Manfaat Kunyit Bagi Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Kunyit Bagi Ayam Bangkok Aduan

Kunyit merupakan salah satu bumbu rempah-rempah yang sangat terkenal di Indonesia. Umumnya, kunyit sendiri sering kali digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat herbal yakni seperti ramuan jamu. Dan juga salah satunya adalah sebagai bumbu dapur dalam bahan masakan.

Manfaat Kunyit Bagi Ayam Bangkok Aduan

Kunyit Bagi Ayam Bangkok Aduan

Maka dari itu, kandungan pada kunyit sendiri memang sangat baik bagi manusia maupun kepada binatang seperti jenis ayam bangkok. Faktanya para bobotoh sabung ayam aduan sering kali memanfaatkan kunyit sebagai bahan obat-obatan serta untuk menjaga kesehatan pada sang ayam bangkok aduan.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan bagi anda para bobotoh sabung ayam aduan mengenai apa saja manfaat yang diberikan kunyit kepada jenis ayam bangkok yang dimiliki.

Berikut Manfaat Tersembunyi Kunyit Bagi Ayam Bangkok Aduan

1. Pengobatan Luka Ayam Aduan

Ciri-ciri ayam bangkok usai ditarung tentunya tidak akan terlepas dari sejumlah luka yang terdapat pada bagian tubuhnya. Dalam pengobatannya, penggunaan kunyit dapat dimanfaatkan dalam proses pengobatan tersebut yakni sebagai antibiotik pada sang ayam bangkok. Hal ini dikarenakan sifat antibiotik pada ayam bangkok berguna dalam membersihkan luka dari bakteri. Dan dalam prosesnya, kunyit terbilang lebih cepat membaut luka menjadi kering. Simak lebih lengkap mengenai

2. Obat Ayam Aduan Ngorok

Penyakit ayam ngorok biasanya muncul dikarenakan kurangnya perawatan pasca ayam aduan diabar. Penyakit ngorok sendiri pada dasarnya dikarenakan virus yang menyerang sang ayam tepatnya kepada saluran pernapasan ayam. Maka dari itu, pengunaan kunyit dapat diterapkan guna menyembuhkan penyakit satu ini, yakni dengan cara dilolohkan maupun ditumbuk. Untuk pengobatan lainnya dapat anda pelajari di

3. Menjaga Kesehatan Organ Ayam Aduan

Memberikan ramuan kunyit secara rutin kepada sang ayam juga dapat menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam sang ayam. Hal ini dikarenakan fungsi kunyit dalam menstabilkan serta mampu mengeluarkan racun pada tubuh sang ayam aduan.

Manfaat Tersembunyi Kunyit Bagi Ayam Bangkok Aduan

4. Mengobati Ayam Aduan Turun Urat

Penyakit turun urat pada ayam bangkok merupakan salah satu penyakit serius yang tak jarang menyerang ayam bangkok kesayangan kita. Dalam pengobatannya, kunyit dapat dijadikan bahan alternatif sebagai obat turun urat ayam bangkok berbahan tradisional. Pemberiannya juga tidak susah, yakni hanya dengan menumbuk kunyit kemudian ducampur dengan sedikit merica, berikan langsung kepada sang ayam.

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan Ayam

Ayam bangkok dengan bobot tubuh yang tidak ideal tentunya akan kesulitan dalam menjalani laga pertandingan. Meski memiliki pukulan yang kuat namun dari sisi kelincahan tubuh sangatlah lemah. Hal ini dikarenakan faktor berat badan yang berlebihan sehingga membuat sang ayam susah untuk bergerak bahkan menghindari pukulan.

Kandungan curcumin pada kunyit sendiri dipercaya mampu merangsang kantung empedu sehingga nantinya akan menghasilkan empedu yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sang ayam. Dan juga kandungan curcumin mampu dalam menurunkan berat badan ayam yang berlebihan.

6. Mengobati Kurap Ayam Aduan

Penyakit kurap pada ayam bangkok pada dasarnya muncul dikarenakan bakteri dan kuman yang meyerang bagian tubuh terutama pada jengger sang aya. Kurangnya menjaga kesehatab tubuh dan kandang merupakan faktor utama munculnya penyakit satu ini. Selain itu, penyakit kurap juga merupakan jenis penyakit yang mudah menular. Dalam penyembuhannya, anda dapat memanfaatkan kunyit sebagai cara alternatif. Yakni dengan cara menggosok bagian tubuh ayam yang terkena kurap dengan air kunyit. Selain itu masih ada cara lain dalam pengobatannya yakni.