Manfaat kangkung bagi ayam aduan

Manfaat kangkung bagi ayam aduan

Dalam dunia sabung ayam, pemberian pemeliharaan pada jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas penting yang harus dilakukan oleh para bobotoh sabung ayam. Dimana nantinya mampu menjaga kualitas sang ayam agar tidak terganggu.

Manfaat kangkung bagi ayam aduan

kangkung bagi ayam aduan

Berbagai macam perawatan dan latihan yang tepat merupakan cara utama yang dapat dilakukan.Baik itu dimulai dari pemilihan pakan berkualitas hingga penambahan jamu atau suplemen khusus. Namun selain itu, para bobotoh juga dapat menambah sejumlah perawatan lainnya. Yakni seperti menambahkan pakan ayam aduan khusus dalam perawatannya.

Umumnya terdapat banyak pakan yang dapat dijadikan sebagai pakan tambahan. Dimulai dari binatang hidup hingga sejumlah jenis tumbuhan dan sayuran yang memiliki kualitas tinggi.

Manfaat Tersembunyi Kangkung Bagi Ayam Aduan Yang Jarang Diketahui
Faktanya didalam kangkung terkandung sejumlah nutrisi yang rupanya bermanfaat dam cukup bagi ayam aduan. Sebut saja seperti kandungan mineral, vitamin serta gizi yang tinggi sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas yang dimiliki.

Ada juga sumber protein yang tinggi, kaya akan serat, kalsium, vitamin A, vitamin C dan zat besi. Dimana dalam pemberiannya dapat dilakukan pada jenis ayam aduan yang sudah berusia 1 hingga 6 bulan

1. Menjaga Sistem Pencernaan Ayam Aduan
Kandungan serat yang terkandung pada kangkung ampuh dalam menjaga serta memperlancar saluran pencernaan yang dimiliki oleh sang ayam. Ayam aduan yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan lain sebagainya dapat diatasi dengan pemberian kangkung sebagai pakan tambahan. Ditambah lagi dengan kandungan lateks didalamnya ampuh dalam menghilangkan penyakit cacingan yang sering kali dialami oleh sang ayam.

2. Ampuh Obati Penyakit Kulit Ayam Aduan
Bagian tunas pada kangkung juga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit kulit yang menimpa sang ayam. Sebut saja seperti penyakit kurap atau bubul yang sering kali ditemukan. Untuk penerapannya juga mudah, yakni dengan menghaluskan bagian tunas tersebut hingga halus kemudian balutkan pada kulit ayam yang terkena.’

3. Menjaga Kualitas Bulu Ayam Aduan
Memiliki penampilan bulu dengan kualitas yang baik dan indah tentu merupakan keinginan para bobotoh sabung ayam. Untuk mendapatknnya sendiri tentu tidak dapat instan, melainkan perlu adanya sejumlah perawatan khusus. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui pemberian kangkung. Menurut para botoh tua, nutrisi pada kangkung sebagai pakan penunjang dapat membantu pertumbuhan bulu serta mencegah terjadinya kerontokan.

4. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Dimiliki
Pemberian kangkung sebagai pakan tambahan juga dapat menjadi kondisi daya tahan tubuh sang ayam. Sehingga nantinya membuat sang ayam tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Untuk pemberiannya sendiri dapat dilakukan dengan mencampurkan dengan pakan utama seperti jagung maupun beras merah.

Namun perlu diingat, selain pemberian kangkung sebagai pakan penunjang. Melainkan sang ayam juga perlu diberikan tambahan suplemen lainnya, dimana dapat bobotoh simak dalam