Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, pemberian jamu dan obat herbal merupakan salah satu cara dalam memberikan perawatan tambahan pada jenis ayam bangkok aduan. Adapun biasanya bahan untuk pembuatan jamu atau obat herbal kebanyakan berasal dari sejumlah tanaman herbal dan salah satunya adalah jenis daun binahong.

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Bangkok

Daun Binahong Untuk Ayam Bangkok

Penggunaan daun binahong sebagai salah satu bahan ramuan pembuatan obat herbal sendiri memang sudah lama diketahui. Dimana pemberian jamu atau suplemen pada ayam bangkok diharapkan dapat meningkatkan stamina serta kualitas bertarung pada sang ayam.

Selain itu, pemberian jamu berbahan alami tentunya lebih aman ketimbang memberikan doping atau obat-obatan kimia yang tentunya dapat memberikan efek negatif yang cukup besar.

Berikut Manfaat yang Diberikan Daun Binahong Bagi Ayam Bangkok Aduan

1. Mengobati Luka Pada Ayam Bangkok Aduan

Jenis ayam bangkok aduan yang baru saja selesai diadu tentunya tidak akan pernah terlepas dari luka yang diterima. Baik itu dikarenakan luka pasca bertarung maupun didapat saat menjalani latihan dengan ayam lain. Luka yang muncul juga tidak dapat dibiarkan begitu saja melainkan memerlukan perawatan khusus agar nantinya tidak menginveksi pada sang ayam.

Penggunaan daun binahong dapat menjadi salah satu cara alternatif dalam mengobati sang ayam. Dimana kandungan zat asam askorbat pada daun binahong dipercaya dapat membantu dalam mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan pada luka sang ayam.

2. Mengobati Peradangan Pada Ayam Bangkok Aduan

Memasuki musim pancaroba seperti ini, berbagai penyakit akan mudan menyerang jenis ayam bangkok aduan yang dimiliki. Hal ini dikarenakan pertahanan tubuh pada sang ayam mulai menurun mengingat perubahan cuaca yang tidak menentu. Dan salah satu jenis penyakit yang paling sering muncul dan menyerang sang ayam adalah penyakit ngorok ayam bangkok aduan.

Selain dikarenakan perubahan cuaca yang ekstrim, penyakit ngorok juga dapat muncul dikarenakan terdapat luka yang timbul di bagian pernafasan sang ayam usai ditarungkan. Maka dari itu perawatan ayam usai ditarungkan merupakan tugas wajib yang perlu diberikan pada ayam bangkok aduan. Dalam pengobatannya, anda dapat memanfaatkan daun binahong sebagai salah satu cara alternatifnya. Dimana kandungan asam oleanic dianggap mampu dalam mengatasi peradangan pada ayam bangkok aduan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ayam Bangkok Aduan

Ayam bangkok aduan dengan pertahanan tubuh yang tinggi tentu tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Maka dari itu, menjaga kondisi kesehatan pada ayam bangkok merupakan tugas yang penting. Selain pemberian pakan serta perawatan rutin ayam bangkok, para bobotoh sabung ayam juga dapat memberikan sejumlah jamu alami dimana dapat dibuat dengan memanfaatkan daun binahong. Daun binahong yang memiliki kandungan senyawa saponin dianggap ampuh dalam meningkatkan pertahanan serta kekebalan tubuh pada sang ayam.

4. Antibiotik Alami Ayam Bangkok Aduan

Umumnya para bobotoh sabung ayam sering kali memanfaatkan betadine untuk mengobati luka luar pada sang ayam. Namun selain betadine, anda juga dapat memanfaatkan daun binahong sebagai antibiotik pada sang ayam. Yakni dengan cara menumbuk daun binahong yang kemudian dicampurkan dengan dua sendok air garam. Setelah itu oleskan secara langsung ke daerah tubuh ayam  yang mengalami luka.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah Ayam Bangkok Aduan

Memiliki peredaran darah yang baik tentunya akan memberikan efek positif pada sang ayam secara langsung. Dimana hal ini akan meningkatkan stamina pada sang ayam sehingga nantinya dapat memberikan pukulan yang dahsyat pada sang lawan. Stamina pada ayam aduan sendiri diibaratkan sebagai nafas yang panjang. Dimana mendapatkan nafas yang panjang tidak hanya melalui latihan melainkan juga dapat dibantu dengan pemberian jamu.

6. Obat Kurap Ayam Bangkok Aduan

Penyakit kurap termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit yang sering kali menyerang ayam bangkok aduan. Umumnya penyakit ini biasanya sering kali menyerang bagian tubuh ayam terutama pada bagian kepala seperti jengger. Dalam pengobatannya, para bobotoh sabung ayam dapat menggunakan daun binahong sebagai pengobatannya. Yakni dengan cara menggosok bagian tubuh ayam yang terserang kurap hingga bersih kemudian bersihkan dengan menggunakan bantuan dari air garam.

7. Mengobati Penyakit Bubul Ayam Bangkok Aduan

Penyakit bubulan merupakan salah satu jenis penyakit yang sering kali melanda ayam bangkok aduan kesayangan kita. Biasanya penyakit bubulan akan menyerang bagian telapak kaki sang ayam. Munculnya bubulan dikarenakan adanya infeksi bakteri pada kaki ayam yang terluka. Untuk mengatasinya anda dapat memanfaatkan daun binahong yakni dengan cara menumbuk daun binahong hingga halus kemudian oleskan secara langsung ke daerah bubul sang ayam secara rutin hingga permukaannya perlahan-lahan terkelupas.