Manfaat Dari Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Dari Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Memberikan perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan agar berkualitas dalam bertarung tentu merupakan tugas umum bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya akan membuat ayam menjadi unggulan dalam setiap pertandingan.

Manfaat Dari Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Perawatan yang diberikan juga beragam, dimulai dari pemberian pakan hingga asupan suplemen khusus. Suplemen yang diberikan juga beragam yang tentunya harus bermanfaat bagi sang ayam.

Pada artikel kali ini sendiri, agen sabung ayam akan menjelaskan salah satu suplemen yang dapat diberikan. Yakni dalam Mengenal Manfaat Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan, Rahasia Umum Botoh Tua

Mengenal Manfaat Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan, Rahasia Umum Botoh Tua

Buah mengkudu yang terkenal akan bau khasnya serta rasa yang pahit faktanya mampu memberikan manfaat bagi ayam aduan. Dimana kandungan gizi dalamnya ampuh dalam mengobati penyakit hingga mengatasi peradangan serta pereda rasa nyeri usai sang ayam ditarungkan.

1. Meningkatkan Kesehatan Ayam Aduan

Nutrisi seperti mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim dalam mengkudu rupanya mampu memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah dalam meningkatkan serta menjaga kesehatan ayam sehingga tidak mudah sakit. Serta memulihkan stamina ayam aduan usai ditarungkan sehingga semangat kembali.

2. Mencegah Serangan Infeksi

Ayam aduan yang mengalami luka usai ditarungkan sangat rentan terserang infeksi dari bakteri serta virus. Maka dari itu, penting adanya perawatan kepada ayam yang baru saja ditarungkan agar tidak semakin parah. Perawatan yang diberikan juga beragam sesuai dengan luka yang timbul.

Dan salah satu pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan buah mengkudu yang sudah lama dipercaya oleh botoh tua. Dimana pemberian ini sendiri bertujuan agar luka yang timbul tidak semakin parah.

3. Obati Penyakit Korep

Penyakit kurap yang biasa menyerang kulit ayam dengan tanda terkelupasnya bagian kulit kepala ayam dan akan bermunculan bintik-bintik putih seperti ketombe. Penyakit ini sendiri digolongkan sebagai penyakit yang mudah menular.

Pemberian mengkudu sendiri dapat menjadi cara alternatif dalam mengobatinya. Dimana kandungan senyawa antrakuinon dan terpana ampuh melindungi kulit ayam dari serangan parasit dan jamur serta mengatasi radang pada sang ayam juga.

4. Atasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning ayam aduan sendiri dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit yang ditandai dengan nafsu makan yang menurun, terlihat lemah dan mudah sakit tentu akan mempengaruhi kualitas tarung yang dimiliki. Ada juga kulit yang terlihat keriput dan adanya bercak warna kuning pada bagian tubuh tertentu.

Namun para bobotoh tidak perlu khawatir, pasalnya pemberian mengkudu dapat menjadi salah satu pengobatan yang dapat dilakukan. Yakni sebagai berikut.

  • Pertama siapkan lebih dulu mengkudu yang sudah matang dan mengeluarkan bau
  • Kemudian peras dan haluskan mengkudu hingga hancur
  • Tambahkan juga sedikit madu kemudian aduk hingga rata
  • Lakukan pemberian ini 2 kali sehari

5. Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Penyakit terakhir yang dapat diatas dalam pemberian buah mengkudu adalah penyakit ngorok yang sudah menjadi masalah sehari-hari bobotoh. Ngorok yang menyerang sistem pernapasan umumnya ditandai dengan bersin, batuk, susah bernafas, serta bunyi ngorok karena hidung lembab atau basah berlendir dan nafsu makan yang menurun.

Untuk pengobatannya sendiri, para bobotoh dapat menggunakan mengkudu dengan campuran jahe. Yang kemudian diberikan secara langsung dengan melolohkan ke dalam mulut ayam. Untuk penerapannya dapat dilakukan pada pagi serta sore hari hingga sang ayam benar-benar sembuh.