ayam aduan dewasa dapat diberikan satu butir pil atau satu sendok sirup. Kemudian untuk ayam yang masih muda berikan saja setengah dari dosis ayam dewasa.

Sedangkan untuk jenis ayam aduan yang masih berusia anakan, pemberiannya dapat dilakukan dengan mencampur langsung ke minum sang ayam itu sendiri. Dan untuk jenis ayam aduan dapat diberikan seminggu dua kali usai ditarungkan.