Manfaat Jagung Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Jagung Untuk Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, jagung merupakan salah satu jenis makanan pokok yang biasanya diberikan untuk memenuhi gizi ayam bangkok. Pemberian jagung sendiri pada dasarnya dikhususkan kepada jenis ayam bangkok yang sudah cukup umur atau sekitar lebih dari 6 bulan.

Pemilihan jagung sebagai pakan pokok merupakan keputusan yang bijak bagi para bobotoh. Dalam pemberiannya juga dapat dibantu oleh beberapa pakan kombinasi lainnya seperti beras merah, gabah, konsetrat dan beberapa pakan pelengkap lainnya.

Manfaat Jagung Untuk Ayam Bangkok

Jagung Untuk Ayam Bangkok

Pakan jagung sendiri dipercaya dapat membantu dalam membuat jenis ayam bangkok lebih bertenaga serta berotot dikarenakan kandungannya yang kaya akan karbohidrat. Selain itu jagung sendiri termasuk ke dalam pakan yang mudah ditemukan di Indonesia. Anda dapat membelinya langsung dipasar maupun menanamnya sendiri, tentunya biaya yang dikeluarkan juga tidak akan besar. Dan berikut pada artikel kali ini akan kami jelaskan mengenai manfaat apa saja dari pemberian jagung untuk ayam bangkok aduan yang kaya akan nutrisinya.

Berikut Manfaat dari Pemberian Pakan Jagung Untuk Ayam Bangkok Aduan

1. Makanan Pokok Ayam Bangkok Aduan

Definis dari makanan pokok merupakan makanan yang diberikan secara terus-menerus atau utama. Terutama kepada jenis ayam bangkok aduan, pemberian jagung sangat cocok. Hal ini dikarenakan kandungan jagung yang mampu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam bangkok aduan.

Dalam pemberiannya pada ayam bangkok dapat dibuat menjadi beberapa jenis seperti dalam bentuk gilingan yang halus, dijadikan beras jagung maupun diberikan secara utuh. Dimana hal ini akan membantu proses penceranaan anak ayam apabila diberikan dalam bentuk gilingan yang halus.

2. Membentuk Tubuh Ideal Ayam Bangkok Aduan

Kandungan serat yang bagus pada jagung mampu membantu sang ayam dalam membentuk tubuh yang ideal. Mendapatkan tubuh yang ideal tentunya menjadi harapan para bobotoh. Maka dari itu, pemberian jagung sendiri dapat membantu dalam proses pembentukan tubuh sang ayam. Hal ini dikarenakan kandungan seperti karbohidrat, zat besi, fosfor, kalsium dan sejumlah vitamin mampu menopang nutrisi yang dibutuhkan ayam dalam proses pembentukan tubuhnya.

3. Memperkuat Tulang Ayam Bangkok Aduan

Faktanya dalam 100 gram jagung terdapat kandungan 5 gram kalsium. Dimana hal ini dapat membantu dalam proses pertumbuhan tulang pada ayam bangkok aduan. Pemberian jagung secara rutin juga mampu membaut tulang pada ayam bangkok menjadi keras dan kuat.

4. Menamabah Berat Badan Ayam Bangkok Aduan

Ayam yang sedang mengalami proses pengemukan badan dapat dibantu dengan memberikan jagung sebagai pakan ayam bangkok aduan. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat pada jagung hampir setara dengan jumlah karbohidrat yang terkandung dalam nasi.

Pemberian Jagung Untuk Ayam Bangkok Aduan

5. Meningkatkan Stamina Ayam Bangkok Aduan

Jenis ayam bangkok aduan dengan stamina yang kuat serta nafas yang panjang merupakan modal yang penting yang harus dimiliki ketika ingin dilagakan. Hal ini berguna agar ayam bangkok aduan mampu bertarung dalam durasi waktu yang cukuo lama serta tidak mudah kelelahan dalam menjalani pertandingan yang panjang. Kandungan vitamin C pada jagung juga dapat meningkatkan kinerja jantung. Selain pemberian jagung sebagai pakan, ayam bangkok aduan juga perlu diberikan sejumlah latihan guna menunjang stamina pada sang ayam.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan Ayam Bangkok Aduan

Umumnya kandungan serat pada jagung juga dapat membantu mempelancar sistem pencernaan pada ayam bangkok. Maka banyak bobotoh menyakini bahwa pemberian jagung sebagai pakan sangatlah aman. Namun perlu diingat untuk ayam bangkok yang baru saja diberikan jagung sebaiknya sesekali diumbar atau dilepas diatas pasir. Hal ini untuk memudahkan ayam dalam proses pencernaan biji jagung.

7. Menyehatkan Bulu Ayam Bangkok Aduan

Memiliki bulu yang inda tentu akan menjadi modal tersendiri bagi ayam dalam menunjukkan kegagahannya kepada lawan. Bulu ayam bangkok dapat dikatakan bagus apabila terlihat mengkilap serta tidak mudah rontok dan patah. Maka dari itu, untuk menunjang bulu pada sang ayam dapat dibantu dengan pemberian jagung sebagai pakan. Hal ini sendiri dikarenakan kandungan lemak serta vitamin K pada jagung dapat membuat bulu ayam bangkok menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.