Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan

Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan

Pastinya anda sudah mengenal kemin/kunyit bukan, selain untuk menjadi bumbu pada masakan tenyata ada manfaatnya terhadap ayam bnagkok aduan. Menurut informasi yang di peroleh dari para botoh tua ternyata sangat bagus untuk perawatan pada ayam bangkok / ayam aduan.

Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan

Kemin Untuk Ayam Aduan

Namun kunyit bukan hanya untuk itu saja masih banyak manfaat dan kegunaanya asalkan tau cara dan juga manfaat dan juga cara pembuatan kemin tuntuk ayam aduan, kemin adalah salah satu tanaman atau rempah untuk membuat jamu atau juga obat-obatan. Kemin merupakan bahasa Thailand yang aritnya adalah kunyit yang digunakan orang thailand untuk ayam sehingga kemin pun menjadi sangat populer di pasaran.

  • Kemin dapat mempertebal kulit ayam aduan dengan mengoleskan kemin kebagian permukaan kulit ayam aduan.
  • Kemin dapat membersihkan kotoran dan bakteri yang ada di sekitar kulit ayam aduan.
  • Kemin dapat membersihkan lemak yang menempel pada kulit dan bulu halus.
  • Kemin dapat mempermudah sirkulasi udara pada bulu ayam, membuat bulu terlihat lebih sehat dan menyuburkan bulu.
  • Kemin dapat membantu mempermudah suplai O2 yang akan di simpan pada rongga udara badan ayam dan dapat membantu mengstabilkan suhu badan ayam juga.
  • Kemin juga dapat membantu sekaligus menstabilkan proses pernafasan ayam aduan.
  • Kemin dapat membantu mempermudah proses ngairi ayam aduan.
  • Kemin juga berguna untuk menghindari gigitan dari nyamuk dan serangga lainnya yang menyerang ayam aduan anda.

Cara Pembuatan Kemin Untuk Ayam Aduan :

Sebenarnya kemin adalah salah satu racikan yang terbuat dari bahan utama kunyit yang di campur dengan beberapa bahan lainnya.

Biasa kemin ini di buat dengan cara mencapurkan kunyit sudah di parut atau di haluskan engan di campur kapur lalu di larutkan ke dalam air dan setelah itu di jemur hingga kering untuk mendapatkan bubuk halus dan di simpan, pencampuran kunyit dan kampur harus 1:1.

Pemberian larutan kemin pada ayam aduan dengan di oleskan menggunakan kain atau spon di permukaan kulit ayam aduan, seperti badan, sayap, dan kaki, sebisa mungkin hindari terkena bulu ayamnya.

Pemakaian kemin bisa dilakukan seminggu dua kali, pemberian kemin sebaiknya dilakukan setelah ayam dimandikan dan sebelum dijemur. Saat mengoleskan kemin jangan sampai berlepotan bahkan kalau bisa hindari kemin mengenai bulu ayam, terutama bulu ayam bagian luar agar tidak kusam yang bisa mempengaruhi penampilan.